DAUN PEPAYAPahitnya tuh di sini….

Begitu kata banyak orang tentang masakan yang dibuat dari daun pepaya. Ya, daun pepaya jika tidak cermat mengolahnya maka akan tertinggal rasa pahitnya. Duh… saya sih nyengir aja, tahu ngga kalau ada yang lebih pahit dari daun pepaya? Diputusin pacar? Diselingkuhin pasangan? Ah…bukan saudara-saudara!!! Yang lebih pahit dari daun pepaya adalah…. ditolak KPR!!! #Garing #Biarin . Nah… kali ini saya mau berbagi resep bagaimana membuat tumis daun pepaya ala Manado ini, dan gampang banget loh membuatnya, apalagi makannya. Biar tambah enak makannya sambil lihatin Adam Levine ya #Abaikan

Ya udah kita mulai masaknya ya… sreng sreng sreng…

yang harus disiapkan adalah daun pepayanya -ya masak daun pintu ya- Oiya karena masakan Indonesia itu berbeda ukurannya, jadi saya kira-kira aja ya.

Bahan Utama :

1. Daun pepaya seikat. kira-kira beratnya 200gram. Bersihkan, buang batangnyasemuanya. termasuk kalau yang daunnya lebar banget, buang batang di sekeliling daunnya.

2. Daun singkong, ini sih buat tambahan aja. Just in case buat nambahin porsinya. Sama, buat batangnya.

3. Bunga pepaya, secukupnya aja. Buat tambah enak dan cantik ya.

4. Sereh, bagian putihnya diiris tipis dan digeprek biar keluar aromanya.

5. Daun pandan 3-4 lembar. tapi, makin banyak juga gpp sih, biar wanginya terasa.

6. Daun jeruk 10 lembar, diiris tipis.

7. Cabe rawit merah 10 biji kalau suka pedas tambahin, kalau ngga suka gpp ngga dipakai.

8. Ikan cakalang asap sesukanya.

9. Jahe bakar seukuran jempol. jempol siapa? Ya kira-kira aja, masa jempol barbie.

10. Garam, minyak secukupnya.

 

Bumbu halus :

bawa merah 5 siung, bawang putih 5 siung, cabe merah 3 biji.

 

Cara masaknya :

1. Masak air sampai mendidih, trus pas sudah mendidih,Β  rebus daun pepaya, daun singkong kasih garam sedikit dan minyak (saya biasanya pakai minyak kelapa) setelah agak empuk dan warnanya masih hijau, angkat dan siram pakai air es/air dingin. Tujuannya sih untuk menghentikan proses masak.

2. Lakukan hal yang sama dengan bunga pepayanya.

3. Tumis bumbu halus, jangan sampai gosong sih.

4. Masukan daun jeruk, daun pandan, sereh, jahe, cabe rawit, tumis sampai agak layu.

5. Masukan ikan cakalangnya trus campur dengan daun singkong, daun pepaya dan bunga pepaya yang sudah direbus. Tambahin garam dan sedikit gula pasir (Saya ngga pakai MSG soalnya)

dan voila….. jadi deh tumis daun bunga pepaya cakalang.

Buat temannya, cukup nasi putih panas dan tempe goreng, dan kemudian saya laparrrrrr…..

Sebenarnya, saya baru 2x masak ini dan kemudian ketagihan. karena apa? ya karena enak bangetlah. Aifa, teman saya yang tadinya ngga doyan daun pepaya jadi ketagihan karena katanya enak banget dan ngga pahit.

Apalagi, menurut situs ini, daun pepaya banyak banget manfaatnya, seperti :

1. Anti kanker. Caranya direbus atau dijus. Pahit? Ada yang lebih pahit dari daun pepaya kan πŸ™‚

2. Menghambat pertumbuhan bakteri dan meningkatkan imunitas tubuh.

3. Anti Malaria

4. Mencegah demam berdarah

5. Menghilangkan nyeri haid. caranya rebus daun pepaya, tambah air 1 gelas, garam dan asam jawa. Trus diminum deh… masa dibuang πŸ™‚

Jadi… yuk kita masak tumis daun pepaya cakalang ini. Kalau sudah mencoba resep ini, bolehlah saya dicolek di Twitter @rumahmemez atau IG @MemezMemez

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    14 Comments

  1. Yeye 19/04/2015 at 9:33 pm

    Memezzzz.. Rabu bikinin laghe yahhh :p

    • memez 19/04/2015 at 9:35 pm

      Lahhh rabu kita bukannya acara Kiranti? Alvinnya kamis aja ya Ye…

  2. Pungky KD 19/04/2015 at 10:18 pm

    Buru2 datang bawa rantang…
    nasi gw bawa sendiri dah…*niatabweesssh*

    • memez 20/04/2015 at 9:16 am

      Kirim ke Bekasi :))

  3. indahmumut 19/04/2015 at 11:01 pm

    aaahhh.. jadi lapeeerrrr….

    • memez 20/04/2015 at 9:15 am

      Kirim ke Tebet yaa… :))

  4. primastuti satrianto 20/04/2015 at 11:36 am

    waaahhh menggugah seleraaaa… makasih resepnya mbaa…

    • memez 20/04/2015 at 12:19 pm

      terima kasih juga sudah mampir yaa

  5. kania 20/04/2015 at 12:51 pm

    daun pepaya itu ada yg pahit ada yg ngga ya mba? kalo sayabeli di tukang sayur kok paiiit banget. pernah dibeliin sm adik ipar daun pepaya jepang katanya, ga pait

    • memez 20/04/2015 at 8:03 pm

      Baru dengar daun pepaya jepang. Coba nanti aku cari πŸ™‚

  6. desweet26 21/04/2015 at 9:49 am

    oalaaahhhhh ini sih favorit gue mba Meeez..
    nyokap sih yang selalu masak..hihihi cuma campurannya pake teri medan.. besok request ah pake ikan cakalang asep #ngelunjak ;p

    • memez 21/04/2015 at 4:38 pm

      Masakan nyokap sihhh selalu enakkkk yaaa

  7. hilangkan jerawat dg pepaya 07/09/2016 at 1:52 pm

    waahhh kayaknya enak tuh bun,,, belum pernah nyoba tumis daun pepaya,, pahit gak tuh…

    • memez 08/09/2016 at 1:26 pm

      Ngga pahit kok