Rumah Memez

Cerita Memez

Yuni Shara Dan Tarif PAUD Seharga Mie Instan

Sejak zaman abege dan kemudian menjejakkan kaki di kehidupan sebagai wartawan, Saya kagum banget sama Yuni Shara.

Sebagai penyanyi, kariernya ngga pernah mati.

Memang sih bukan yang wow banget kayak Kris Dayanti, adiknya.

Tapi, Yuni Shara tetap eksis di segala zaman.

Tubuh mungilnya menyimpan kualitas vokal yang luar biasa.

Setiap lagu yang dinyanyikan seakan bernyawa,

Namun, siapa sangka di balik tubuh mungilnya,

Yuni Shara ternyata punya gerakan mulia,

Mendirikan PAUD Cahaya Permata Abadi di Batu, Jawa Timur.

Bayarannya…. hanya seharga mie instan. Murah Banget!

Setiap hari pendidikan nasional yang jatuh pada 2 Mei, saya ngga pernah absen melihat akun instagram Yuni Shara. Yup, penyanyi mungil yang identik dengan lagu-lagu nostalgia ini, selalu memperlihatkan kegiatannya bersama anak-anak muridnya yang bergabung di PAUD Cahaya Permata Abadi di Batu, Jawa Timur.

Setiap 2 Mei, atau bahkan di beberapa momen khusus, Yuni Shara sengaja terbang dari Jakarta ke Batu, Jawa Timur, yang merupakan kampung halamannya, untuk menghadiri acara di PAUD Cahaya Permata Abadi. Yuni Shara pun ngga pernah absen untuk menyemangati anak-anak didiknya yang mengikuti lomba, bahkan ketika anak-anak didiknya memenangi perlombaan, Yuni Shara sengaja memberi ucapan selamat. Yup, ini contoh bagus dari kiprah artis di kehidupan sosial. Makanya, saya suka banget sama Yuni Shara #Idolaqueeeee

  Sejujurnya, waktu tahu Yuni Shara mendirikan PAUD Cahaya Permata Abadi ini, saya langsung cari tahu apa sih PAUD itu. Apa bedanya dengan TK?

Ternyata…..

PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini, menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah salah satu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun, yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Kalau dilihat dari dasar hukum yang berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah sebagai berikut :

  1. Pembukaan UUD 1945 ; Salah satu tujuan kemerdekaan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.
  2. Amandemen UUD 1945 pasal 28 C
    Setiap anak berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia.
  3. UU No. 23/2002 Tentang Perlindungan Anak Pasal 9 ayat (1)
    Setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakat.
  4. UU No 20/2003 pasal 28

PAUD itu….

1) Diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar.

2) Dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, non formal, dan/atau informal.

3) Pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-Kanak (TK), Raudhatul Athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat.

4) Pada jalur pendidikan non formal berbentuk kelompok bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat.

5) Pada jalur informal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan.

PENTINGNYA PAUD

  1. PAUD sebagai titik sentral strategi pembangunan sumber daya manusia dan sangat fundamental.
  2. PAUD memegang peranan penting dan menentukan bagi sejarah perkembangan anak selanjutnya, sebab merupakan fondasi dasar bagi kepribadian anak.
  3. Anak yang mendapatkan pembinaan sejak dini akan dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan fisik maupun mental yang akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar, etos kerja, produktivitas, pada akhirnya anak akan mampu lebih mandiri dan mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.
  4. Merupakan Masa Golden Age (Usia Keemasan). Dari perkembangan otak manusia, maka tahap perkembangan otak pada anak usia dini menempati posisi yang paling vital yakni mencapai 80% perkembangan otak.
  5. Cerminan diri untuk melihat keberhasilan anak dimasa mendatang. Anak yang mendapatkan layanan baik semenjak usia 0-6 tahun memiliki harapan lebih besar untuk meraih keberhasilan di masa mendatang. Sebaliknya anak yang tidak mendapatkan pelayanan pendidikan yang memadai membutuhkan perjuangan yang cukup berat untuk mengembangkan hidup selanjutnya.

Jujur saja, Gegara Yuni Shara ini saya jadi kepo soal PAUD, Terutama PAUD Cahaya Permata Abadi yang didirikan Yuni Shara sejak tahun 2012, dan saat ini memiliki lebih dari 100 murid, dari tingkat play group sampai TK. Ngga cuma belajar dan bermain, ada juga kelas TPA, yang muridnya sekitar 25 orang.

Demi menghidupkan PAUD miliknya dan memberikan pendidikan berkualitas, Yuni Shara merekrut lebih dari 14 orang tenaga pengajar dengan strata pendidikan minimal S1.

Tentu saja mendirikan PAUD ini adalah proyek non komersil yang dijalankan Yuni Shara, karena dari setiap muridnya, PAUD Cahaya Permata Abadi ini hanya menarik bayaran Rp. 2.500 per kedatangan, per anak. Duh…murah meriah banget ya. Tapi, kualitas pendidikan yang diberikan tentu ngga murahan ya.

Terbukti beberapa kali anak-anak didik dari PAUD Permata Cahaya Abadi ini meraih juara dalam berbagai perlombaan.

Langkah Yuni Shara mendirikan PAUD bikin saya terinspirasi. Waktu kecil saya ngga pernah menempuh pendidikan anak usia dini ini. Sejak usia 5 tahun, saya keburu masuk SD, karena saya ngga sabaran mau sekolah. Tapi kalau boleh jujur, saya suka banget atmosfer pendidikan anak usia dini ini. Bernyanyi, bermain, atau yang macam ada tepuk makan, tepuk-tepuk bertema lah. Makanya, salah satu impian saya kalau punya cukup uang adalah mendirikan PAUD. Sambil cari tahu berapa duit yang harus dikumpulkan, saya lagi senang melihat-lihat barang yang diperlukan untuk mendirikan PAUD di iprice. 

Bukankah semakin banyak PAUD di sekitar kita, tentu makin bagus untuk meningkatkan kualitas pendidikan?

Nah, kalau dari Yuni Shara saya jadi terinspirasi membuat PAUD, apa komentar kamu dengan langkah Yuni Shara membuat PAUD ini? Sharing di sini ya….

5 Comments Yuni Shara Dan Tarif PAUD Seharga Mie Instan

  1. Tanti Amelia

    Alhamdulillah ada artis yang masih peduli pendidikan ya Mes. Berarti guru guru gajinya ditanggung sendiri, maintenance juga ditanggung sendiri! Bravo!

    Reply
  2. Annie Nugraha

    Saya selalu salut dan meletakkan penghargaan setinggi-tingginya kepada mereka yang terlibat dalam pendidikan dasar (PAUD, TK). Dibutuhkan bukan cuma kesabaran tapi juga strategi tepat untuk mendidikan anak-anak di golden age agar mereka siap mental, fisik, kemampuan, dan pengetahuan menghadapi segala tantangan di Sekolah Dasar.

    Reply
  3. Rach Alida

    Aku nggak ngeh loh mba kalau Yuni Shara ini punya PAUD dan memberikan perhatian lebih ke anak anak untuk sekolah usia dini. Ingin juga ya kita bisa punya sehinga bermanfaat bagi masyarakat ya. Uangnya murce banget ya Rp 2500

    Reply

Tinggalkan Balasan ke Nurul Dwi Larasati Batalkan balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.