Belakangan, saya lagi memulai usaha kuliner yang pernah ditinggalkan almarhum Mamah saya. Yah, memang sih ngga sebesar seperti yang dahulu dijalankan almarhum Mamah. Memang pelan sih memulainya, tapi Insya allah walau pelan tapi jalannya makin kencang #Amin…. Oiya, kenapa masih pelan-pelan dijalani? Selain karena saya masih harus bekerja, saya masih mencari orang-orang yang tepat untuk membantu saya.

Ketika memulai usaha kuliner ini, saya sengaja ngga menyewa tempat terlebih dahulu. Selain karena butuh modal cukup besar kalau menyewa tempat, saya belum ajeg banget untuk memulai usaha kuliner ini. makanya, saya pilih berjualan melalui media sosial seperti Instagram, WhatsApp dan Facebook.

Dan, ketika memulai usaha kuliner ini, terus terang saya kebingungan mencari pinjaman modal usaha. Sampai akhirnya saya menemukan pihak yang bisa memberikan pinjaman modal usaha. Dan caranya tuh…. gampang banget!

Oiya, buat yang belum tahu, setiap weekend atau pas libur bekerja, saya buka pre order makanan, mulai dari bakso hand made, nasi box sampai peyek, dibawah bendera Pawon Prameswari. Semua makanan yang saya jual adalah  makanan rumahan hasil karya saya sendiri,  yang Insya Allah halal dan enak deh, harganya juga terjangkau….

Banyak pertanyaan yang sering datang pada saya, “Lah, bukannya kalau yang order biasanya bayar dahulu, kan sistemnya pre order?” Iya memang, dan Alhamdulillah langganan saya tuh kooperatif banget, mereka bisa bayar duluan, sebelum pesan. “Lah, trus pinjaman modal usaha yang dibutuhkan buat apa?”  Jadi gini ya, untuk modal bahan makanan yang akan diolah memang bisa saya beli dengan pembayaran yang dilakukan oleh pembeli, tapi saya butuh modal untuk membeli peralatan masak yang lebih besar. Karena pesanan makin banyak, ngga mungkin dong saya memasak dengan panci buat Mie Instant? makanya, saya butuh peralatan masak yang lebih besar buat memasak. Dan tahu dong kalau harganya ngga murah ya….

Maka, ketika butuh pinjaman modal usaha, saya pelan-pelan mencarinya. Maaf, saya menghindari meminjam dengan teman atau orang terdekat, bukannya sombong atau bagaimana, kadang meminjam sama teman atau orang terdekat, ngga dikasih pinjaman tapi malah jadi omongan hahahahahaa….. Pengalaman pribadi banget.

Yup, sebenarnya saya pernah mengalami hal ini. Berusaha meminta bantuan orang dekat dan juga teman untuk memberikan pinjaman modal usaha, tapi yang ada saya malah menerima respon begini….

  1. Kok minjem sih, masa ngga punya duit segitu?
  2. “Gue sih ada duit, tapi nanti lo bayar kan?” Kemudian menatap saya dengan penuh curiga.
  3. “Ngga ada, gue ngga punya duit,” Tapi kemudian dia malah menyombongkan diri baru beli barang bemerk.

Terus terang, kalau dibalas dengan respon demikian, saya langsung pingin ngelus dada Nicholas Saputra #Loh

Tapi…. kita memang sebaiknya tidak bergantung kepada orang lain, walaupun itu teman baik atau orang dekat seperti saudara, apalagi untuk urusan pinjaman modal usaha.

