Sejak suka bikin vlog saat travelling  (tapi bukan ala-ala AWKarin dan sejenisnya ya… :p ) saya jadi beli action camera.  Walau saya punya kamera SLR, action camera ngga akan pernah ketinggalan saya bawa. Selain karena bentuknya kecil, praktis, ringkes begitu, action camera ini bisa dibawa dalam berbagai momen. Misalnya, saat saya diving di Tulamben, Bali, action camera ini bisa merekam kegiatan diving saya. Oiya, action camera ini bisa merekam hingga di kedalaman air  sampai 40 meter, tergantung spesifikasi dan tipenya juga sih.

action-camera-jvc

Memang sih, action camera ini sekarang jadi produk yang banyak dikeluarkan oleh produsen kamera. tapi, kalau bisa merekomendasikan, saya pilih Action Camera JVC. Karena selain ringan dan mungil (beratnya hanya 135 gram loh) action kamera JVC ini punya berbagai fitur unggulan, misalnya :

  1. Layar LCD  1,5 inch
  2. Shockproof di ketinggian sampai 2 meter
  3. Tidak perlu menggunakan chasing khusus jika dibawa di kedalaman air hingga 5 meter
  4. Tahan debu dan freezeproof walau tanpa chasing tambahan.
  5.  Lensa super lebar
  6. Kualutas video full hingga  1080p
  7. Kamera 5MP untuk foto
  8. Built in wifi

cara-merawat-action-camera

Kalau sudah punya action camera, jangan sampai lupa untuk merawatnya ya. Karena, cara merawat yang benar akan menentukan usia daya tahan kamera. Tips merawat action camera JVC ala saya nih :

1. Sehabis digunakan di pantai atau laut, rendam dahulu di air biasa. Tujuannya untuk merontokkan pasir dan kandungan garam yang menempel di kamera.

2. Bersihkan setelah digunakan. Gunakan lap kering denga permukaan lembut untuk membersihkannya. Selain untuk membersihkan debu, juga bisa untuk mengeringkan sisa air yang masih menempel di body kamera.

3. Hindari goncangan berlebih. Saya punya tas khusus untuk menyimpannya. Walau action camera tergolong “bandel” dan kuat, sebisa mungkin jangan terkena goncangan berlebihan.

4. Hindari kontak dengan sinar matahari. Jangan dijemur terlalu lama, dan hindari terkena paparan sinar matahari langsung.

5. Jika rusak, servis di tempat yang resmi. Tujuannya sih agar permasalahan atau kerusakan yang ada bisa ditangani sama pihak yang tepat. jadi, jangan tergiur harga murahnya ya… Lgian, kalau masih dibawah setahun kan ada garansi resminya ya.

Selain harus merawat body dan layarnya dengan baik, baterai Action Camera juga harus dirawat loh. Karena kan ngga asyik kalau baterainya rusak dan bocor, sehingga jadi sering lowbatt. Apalagi, kapasitas baterai action camera 900 – 1200 mAH ini memang butuh perhatian khusus. Lantas, bagaimana sih cara yang tepat untuk merawat baterai biar lebih hemat dan tahan lama???

tips-merawat-baterai-action-camera

Tips merawat baterai Action Camera JVC agar awet dan tahan lama :

  1. Matikan suara beep atau shutter. Caranya, masuk di menu  pengaturan action cam, setting semua di menu off untuk pengaturan beep dan shutter action. bagi sebagian orang, hal ini mungkin jadi kurang maksimal. Tapi, demi daya tahan baterai yang lebih awet, ngga masalah bukan? Lagian kalau saya sih kayaknya mendingan begini, daripada pas pakai action camera, baterainya cepat habis dan harus mencari tempat untuk menchargenya.
  2. Atur volume mute. Karena dalam posisi mute ini, daya tahan baterai akan bertambah.
  3. Nyalakan mode hemat daya. kelebihan action camera adalah adanya  fitur hemat daya yang dapat diaktifkan pada menu settingan. Konon, Mode hemat daya ini bisa membuat  umur kamera lebih panjang hingga 30%.
  4. Jangan bolak balik preview di LCD. Selain karena hal ini bisa membuat baterai lebih boros, action camera akan bekerja lebih keras. Mendingan, segera pindahkan file yang ada di memori card dan preview video atau fotonya di komputer.

 

Sejak punya Action Camera ini, saya dan suami jadi lebih suka merekam video dan mengabadikan kebersamaan kami saat travelling. Maklum saja, suami saya termasuk orang yang lebih suka mengabadikan foto istrinya, alias di balik layar ketimbang foto berdua. Makanya, momen foto berdua jadi ritual wajib saat travelling. Nah, kalau saya jadi hobi foto berdua,  kalau kamu punya pose favorit apa sih kalau sedang mengabadikan foto dengan orang-orang tersayang? Yuk sharing di sini 🙂

 

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    14 Comments

  1. Yeye 27/09/2016 at 2:40 pm

    Pose fav? Banyakkkkkk hahahhaahaha

    Wah jd penasaran sm Action Camera JVC ini deh, pengen nyoba 😍

    • memez 27/09/2016 at 8:42 pm

      Beli dong mamah yeye 🙂

  2. De pita 27/09/2016 at 4:13 pm

    Aku punya action camera habis di pakai snorkling lupa dibersihin. Akhirnya karatan deh tripod mount sama tongsisnya gak bisa di lepas hiks…

    • memez 27/09/2016 at 8:41 pm

      Hihihihihiiii turut sedih ya Mba, karena memang sebaiknya, setelah digunakan action camera ini harus segera direndam di air biasa.

  3. Jade Ayu 27/09/2016 at 4:24 pm

    Jangan bolak balik di preview kynya susye yah mez. Pasti penasaran itu gmana tadi. Hahahaha… tp bner, pny brg elektronik mah kudu dirawat ya klo mau awet

    • memez 27/09/2016 at 9:00 pm

      Perawatannya kudu ekstra Buyu, apalagi ini kan diceburin ke air laut 🙂

  4. zata ligouw 27/09/2016 at 5:21 pm

    wah thank you tips-nya ya mba Mez, persiapan kalo gw punya action kamera ntar2 ;p

    • memez 27/09/2016 at 8:37 pm

      Oke deh mba Zata 🙂

  5. echaimutenan 27/09/2016 at 6:52 pm

    Mbok aku dibeliin dulu huhuhu soale ndak punya action kamera *garuk2 dipojokan

    • memez 27/09/2016 at 8:25 pm

      Hihihihihihi… Mba Echa bisa aja 🙂 Aku doain deh supaya ada rezeki langsung bisa beli atau justru dapat hadiah.

  6. Turiscantik 03/10/2016 at 11:13 am

    Gua juga punya action cam.. Krn ngk ada preview screennya jd males pakenya

    • memez 03/10/2016 at 1:02 pm

      Download aplikasinya di handphone, nah preview screennya di handphone deh…

  7. cloud computing 26/10/2016 at 9:17 am

    wihhh action camera luarbiasa ya… aku mau beli ahh nanti kalo dah punya paktor pendukungnya hihihiiiii

    • memez 26/10/2016 at 10:58 pm

      Yuk dibeli ah 🙂