Rumah Memez

Teknologi

Steller, Sosial Media Yang Lebih Seru Dari Instagram

Steller Cover

Steller, sebuah sosial media baru tengah mencuri perhatian. Lahir dari tangan kakak beradik, Karen dan Brian,  Steller membidik pengguna sosial media yang “kurang puas” dengan aplikasi Instagram. Akankah Steller menjadi pesaing terberat Instagram? Apa saja yang menjadi kelebihan Steller hingga  disebut lebih seru ketimbang Instagram?

Sosial media Steller sebenarnya berasal dari kata  Story Teller, yang berarti sebuah sosial media yang bertujuan agar penggunanya bisa berbagi cerita dalam bentuk foto dan video. Steller lahir dari tangan Karen Poole dan Brian McAniff, kakak beradik yang tumbuh besar di Seattle, Amerika Serikat. Latar belakang Karen yang merupakan desainer grafis dan Brian yang user experience desainer kemudian membuat mereka berdua merasa klop bekerja sama membangun Steller.

Sejak dibangun pada 2012, Steller resmi dirilis pada Februari 2014 dan versi update saat artikel ini dirilis adalah pada Februari 2016 dengan banyak perbaikan. Walau penggunanya belum sebanyak Instagram, Steller mendapat respon positif. Rata-rata penggunanya memberikan rate bintang 4-5. Kenapa Steller diminati ketimbang Instagram? Karena banyak kelebihannya. Salah satu kelebihannya adalah Steller seperti page atau halaman  yang diberi judul, dimana bisa dimuat berbagai foto, video dan text  dalam satu halaman tersebut.  Seperti akun Steller Gemala Hanafiah berikut ini :

Steller Gemala Hanafiah

Di akun Steller Gemala Hanafiah yang bercerita tentang pengalamannya saat Surfing di Rote, NTT ini ada 21 foto dengan text yang informatif. Membuka halaman per halaman foto ini tentu lebih menyenangkan ketimbang satu foto di Instagram atau memuatnya dalam beberapa foto di Instagram. Kelebihan lainnya adalah foto atau video ini bisa langsung diunduh. Yang membuat mirip dengan Instagram, Steller bisa memberikan likes juga  komentar langsung. Akun Gemala Hanafiah ini salah satu favorite gue di Steller.

Kelebihan apa lagi yang ada di Steller? banyak. Misalnya nih ya, Steller membagi kategori lewat apa saja yang diminati oleh penggunanya.Mulai dari travelling, memasak, creative, tempat atau arsitektur, dan banyak hal lainnya….

Kategori Steller

Kategori Steller3

Setiap tema di Steller juga terbagi dalam kategori “most viewed” atau “featured” yang dikurasi benar oleh pengelolanya. kalau belakangan ada  pengguna Instagram yang menggunakan akunnya untuk hal pornografi, di Steller sendiri belum terlihat karena penggunanya makin sedikit. Untuk pebisnis online shop, Steller ini mungkin bisa dilirik karena bisa membuat foto atau video barang jualan dengan lebih lengkap.

Kekurangannya Steller yang menurut gue membuat Steller belum banyak penggunanya adalah karena Steller sementara hanya bisa digunakan oleh pengguna gadget berbasis iOS alias produk Apple saja. Padahal, menurut data dari International Data Corporation (IDC) pengguna Android di dunia jauh lebih besar, yaitu 82,8 persen, sementara iOS hanya 13,9 persen saja.

Bagaimana membuat akun Steller? Seperti biasa mendaftar dengan memasukkan email, tapi bisa juga menggunakan akun facebook, Instagram atau bahkan twitter. Pilih apa saja kategori  yang kamu minati untuk mendapatkan update dari kategori atau akun yang diikuti.

Lalu, bagaimana cara memposting sebuah “cerita” di Steller? Gampang banget kok.

Pertama, pilih “theme” yang diinginkan…

Pilih Tema Stellar

Setelah itu, tambahkan foto atau video yang ingin dimasukkan. Bisa sampai 20 foto loh…

Pilih Gambar Video Steller

Setelah itu, tambahkan text yang menjelaskan tentang foto tersebut ya. Gampang kan…. Hasil postingan di Steller juga bisa disebar ke sosial media lain seperti facebook, Instagram dan Twitter juga loh…

Seperti awalnya saat booming Instagram, saat ini pengguna Steller dipenuhi dengan pemilik foto-foto yang bagus yang memanjakan mata. Entah ketika nanti penggunanya akan bertambah. Belum memiliki akun Steller? Yuk ah buruan bikin, amankan username kamu yang serupa dengan sosial media lainnya, dan jangan lupa follow saya di @RumahMemez nanti kita saling follow ya.

Kalau yang gue follow di sosial media yang mengedepankan foto dan video seperti ini adalah akun-akun yang penggunanya bercerita soal pengalaman travelling atau memasak. Kalau kamu biasanya mengikuti pengguna yang seperti apa sih? Sharing dong ceritanya di sini…. 🙂

 

 

 

 

31 Comments Steller, Sosial Media Yang Lebih Seru Dari Instagram

  1. Dita malesmandi

    dr 2 hari yang lalu timeline twitter isinya steller-steller ini semua…pengen bikin tapi kok pusing kebanyakan aplikasi hp 😀

    takut ntar makin FOMO #eh hihihi

  2. Horas

    Si robot ijo udah bisa kok nyicipin Apps ini, daftar aja jadi beta tester, nanti dapat versi beta testernya 😉

    1. memez

      Iyaaa sayang banget. tapi, ternyata sudah ada yang versi Beta dan kalau mau install kudu daftar jadi Beta Tester.

  3. ratna dewi

    Wah steller lagi populer nih kayaknya. Steller bisa share link hidup di postingan ngga mbak? Kalo instagram kan nggak bisa ya. Kalo udah makin rame n bisa diakses di android pasti seru nih asal jangan banyak alay yang masuk.

  4. Yesi Intasari

    sama mba memez aku juga sukanya follow akun yang share tentangtravelling, kuliner dan masakan, kalo di andro udah bukan versi beta mau coba download juga deh 🙂

  5. Pingback: 10 Fungsi Instagram Di Indonesia – Rumah Memez

  6. Lusi

    Tambah lagi account media sosial.. Oh ya, ada aplikasi untuk atur medsos sekaligus namany Hootsuite.
    Tp buat yg free 3 medsos lebih dari itu bayar. T.T

Comments are closed.