Maka, berselancarlah saya di dunia maya,demi menemukan  tempat atau pihak yang bisa membantu saya memberikan pinjaman modal usaha. Thank God, saya diberi kemudahan dan sampailah saya di situs www.cekaja.com dan dengan mudah saya bisa mengajukan pinjaman modal usaha

Oiya, sebenarnya banyak pinjaman-pinjaman online yang bisa gampang banget memberikan pinjaman modal usaha, tapi saya kalau lihat bunganya, ngeri banget euy. Besar banget! Sementara usaha kuliner saya kan masih merangkak dari bawah. Jangan sampai keuntungan yang saya peroleh malah habis buat bayar bunga aja…

Waktu saya lihat di CekAja, untuk pinjaman modal usaha, masuk di bagian kredit usaha kecil menengah. Bunganya mulai 1,25% aja. Terjangkau banget deh…

Nah, di jumlah pinjaman nih, misalnya saya mengajukan pinjaman sebesar Rp. 10 Juta untuk Dana Modal Usaha. Pilihannya sih selain dana Modal Usaha, ada Dana Investasi dan Lain-lain. Kemudian akan muncul tampilan seperti ini, gampang kok tinggal isi sesuai data pribadi aja. Pastikan nomor telepon yang dicantumkan selalu aktif ya…

Setelah mengisi data pribadi dengan lengkap, langkah untuk memperoleh Pinjaman Modal Usaha selanjutnya adalah mengisi detail pinjaman. Tampilannya akan seperti ini…

Nanti akan ada pilihan, memiliki jaminan atau tidak. Kalau memiliki jaminan, akan ada pilihan kolom jaminan yang dimiliki, yaitu rumah tinggal, ruko, gudang, kendaraan atau aset lainnya. Tapi, kalau tidak, jawab saja tidak. Nah, setelah itu klik tombol “Ajukan Sekarang” dan tunggu respon dari pihak bank atau pemberi jaminan. Gampang kan…

Mungkin akan ada pertanyaan, kenapa mesti mengajukan di CekAja.Com? Gini loh… kalau mengajukan pinjaman modal usaha lewat cekaja.com, ada banyak pemberi pinjaman yang tergabung di dalamnya. Beberapa, bahkan Bank ternama skala nasional dan Internasional. Trus, karena kita sudah mengisi formulir pengajuan, ngga perlu ribet-ribet mengajukan ke beberapa pihak tersebut. Karena CekAja.Com menjadi semacam perantara antara peminjam dengan pemberi pinjaman. Ohiya, jangan khawatir, untuk pengajuan pinjaman modal usaha ngga akan dikenakan biaya kok, alias gratis.

Buat yang belum tahun, Pinjaman Modal Usaha itu banyak jenisnya loh, diantaranya :

  • Kredit Modal KerjaPinjaman untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dan atau kebutuhan modal kerja yang bersifat khusus seperti untuk membiayai inventory, piutang atau proyek.
  • Kredit InvestasiFasilitas kredit yang diberikan untuk membiayai kebutuhan barang modal dalam rangka rehabilitasi, modernisasi, perluasan, dan/atau kebutuhan khusus terkait investasi.
  • Kredit BPRKredit pembiayaan modal kerja kepada BPR (Bank Perkreditan Rakyat) untuk digunakan dalam rangka penyaluran kredit kepada usaha kecil dalam bentuk Executing atau Asset Buy.
  • Kredit KopKarPinjaman modal kerja yang diberikan kepada Koperasi Karyawan untuk disalurkan kepada para anggotanya guna berbagai keperluan.
  • Kredit SyariahPembiayaan kredit syariah modal kerja, investasi dan trade finance dengan skema Mudharabah dan Murabahah untuk UMKM).

Saya sih sudah mengajukan pinjaman lewat CekAja.Com, dan lagi menunggu tahap verifikasi. Doain ya, semoga saya bisa menjalankan usaha kuliner ini dengan lebih mantap.

Teman-teman, ada yang juga mau mengajukan pinjaman modal usaha? Langsung buka aja https://www.cekaja.com/small-business-banking/ atau kalau mau cari Kredit Tanpa Agunan, Asuransi kendaraan bermotor, KPR atau Kredit Kendaraan Bermotor, juga bisa kok lewat CekAja.Com

Selamat melihat-lihat yaaa…

 

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    28 Comments

  1. Arlene Kane 12/07/2019 at 11:07 am Reply

    KHAMAS GROUP are currently investing in

    projects abroad , with funding from

    Wells fargo and bank of America .

    We may be interested in your business .

