“Hai Mba Memez, akhirnya kita ketemu juga,” Sapa hangat dari @Arninta,Β  menyambut saya saat hadir di blogger gathering Nutrifood. Acara yang digelar dalam rangka peluncuran Tropicana Slim Canola Oil ini digelar pada sabtu pekan lalu, diΒ  Nutrifood Inspiring Center. Melihat bumil yang tetap langsing ini langsung gerah saya hahahahaa…. Saya yang ngga hamil aja “langsung” :)))
 photo NUTRIFOOD_zpsb00d5by1.jpg
Setelah ritual sapa menyapa ini, kemudian saya dipersilahkan untuk melakukan BMI, alias tes Body Mass Index yang membuat saya langsung merasa dihadapkan pada realita hidup πŸ™‚ . Apalagi setelah melihat hasilnya….

Buat saya, dihadapkan pada realita hidup ada dalam dua situasi. Pertama saat mengajukan KPR dan kedua saat menimbang badan…. duhhhhh pedihnya tuh disini deh #TunjukKantong

Kenapa pedih? karena hasilnya sangat sangat wowww… Bayangin aja, dari hasil tes body mass Index ini, saya dinyatakan over weight -YaiYalah- Berat badan saya jelas berlebih. Untuk tinggi 155cm macam saya ini, berat badan saya 79,5kg. Kelebihan sekitar 30kg :((( #NangisDiPojokan dan yang lebih pedih lagi, di usia saya yang 32 tahun, umur biologis sel-sel tubuh saya 54 tahun #IyaTuaBanget

Walau pedih menemui realita hidup, tapi sebenarnya semua ada solusinya dong. Iya pasti ada… Tentu bukan ke Pegadaian ya yang menyelesaikan masalah tanpa masalah. Tapi…menyelesaikan masalahnya adalah dengan…mengubah pola makan dan memperbanyak olahraga. Sesimple itu? Iya sesimple itu tapi tidak simple ketika dijalankan. Nah untuk membuatnya lebih simple, presentasi dariΒ  MbaΒ  Astri Kurniati ST, MAppSc (Nutrition and Health Science Manager, Nutrifood Research Center)bikin saya makin sadar untuk mengubah pola makan saya.

Dalam presentasinya di acara ini, Mba Astri bercerita soal fakta Minyak dan Lemak. Tahu dong kalauΒ  Nutrien yang dibutuhkan tubuh itu ada enam jenis, yaitu Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, Mineral dan Air. Nah…. kalau Lemak itu terbagi atas empat macam yaituΒ  Lemak Jenuh, Lemak Tidak Jenuh, Lemak Trans dan Kolesterol.

Tapi…. perlu ngga sih Lemak dikonsumsi? Ya perlu banget lah. Untuk apa? untuk Cadangan energi, Bantalan dan pelindung berbagai organ penting, Menjaga bentuk dan suhu tubuh dan Membantu penyerapan vitamin A,D,E, K. Trus Seperti apa porsinya? Nih…menurut American Heart Ascossiation, tentang asupan lemak untuk tubuh :

– asupan lemak per hari hanya 25-35%. – Dimana asupan lemak jenuhnya maksimal hanya 7% dari kalori total per hari.
– Batasi asupan lemak trans kurang dari 1% dari kalori total perhari
– Sisa asupan harus dipenuhi dari asam lemak tidak jenuh

Jadi…buat saya yang asupan kalorinya dibatasi hanya sampai 1550 kalori, asupan lemak jenuhnya maksimal sekitar 90 kalori. Glekkkk banget kan. Padahal, sepotong gorengan atau ayam goreng kaepci atau mekdi aja berapa kalorinya tuh. Penjelasan ini langsung bikin saya tobatttt dan menatap nanar pada perut :)))) Nih… ada beberapa contoh kandungan lemak pada fast food, gorengan dan nasi padang.

  1. 1 porsi Fast Food 28 gr lemak (41.2%)
  2. 2 buah gorengan 18.8 gr lemak (28.1 %)
  3. 1 porsi nasi padang 25-30 gr lemak (37- 45%

Trus… kalau sudah mengalami obesitas dan pola makannya tidak “sehat” seperti itu harus bagaimana? Ya harus ganti pola makannya dengan yang less oil, dan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tidak jenuh. dari mana saja sih lemak tidak jenuh ini. Ternyata eh ternyata… dari kacang-kacangan, olive alpukat, minyak kanola, minyak jagung dan oliveoil. Fungsinya lemak tidak jenuh ini untuk Membantu menurunkan kolesterol LDL, trigliserida, Membantu meningkatkan kolesterol HDL.

canola oilSelama ini saya dan suami kan kalau masak, enak aja tuh kalau ayam, ikan atau apapun digoreng dengan kering dan sampai deep fried alias mandi minyak. Tapi… hal ini ternyata ibarat bom waktu, enak-enak makan tahunya,Β  jegerrrrr…. sakit di kemudian hari. Nah…… karena kita mau tetap travelling di masa tua, makanya kita harus investasi hidup sehat dari sekarang.

Sejak hari itu, saya mengubah kebiasaan memasak dari yang tadinya goreng-gorengan seperti itu, menjadi makanan yang minim proses masak dengan minyak atau kalau mau ya sekedar di tumis aja. Dan..terutama juga yang saya ganti adalah minyak gorengnya. Berbekal bingkisan dari Nutrifood itu, saya kemudian menggunakan Tropicana Slim Canola Oil. Canola? Apaan tuh, kok masih asing ya? Iya. Canola Oil dari Tropicana Slim ini dibuat dari biji bunga Canola.

