QUOTE ABOUT PEN

Keberadaan pulpen kini tak lagi sebatas fungsi, tapi juga gengsi. Karena keberadaan sebuah pulpen bisa memiliki peran penting dalam berbagai momen sejarah. Begitu pentingnya peran sebuah pulpen hingga pepatah “The Pen is Mightier Than The  Sword” lahir dari pemikiran Edward Bulwer Lytton, seorang penulis dari Inggris. Kenapa pulpen bisa lebih tajam dari pedang? Kalau menurut saya sih karena fungsi pulpen lebih penting dari sebuah pedang. Pulpen tentu lebih sakti ketimbang pedang. dan ketika dari sebuah pulpen terbubuhkan tanda tangan, berarti sebuah kesepakatan terjadi dong….

Buat saya yang berprofesi sebagai wartawan, saya selalu senang menyaksikan momen ketika  petinggi sebuah perusahaan sedang menandatangani kesepakatan dengan rekan bisnisnya. Pun ketika pejabat negeri sedang membubuhkan tanda tangannya dalam sebuah surat penting. Maka, jangan heran kalau di tengah momen demikian, ngga akan terlihat pulpen tiga ribuan yang biasa dijual di pinggir jalan atau pedagang asongan. Pulpen yang akan terlihat adalah pulpen (uhukkk) mahal, dan menampilkan citra wibawa dari pulpen tersebut.

Lebih dari sepuluh tahun melakukan tugas peliputan, saya menemukan berbagai kejadian unik tentang pulpen ini. Misalnya, ada narasumber  yang koleksi pulpennya puluhan biji dengan harga sampai puluhan juta. Woww… saya sampai ternganga-nganga melihatnya. Mupeng…. saya sih sampai menduga-duga, kalau pulpen yang digunakan tergantung besarnya nominal perjanjian bisnis yang dihasilkan. Makin besar nominal bisnisnya, makin bagus pulpen yang dipakai. Memang sih, ada pebisnis yang sengaja menginvestasikan sejumlah rupiah untuk membeli pulpen, agar kelihatan wibawa dan serius. Saya setuju banget dengan hal ini…

Ketika memulai usaha, selain berinvestasi pada peralatan yang digunakan, saya pernah dihadapkan pada sebuah kejadian bahwa saya harus berinvestasi pada sebuah pulpen. Hah, segitu pentingnya sebuah pulpen sampai perlu diinvestasikan secara khusus? Ya iyalah. Sebenarnya ini karena didasarkan pada pengalaman pribadi. Jadi, pernah ya saya menandatangani kontrak kerja. Dan… partner bisnis saya ini adalah seorang petinggi perusahaan IT terkemuka. Surat kontrak yang sudah ditandatangani si boss ini kemudian disodorkan ke saya untuk ditandatangani. Saya kemudian mengeluarkan pulpen dari tas saya, dan ketika hendak membubuhkan tanda tangan di atas materai….. sreeettttt….. pulpen saya kurang terlihat tintanya karena macet. Yang suka tandatangan di atas materai pasti tahu, kalau permukaan materai itu licin dan membuat tinta pulpen tidak menjejak dengan jelas. Karena momen gagal tandatangan itu saya malu!!!! Malu dan ngga enak hati tepatnya.

Akhirnya, lembaran kontrak ini diprint ulang, ditempelin materai yang baru dan saya dipinjami boss itu pulpen miliknya untuk menandatangani kontrak kerja. Untung aja boss itu masih punya waktu untuk menunggui proses mengeprint ulang surat kontrak kerja, membubuhkan materai dan saya membubuhkan tanda tangan. Kalau ngga ada waktu, duh alamat kesepakatan bisnis ngga tercapai dan saya bisa gigit jari….Dari situ, saya bertekad suatu hari saya harus bisa membeli pulpen yang layak dan bagus untuk menandatangani sesuatu.

Saat mengunjungi Toko Buku Gramedia, saya melihat counternya CROSS. Duh, berbagai tipe pulpen yang dijual bikin naksir. Harganya sih variatif lah. CROSS adalah perusahaan pulpen asal Amerika yang didirikan pada tahun 1846. Produk keluarannya adalah pulpen elegan yang dilapis emas atau perak. Di tahun 1940, CROSS kemudian membuat terobosan, di mana para pembeli bisa mengukir pulpennya dengan inisial nama atau logo yang diinginkannya. Eksklusif banget kan….

Saat browsing di Internet, saya bahkan menemukan sebuah forum khusus untuk membahas tentang koleksi pulpen CROSS yang dimiliki para kolektor. Yang menariknya, mereka berlomba-lomba mencari CROSS keluaran lama untuk dikoleksi, karena harganya semakin mahal. Wowww…. bisa jadi salah satu alternatif koleksi nih.