    I want you to send a well documented

    business plan for consideration and

    assessment by our investment team .

    Also state clearly the Financial

    calculations and how much would be

    needed for the entire project .

    Contact us by email:

    khamasgroupofinvestment@outlook.com

  2. Dita Indrihapsari 16/07/2019 at 12:44 pm Reply

    Berarti pinjaman online cekaja ini aman ya mba Memez. Ada beberapa bank terpercaya juga yang jadi pemberi modal ya.. Soalnya suka denger cerita soal pinjaman online yg ternyata malah merugikan. Alhamdulillah nih ada yang terpercaya. Prosesnya juga gampang ya.. Semoga usaha kulinernya sukses terus ya mba Memez.. 🙂

  3. Rach Alida 16/07/2019 at 2:04 pm Reply

    Mau dong ngelus dada Nicholas Saputra. #eh lagi. Bunda, memang ya nyariin modal usaha itu memang nggak mudah. Baru tahu deh kalau Cekaja bisa membantu seperti ini 🙂

  4. gita siwi 16/07/2019 at 3:41 pm Reply

    Kalau bicara pinjaman buat usaha dukung deh karena kalau buat yang konsumtif kan masih bisa ditunda ya kak. Semoga nyaman aman buat yang membutuhkan ya

  5. Hanni Handayani 16/07/2019 at 5:44 pm Reply

    pada umumnya memang diawal berbisnis, masalah modal menjadi masalah no 1. sebagai pebisnis pemula memang perlu pintar cari cela untuk permodalan

  6. Didno 16/07/2019 at 6:34 pm Reply

    Pinjamnya harus sesuai kebutuhan jangan memaksakan diri karena bisa berdampak negatif terhadap pikiran si peminjam…

  7. Leyla Hana 16/07/2019 at 9:45 pm Reply

    Mba Memez ini tipe orang yang gak bisa diam. Udah kerja, masih bisnis kuliner juga. Hebring banget deh ah.

  8. Eni Martini 16/07/2019 at 10:07 pm Reply

    PR besar juga kalau hasil usaha minjam, harus benar-benar yakin dan bisa mengelolanya dengan baik ya, biar ga kebelit hutang karena usaha gagal. Klo berhasil, dengan pinjaman gini tentu sangat membantu

  9. April Hamsa 16/07/2019 at 10:07 pm Reply

    Zaman skrng kalau mau minjem modal usaha cukup gampang ya. Tapi dengan kemudahan kyk gtu tetep kudu cek dan ricek pinjol mana yang udah diawasin OJK dan bukan abal2. Jangan sampek usaha blm balik modal malah kejerat utang dr pinjol yg gak bener….

  10. mira utami 16/07/2019 at 10:52 pm Reply

    Kebetulan kakak ku lagi cari untuk puteran modal usaha jasa nih, kalau udah aman dan terdaftar kan jd gak khawatir lagi yah. Perhitungannya juga jelas

  11. Ade UFI 16/07/2019 at 11:17 pm Reply

    Sekarang sudah menjamur aplikasi pinjaman onlinenya ya. Tergantung kita memilihnya aja. Harus pinter2

  12. Lia Lathifa 17/07/2019 at 5:28 am Reply

    Lho lho ngapain ngelus dada mas Bambaaang? Ehehe.. hmm jadi kalo bingung emang mending cari dulu referensinya ya di cariajacom. Baiklah, makasih infonya mbak, jadi gak repot ya searchingnya

  13. Wian 18/07/2019 at 11:38 pm Reply

    Mbaaa salut deh kamu berani mulai usaha di tengah kesibukan kerja kamu.
    Iya ya, meskipun sistem PO tetap butuh modal usaha untuk kelancaran usaha.

  14. sabda awal 20/07/2019 at 3:53 pm Reply

    cekaja ngebantu banget untuk pengajuan kredit mbak, saya paling suka sih kredit kendaraan bermotornya

    • memez 22/07/2019 at 11:17 pm Reply

      Oh gitu ya…. mau lihat lihat juga ahhhh kredit kendaraan bermotornya

  15. Helena 22/07/2019 at 8:32 pm Reply

    Ini tuh P2P lending?
    Mba, kalau jaminannya apa ya misal mau ajukan pinjaman modal usaha di sini? apa pakai verifikasi seperti di bank?

