angpau

Disclaimer : Angpau yang dimaksud di sini adalah sejumlah uang yang dimasukkan dalam amplop dan diberikan saat resepsi pernikahan.

 

Kalau datang kondangan ke sebuah resepsi pernikahan,

Perhatikan baik-baik siapa pengantinnya, lokasinya…

Jangan sampai tragedi angpau terjadi….

Beberapa waktu lalu, gue sama Suami datang ke kondangan sahabatnya Suami di sebuah hotel di daerah Depok. Nah, karena pas masuk hotel tersebut hanya ada satuΒ janur, suami kemudian dengan sangat amatΒ percaya diri langsung belok ke kanan, ke tempat yang memang biasa menjadi venue pernikahan.

Isi buka tamu, dikasih souvenir, cemplungin angpau dan kemudian kita masuk ke gedung. Trus gue langsung berbisik sama suami…

Gue : Mas, memang istrinya Ronald orang Minang?

Suami : Hmmmm…. (Mulai bingung) ngga tahu deh… #MatanyaMulaiMelihatKePelaminan#

Gue : #menyadariAdaYangSalah… Loh…loh Mas itu kok bukan Ronald ya??? Yang nikah Ronald kan???

Suami : Wah kita salah tempat nih….

Gue : lah… angpaunya sudah dimasukin lagi… hmmm bisa kali cobain sate padangnya #OgahRugiBanget

Suami : Ngga ngga… ayo buruan… #tangangueditarikbiarburuburu

Ternyata… pernikahannya di sisi sebelahnya lagi Sodara-sodara. Jadilah angpaunya sudah dimasukkan ke kotak dan ngga bisa diambil lagi dong….. Mana isinya uhuhuhuhuhuuu lumayan laahhh :))) #RezekiPengantin

Masalah nyasar di pesta pernikahan untungnya baru sekali dan jangan sampai terulang lagi deh. Makanya, gue kalau kondangan benar-benar banget memperhatikan janur, trus pas di penerima tamu gue tanya lagi. Jangan sampai tragedi angpau berulang….

Ngomong-ngomong soal kondangan, gue lebih suka memberi angpau ketimbang memberi kado. karena apa? Ribet pas bungkus kadonya…. #AnaknyaMalas

Nah, soal angpau ini, ada hal menarik yang diberitahu sama salah seorang kenalan gue yang bermukim di Taiwan. Jadi, kalau ada yang menikah ada klasifikasi angpaunya :

1. Kalau teman dekat tapi ngga datang minimal 500 TWD. Kalau datang minimal 1000 TWD. TWD : Taiwan Dollar.

2. Kalau teman dekat dan datang, dan acaranya di hotel atau restauran memberi angpaunya minimal harga dari catering. Karena pesta di sana selalu berbentuk round table, jadi kalau misalnya 1 Porsi set makanannya 1000 TWD dan tamu datang berdua, maka minimal memberikan angpau 2000 TWD. Jadi kalau tamunya membawa anak, orang tua dan sebagainya ya hitung aja berapa yang datang dikali harga per porsi makanannya.

Yang menarik, besar kecilnya angpau juga dipengaruhi nilai inflasi ya. Misalnya gue menikah tahun 2009, seorang teman memberikan angpau senilai 1000 TWD. Nah, ketika dia menikah pada tahun 2015, gue harus memperhitungkan berapa nilai uang sekarang yang setara dengan 1000 TWD. Rumit tapi menarik sih buat si empunya acara yaaa :))

Bahas soal angpau perkawinan, berapa banyak yang didapat memang tergantung rezeki. Waktu gue menikah, Alhamdulillah dapatnya lumayan lah buat modal beli peralatan rumah tangga. Tapi… ada nih sahabat gue yang bulan depan akan menikah, kemudian memilih tidak menerima angpau. Wah wah wah…Luar biasa ya.

Kalau kamu, faktor apa saja sih yang menjadi ukuran dalam memberikan angpau? Cerita dong :))

 

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    10 Comments

  1. Dewi Rieka 28/10/2015 at 8:02 am

    wahhh benar2 kayak beli tiket masuk yaa ada patokan angpaunya di taiwan..kalau aku biasanya standar angpau sama dengan teman-teman yang datang bareng hehe

    • memez 29/10/2015 at 6:20 am

      Hihihiii beda daerah beda aturannya yaaa πŸ™‚

  2. HM Zwan 28/10/2015 at 10:26 am

    widih,lumayan juga ya kalo bawa satu keluarga hehehe…baru tau tradisi ini saya mak. luar biasa ya hehehe….
    sayang banget nggak ngincip sate padangnya,xixixixi

    • memez 29/10/2015 at 6:19 am

      Hihihiiii sate padang termahal tuh kalau dicicipi πŸ™‚

  3. mira 28/10/2015 at 11:11 am

    Hihihihi.. Kalo aku pernahnya wedding crash sama “teman dekat” jaman dahulu. Nekat aja ke Balai Sudirman pake baju rapi trus makan disana, tentunya gak ngasih angpau *pelit*. Hahahahah.. Eh tapi kalo aku sih biasanya seikhlasnya aja dan seadanya di dompet. Jadi gak ada patokan sih. Kalo pas nikah dulu.. Hmmmm.. Gak ngerasain karena ya gitu deh.. *sampe males lagi kalo inget*

    • memez 29/10/2015 at 6:18 am

      hahahahaha seru banget wedding crash… πŸ™‚

  4. @danirachmat 28/10/2015 at 11:13 pm

    Untungnya belom pernah kejadian sih, tapi temen kantor pernah, kejadian salah kasih ke temen yang nikah di hotel dengan barengan dua resepsi lainnya. Hihihi

    • memez 29/10/2015 at 6:17 am

      Hihihihiihh… ternyata aku ngga sendirian… πŸ™‚

  5. Yeye 29/10/2015 at 7:45 am

    Guwehhhhh donggg.. PERNAH! 2x pula! Gilingan banget emang idup gw! Hahahahaha

    Pertama di kemayoran, kedua di bapindo.. Hell yeah? Hahaaha

    • memez 29/10/2015 at 10:02 pm

      Bukan gue ajaaa ternyata πŸ™‚