Nah, di tahun 2016 ini CROSS membuat banyak terobosan. Yang teranyar adalah bekerjasama dengan Marvel, agen Superhero, dimana karakter Iron Man, Captain America dan Spider Man diadaptasi ke desain  pulpen CROSS tipe century II dan Tech II. Lihat saja deh tampilannya gagah tapi tetap eksklusif.

cross pen edisi marvel

 

CROSS TECH II MARVEL

 

Karakter Iron Man yang diadaptasi ke desain pulpen CROSS Tipe S Century II dilapis emas 23 karat. Sementara untuk yang karakter Spider Man dan Captain America dilapisi emas putih atau yang biasa dikenal dengan Rhodium. Harganya berapa??? Untuk yang tipe Century II dibanderol dengan harga 2,4 juta rupiah aja, sementara yang tipe Tech II harganya 700ribu rupiah aja. Harganya lumayan terjangkau lah, karena  material pembuat pulpen memang dari bahan terbaik dengan desain yang eksklusif.  Saya sih pernah melihat counter CROSS ini di toko buku Gramedia, dan kemudian bertekad untuk segera merayu suami membelikan pulpen. Ya hitung-hitung, bonus dari menjalani usaha yang selama ini saya lakukan 🙂 Doain ya, biar Suami bisa dirayu, jadi insiden gagal tandatangan ngga akan terulang lagi…

Nah itu, cerita saya tentang sebuah pulpen. Kalau kamu punya cerita apa sih tentang fungsi sebuah pulpen? Cerita di sini yaaa 🙂

 

 

 

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    15 Comments

  1. zata ligouw 06/09/2016 at 8:02 am

    jadi bisa bikin pepatah “pulpen lebih ‘tajam’ dari pada pedang” dong ya Mez, hehehe..
    btw, ini cross kok lucu2 banget ya warna sama karakter superhero-nya, jadi naksir yg spiderman deh..

    • memez 06/09/2016 at 9:06 pm

      Keren banget memang mba… cuss ah langsung beli 🙂

  2. Efi Fitriyyah 06/09/2016 at 8:05 am

    Kalau aku seringnya pulpen ilang mulu, Mez. Entah ketinggalan, jatuh atau yang pinjem ga balikin. Pernah punya pulpen branded yang rasanya malah sayang kalau dipake hihihi. Biar ga baper, akhirnya aku hadiahin sama bapakku. Keren ya itu yang ngoleksi pulpen mahal. Tapi kalau udah hbi mah harga ga masalah.

    • memez 06/09/2016 at 9:04 pm

      Hihihihihi untung pulpen mahalnya dikasih ke Bapak ya Teh 🙂 kalau hilang kan sayang banget

  3. icha 06/09/2016 at 8:23 am

    Btw ngomongin soal pulpen… Suamiku pernaharah besar saat pulpennya ilang….

    Aku kira pulpennya bagus..

    Eh usut punya usut ternyata pulpen itu penghargaan yg diterimanya dlu dr gurunya saat di gontor dan gurunya bilanh “kau pasti jd penulis hebat”

    Eh kok ndelalah bener suami aku penulis hehehhe

    • memez 06/09/2016 at 9:03 pm

      Sebuah pulpen memang seringkali punya sejarah ya 🙂

  4. Kornelius Ginting 06/09/2016 at 2:41 pm

    Ada juga yg mengoleksi pulpen hingga nilainya jutaan rupiah. Ckckckc. Tapi setuju juga dengan “Pulpen mampu menaikkan gengsi”.

    Kalaubsay pribadi masih sebatas sesuai dengan kebutuhan aja. Mengingat harganya yang lumayan kalau sampai hilang pasti nyesel banget.

    • memez 06/09/2016 at 9:02 pm

      Iya sih memang harganya “lumayan” tapi demi gengsi, fungsi dan koleksi 🙂

  5. julia hardy 06/09/2016 at 4:03 pm

    baru tau ternyata kolektor bolpen cross berlomba-lomba yaa ngumpulin bolpen cross
    gak kebayang mereka duitnya berapa bisa koleksi bolpen ini hihi

    • memez 06/09/2016 at 9:01 pm

      Hihihihihih demi menambah koleksi, uang tidak jadi hitungan 🙂

  6. Nefertite Fatriyanti 08/09/2016 at 2:34 pm

    Wah koleksi bolpoin crossnya cakep mba, warnanya solid.
    suka buat nulis mba? atau dipajang doang, hehehe. Biasanya kolektor kan amat menyayangi koleksinya

    • memez 08/09/2016 at 9:27 pm

      Buat tandatangan aja mba 🙂

  7. Retno 13/09/2016 at 11:24 am

    Pernah baca iklan kehilangan di koran. Seseorang meminta kepada peminjam agar segera mengembalikan pulpen miliknya. Sempat jadi bahan tertawaan, kehilangan pulpen kok pasang iklan segala.. gataunya itu pulpen yang dipinjem emang harganya jutaan, duuh…

    • memez 26/09/2016 at 12:17 pm

      Hihihihiiii pulpen mahal memang bikin baper 🙂

  8. Wia 15/09/2016 at 2:32 pm

    Punya Hobby itu enak, fun juga.