Beberapa waktu lalu, saat syuting di Jogja untuk program “Jadi Pengusaha” (Yang sayangnya programnya sudah berakhir…. hiksss #Curhat) saya sempat mewawancarai seorang pengusaha bahan kulit. Dari hasil wawancara seharian ini, saya jadi tahu, bahwa ternyata kulit asal Indonesia ini akan terbang ke berbagai negara. Mulai dari Jepang sampai Amerika. Apa pasal? Ternyata, selain harganya lebih murah, kualitasnya juga terjangkau. Kulit yang diolah dari kulit sapi ini akan diolah menjadi sarung tangan golf, sarung tangan kulit sampai…. jaket kulit.

Pemilik usaha ini bercerita, selembar kulit yang diolah menjadi jaket kulit ini, harganya bisa melonjak hingga puluhan kali. Yup, jaket kulit memang tidak lekang dimakan zaman. Ibaratnya, jaket kulit itu a must have item,Β wajib punya, terutama bagi cowok-cowok. Memang sih, jaket kulit itu identik dengan maskulinitas. Dan bikin siapapun yang memakainya terlihat keren, stylish dan terlihat sisi “memberontak” πŸ™‚

Fashion statement yang ditunjukkan lewat jaket kulit ini bikin saya seringkali memperhatikan secara khusus kalau cowok-cowok pakai jaket kulit, apalagi kalau yang pakai Chicco Jericho atau Keenan Pearce (duhhh yang ini abaikan :p) dari hasil belajar di mbah google, saya juga tahu bahwa ternyata model jaket kulit itu dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :

bomber-leather-jacket1. Jaket bomber

Model jaket kulit Bomber ini ala ala penerbang, dan selalu jadi tren. Panjangnya sampai pinggang dan bagian kerahnya biasanya terbuat dari bahan flannel dan bagian lengannya elastis. Kalau di Bandara, lihat Pilot-pilot yang melintas pakai jaket kulit ini… duh hati-hati ya jaga pandangan mata, abis mereka keren banget siiii πŸ™‚

bike-leather-jacket

  1. Jaket motor

Suka lihat cowok-cowok bermotor keceh dengan Jaket kulitnya? Ya iyalah,Β  Jaket kulit menjadi bagian tak terpisahkan dari penampilan bikers. Asyik banget kan kalau lihat cowok keren bermotor besar dengan jaket kulitnya? Ibaratnya gantengnya paripurna banget deh.

racer-leather-jacket

3. Jaket racer

Ini adalah modelΒ  jaket yang biasa dipakai pembalap motor. Bentuknya minimalis, sederhana, dan biasanya tak memiliki kerah. Karena bentuknya yang sederhana inilah, jaket ini cocok untuk acara yang cukup formal.

tips-merawat-jaket-kulit

Lah, bahas Jaket kulit tapi kok fotonya Tom cruise? Hihihihihi jangan sedih ya, pasti inget dong momen ikonik saat Tom Cruise berperan sebagai Ethan Hunt di film Mission Impossible, jaket kulit jadi bagian yang tak terpisahkan dari penampilannya. Selain Tom Cruise, selebriti lain yang imejnya lekat dengan jaket kulit adalah Elvis Presley, Marlon Brando di film The Wild One, James Dean di film Rebel Without A Cause, Michael Jackson di video clip Beat It sampai band The Ramones.

Karena harganya cukup mahal, jaket kulit adalah pakaian yang perlu perawatan ekstra. Kalau saya sih biasanya merawatnya dengan mencucinya di jasa cuci khusus istri pemalas,Β  soalnya saya pernah cuci sendiri dan akhirnya malah kurang kering dan jadinya bau. Nah, kesalahan ini kemudian saya perbaiki dan akhirnya menemukan langkah tepat merawat jaket kulit seperti ini :

  1. Jangan merendam jaket kulit. Jaket kulit hanya dibersihkan dengan lap lembut yang sedikit dibasahi air.
  2. Jangan pakai tissue atau kapas untuk membersihkan jaket kulit, karena sisa kapas atau tissue akan tertinggal.
  3. Saat menjemur jaket kulit, dibalik ya. Jadi bagian dalam yang di luar dan sebaliknya. Dan yang dicuci sebaiknya memang bagian dalam yang lebih sering kena keringat kita.
  4. Jangan sampai jaket kulit terkena sinar matahari langsung, yang ada nanti malah bau matahari dan mempengaruhi kualitas kulitnya.
  5. Jangan semprot parfum ataupun pewangi ke jaket kulit, nanti akan meninggalkan bekas di kulitnya.

Karena perawatan ekstra ini, saya minta suami jangan terlalu sering pakai jaket kulitnya. kalau pun dipakai setelah 3-4 kali baru saya cuci. Tapi, belakangan jaket kulitnya jarang banget dipakai karena sudah agak sempit, lantaran tubuhnnya menggendut dan perutnya membuncit hahahahhahaha

Makanya, untuk menghibur diri saya puas-puasin lihat Chicco Jericho deh πŸ™‚ . Nah, itu cerita saya tentang jaket kulit, buat kamu yang cewek-cewek, suka ngga sih lihat cowok pakai jaket kulit? Siapa yang kamu suka? Dan buat cowok-cowok, suka ngga sih pakai jaket kulit? Cerita dong di sini…..

 

 

Β 

 

 

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    4 Comments

  1. Wadiyo 01/10/2016 at 10:08 am

    Bagaimana dengan bahan yang campuran kulit dan bahan lain, apakah cara ini bisa diterapkan ya?
    terima kasih

    • memez 03/10/2016 at 1:04 pm

      Bisa juga sih…

  2. zata 06/10/2016 at 6:53 am

    waa jadi inget jaket kuliat kesayangan yang dipinjem orang dan gak dibalikin sampe sekarang #ehmalahcurhat

    Btw, makasih tipsnya ya Mez, baru tau loh kalo jaket kulit gak boleh direndem…

    • memez 06/10/2016 at 10:11 pm

      hahahahhaa… memang malas banget tuh kalau pakaian dipinjem orang, minta baliknya malas yaaa