Rumah Memez

Cerita Memez / Tips and Trick

Tips Aman Menggunakan Softlens

“Kata dokter, sekali lagi begini, mata saya bisa buta mbak,” curhat seorang teman pada saya suatu hari. Ngga salah sih, kalau dokter sampai mewanti-wantinya demikian. Walau terkesan menakut-nakuti, omongan dokter ini ada benarnya. Teman saya ini, pengguna softlens setiap hari. Sayangnya, karena kelelahan atau teledor, seringkali dia menggunakan softlens sampai dibawa tidur dan seharian penuh. Padahal, pakai softlens itu maksimal delapan jam per hari loh….

Beda dengan teman, saya justru baru mulai belajar memakai softlens saat mau menikah. Lah…. mau menikah malah belajar pakai softlens?

Mungkin kedengerannya aneh ya, kenapa belajar memakai softlens justru saat mau menikah. Jadi begini, saat mau menikah saya pingin tampil WOW dan pangling, jadilah saya belajar pakai softlens yang konon bisa mengubah penampilan. Iya sih memang beda banget. Lebih nyaman dan praktis gitu….

Sesekali saya memang memakai kacamata, karena saya mengalami masalah silindris. Nah, pakai kacamata itu kadang ngga enak. Beberapa kali saya bahkan ketinggalan kacamata saya saat mengunjungi suatu tempat. Repot ya hehehehhee….. Makanya, daripada ribet dan ngga prajktis, saya beralih ke softlens atau lensa kontak yang sekarang bisa dibeli di situs belanja online dan ukurannya beragam, untuk mata minus dan plus. Bahkan, enaknya sekarang sudah ada lensa kontak untuk mata silindris. Pas banget buat saya yang ribet kalau pakai kacamata.

Dari pengalaman saya memakai lensa kontak, saya justru merasakan sejumlah manfaat saat menggunakan lensa kontak, diantaranya :

  • Lebih nyaman untuk melihat, karena ngga ada kacamata yang tergantung di hidung. Maklum ya, hidung saya kan minimalis. Kacamata suka merosot 🙂
  • Penglihatan lebih baik dan nyaman, karena lensa kontak menempel langsung pada kornea
  • Bikin makin percaya diri dan mata jadi lebih cantik, karena warna lensa kontaknya bisa berganti.
  • Aktifitas jadi lebih leluasa, karena ngga perlu was-was kacamata bakalan jatuh atau pecah

Tapi, meski pakai lensa kontak banyak manfaatnya, memakai lensa kontak juga harus berhati-hati loh. Pilih lensa kontak yang kualitasnya bagus, jangan tergoda harga murah . Saran paling penting, kalau mau beli secara online, beli di toko online yang terpercaya. Dan yang paling penting, pahami cara aman memakainya. Biar mata ngga rusak, ini dia tips aman memakai lensa kontak :

 

Tips Aman Memakai Lensa Kontak

 

  1. Batas maksimal pemakaian

Berbeda dengan kacamata yang bisa dipakai tanpa batas, saat memakai lensa kontak ada batasnya loh. Batas amannya adalah delapan jam. Jadi, kalau ada kegiatan yang lebih dari delapan jam, bawa perlengkapannya ya supaya mata tidak merah dan iritasi.

 

  1. Kebersihan Adalah Hal Utama

Mata adalah salah satu organ dan indra di dalam tubuh yang sensitif terhadap bakteri, sekali melakukan kontak dijamin langsung mengalami iritasi. Bahkan menjadi jalan kuman dan bakteri masuk ke tubuh selain lewat hidung dan mulut. Maka ketika memakai lensa kontak pastikan mencuci tangan terlebih dahulu agar benar-benar steril. Sebab kalau asal pakai padahal tangan kotor bisa memicu kerusakan kornea mata, dan dampak fatalnya adalah memicu katarak.

 

  1. Lepaskan dulu saat tidur dan juga berenang,

Seharian memakai lensa kontak bisa menyebabkan mata mengalami iritasi oleh kuman dan bakteri. Sehingga sebelum pergi tidur wajib dilepaskan dulu agar tidak bertahan di kornea mata hingga 24 jam penuh. Ditambah lagi adanya lensa kontak membuat Anda tidak bisa mengucek mata sembarangan. Kemudian saat berenang pun baiknya dilepaskan karena kuman di air kolam bisa masuk ke lensa dan merusak mata.

 

  1. Hindari tempat-tempat yang berdebu,

Tips aman lainnya adalah dengan menghindari tempat yang berdebu, sehingga praktis menjadikan lensa kontak tidak cocok untuk Anda yang bekerja di lapangan. Kalau memang terpaksa masuk ke area berdebu baiknya dilindungi dengan kacamata. Sebab debu ini bisa masuk dan menempel ke lensa kontak dan menimbulkan iritasi parah pada mata. Jadi, daripada membahayakan kesehatan mata cantik Anda baiknya softlens dilepas untuk sementara sebelum bisa masuk ke ruangan yang lebih bersih.

Kamu juga suka pakai lensa kontak atau softlens? Biasanya warna apa? Kalau saya sih sukanya yang warna kecoklatan…

Punya tips dan pengalaman yang bisa dibagi saat menggunakan lensa kontak? Sharing dong di sini….

4 Comments Tips Aman Menggunakan Softlens

Leave A Comment