Kenapa biji Canola? Dari presentasinyaΒ Noviana Halim, ST, MM yang merupakan Tropicana Slim Brand Manager,Β  Karena biji Canola ini rendah lemak jenuh. Bedanya apa dengan Corn Oil yang juga dikeluarkan Tropicana Slim? Minyak kanola memiliki aroma yang mirip dengan minyak zaitun, sedangkan minyak jagung memiliki aroma gurih yang wangi dan nikmat.

Trus…bisa ngga sih Canola Oil ini untuk menggoreng? yah namanya minyak, ya bisa aja lah. Tapi tidak disarankan untuk menggoreng dengan teknik deep fried tadi. Canola Oil sebaiknya untuk menumis, memanggang,Β  untuk campuran salad.

Mengubah cara memasak juga dilakukan oleh Fifi Alvianto, Family Blogger yang hadir dalam acara tersebut. Sebagai Ibu dua anak yang pingin terus sehat, Fifi menghindari memasak dengan cara deep frying, dan menggantinya dengan proses masak seperti merebus, mengukus, menumis, membakar, atau memanggang. Pun…kalau harus menggunakan minyak, Fifi memilih yang lebih sehat.
 photo NUTRIFOOD2_zpskjwgegxc.jpg
Saya suka deh hadir di acara seperti ini. Blogger yang diundang ngga melulu dicekoki soal product knowledge brand tersebut, tapi lebih bersifat sharing pengalaman. Eitsss ada juga games seru dimana saya jadi pemenangnya loh… Lumayan voucher Nutrimartnya bisa beli Tropicana Slim Canola Oil lagi :)))

Tapi… namanya juga Ibu-ibu ya, kalau ada produk baru pasti selalu bertanya, berapaan sih harganya? Nah… Tropicana Slim Canola Oil ini harganya mulai 55 ribu. Lebih mahal dari minyak biasa? Mau tahu perbandingannya dengan minyak biasa? Nih…

 photo NUTRIFOOD3_zpswttqa9b3.jpgTerlihat kan perbedaannya setelah didinginkan selama 30 menit? Saya sih mendingan keluar uang sedikit lebih banyak tapi lebih sehat :)))

 photo NUTRIFOOD4_zpsrltqkquu.jpgSelain Canola Oil ini, produknya Tropicana Slim ini banyak banget loh. Masih mau tanya-tanya soal produknya Tropicana Slim? Monggo dilihat di websitenya, facebooknya, twitternya, Instagram, atau bahkan Youtubenya

Setelah ngobrol seru, games seru dan makan enak… ngga afdol rasanya kalau ngga…… foto bareng!!!!

Β  photo NUTRIFOOD9_zps662zih3c.jpg

Blogger-blogger ketjeh yang selama ini familar di dunia maya
 photo NUTRIFOOD7_zpshzh6ri5y.jpgNah kalau ini sih teman dunia maya selama lebih dari 13 tahun, Ira ini langsingnya bikin iri yaaaa :)))

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    14 Comments

  1. Ika Koentjoro 05/06/2015 at 12:27 pm

    Minyak goreng ini masih belum beredar banyak di pasaran. Aku dah coba cari di mart terdekat tapi belum ada. Padahal pengen coba banget

    • memez 05/06/2015 at 7:38 pm

      Iya Mba masih baru banget ini… bahkan kalau beli di Nutrimartnya juga ngga bisa.

  2. Jade Ayu 05/06/2015 at 3:59 pm

    waaa… aku jd pg. tau usia tubuhku ini betapaa… *liriksadiskegorengan tp emang yaaa kita harus jaga makanan.

    • memez 05/06/2015 at 7:37 pm

      Coba cek deh BuYu… #GorenganMemangJahat #TapiEnak

  3. roswitha jassin 05/06/2015 at 6:37 pm

    Hmm..pengen tau juga usia body gw brp ya? kayanya sih 20th.. plus plus (plus 20th lagi maksudnya) :))

    • memez 05/06/2015 at 7:37 pm

      Hahahahhaa… beda tipislah ya sama umur yang 17 jalan :)))

  4. desi 06/06/2015 at 5:37 am

    Wiihh bedanya minyak kelapa sawit ama canola jauh bgt yak difoto itu..
    Ampe keruh bgt..

    • memez 10/06/2015 at 8:20 pm

      Iya bedanya jauhhhh banget

  5. Yeye 06/06/2015 at 9:02 am

    Huaaaaaaa.. Kita hrs hdp sehat nih Mez.. Abis ngegym dadah2 sm kopitiam, sbux, dll yah.. Kita makan pepaya aja πŸ˜€

    • memez 10/06/2015 at 8:20 pm

      Dapat salam dari pepaya ahhhh

  6. rahmiaziza 07/06/2015 at 5:18 am

    Harganya dua kali lipat minyak biasa ya mak, tapi kalo lebih sehat ya wajar lah, daripada di kedepannay eknapa2 mending menjaga kesehatan semenjak dini yaa

    • memez 10/06/2015 at 8:19 pm

      Iya mendingan mahal sedikit yaaa

  7. Keke Naima 25/06/2015 at 11:37 pm

    wkwkwk saya pernah dihitung BMInya pake alat itu. Emang bikin mak jleb πŸ˜€

    • memez 29/06/2015 at 11:23 am

      Ternyata bukan aku aja yaang MakJleb kalau diukur badannya yaaa