  16. Keke Naima 23/07/2019 at 12:55 am Reply

    Kayaknya sekarang saya kalau ada yang mau minjem duit bakal langsung bersikap kayak no 3. Langsung bilang gak ada. Tapi, gak lantas pamer barang bermerk juga.

    Cuma saya lagi kesel aja. Ada teman yang dulunya pernah dekat yang minjem duit. Saya kasih karena saya pikir teman dekat, pasti amanah. Eh, giliran ditagih susah banget sampai sekarang. Kapok, ah! Hahaha

    Eh, ini saya malah curcol. Tapi, memang kalau ada yang minjem lagi, saya bilang gak ada. Nanti syaa saranin langsung ke Cek Aja, deh

  17. Desy Yusnita 23/07/2019 at 1:41 am Reply

    Bakso pawon prameswari tuh enak banget. Gurih kuahnya pas dan baksonya juga endes. Yang penasaran lagi aku sama peyeknya. Kapan kalo ke Depok mau order ah. Eh koq malah review makanannya Pawon Prameswari ya hahahaha. Sukses ya untuk usaha kulinernya ka Memez

  18. Reh Atemalem 23/07/2019 at 2:04 am Reply

    Wahhh sama Mba.
    Aku sebisa mungkin menghindari pinjaman personal. Lebih nyaman dengan lembaga, pinjem-meminjemnya ga pake baper.

  19. Dayu Anggoro 23/07/2019 at 7:16 am Reply

    Pinjaman online sekarang semakin mudah yah, cuma harus hati-hati dan dipikir ulang lagi untuk melakukan pinjaman online.

  20. Putu Sukartini 23/07/2019 at 7:39 am Reply

    Wah boleh juga nih
    Kadang khan memang orang mau usaha kebentur di modal ya. Mau minjem temen/saudara sungkan dan takut nanti malah berujung gak enak buat hubungan kekerabatan
    Lewar cek aja, selain memang dikelola profesional, prosedurnya juga mudah

    Sip sip
    Makasi infonya mbak
    Aku mau coba ah

  21. Agung Han 23/07/2019 at 8:37 am Reply

    Wah, keren, smoga usaha kulinernya berjalan lancar dan berkembang seperti pernah ibunda jalankan amin

  22. Suciarti Wahyuningtyas 23/07/2019 at 9:30 am Reply

    Ini solusi sekali ya untuk mereka yang ingin menjalankan usahanya, jadi gak perlu berantem sama teman kalau mau pinjam modal usaha. Soalnyakan suka ada yang nyinyir kalau misal pinjam dulu untuk usaha.

  23. Marga Apsari 23/07/2019 at 11:40 am Reply

    Harus pikir matang-matang selalu yaa sebelum melakukan pinjaman. Tapi emang kalau niat buka usaha, terkadang harus berani nekad juga.

  24. eka siregar 23/07/2019 at 12:02 pm Reply

    Wow.. ini ngebantu banget.. syarat2nya mudah ternyata..

  25. Samleinad 23/07/2019 at 12:53 pm Reply

    Pinjaman sebaiknya dipergunakan utk modal usaha. Namun kadang kita malah tergiut meminjam utk barang2 konsumtif, yg kadang tidak begitu diperlukan. Terima kasih utk sharingnya

  26. windhu 23/07/2019 at 1:25 pm Reply

    Kalau ngomongin pinjam uang, memang repot kalau sama teman atau orang yang dikenal. Mereka lebih dulu ngomong nggak ada. Haaha. Padahal, buat memulai usaha memang perlu modal. Untunglah saat ini lembaga pemberi pinaan modal usaha sudah banyak.

  27. Idfi Pancani 23/07/2019 at 1:27 pm Reply

    semacam fintech yaaa … oh ada kredit syariahnya. Bagus tuh …

Leave a Comment




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.