never-fail-until-you-stop-trying-life-quotes-sayings-picturesSebelum cerita lebih banyak, gue mau mengucapkan terima kasih tak terhingga dengan semua yang telah mendoakan, berkomentar atau sekedar memberi likes di Facebook.

Baca di sini, Program Hamil di dr Caroline Tirtajasa bagian 1

Terus terang, sebenarnyaΒ  gue juga sempat galau untuk berbagi tentang apa yang tengah gue jalani saat ini. Di satu sisi, sebagai seorang PCOs fighter gue ingin berbagi info dan pengalaman, tapi di sisi lain gue juga sempat berpikir kalau akan ada yang berpikiran negatif sama gue. Tapi… akhirnya gue Bismillah saja, berdoa semoga apa yang gue bagi di sini bisa bermanfaat buat siapapun yang tengah mengalami masalah serupa.

Oiya, setelah diharuskan melakukan tes darah di Lab Pramita yang menghabiskan biaya sekitar 2,470ribu, di hari kesebelas gue diharuskan melakukan tes HSG, yang konon sakit banget….

HSG apaan sih? Dari beberapa literatur yang gue baca, HSG atau Histerosalpingografi yang dikenal juga dengan pemeriksaan uterosalpingografi, adalah pemeriksaan sinar X dengan memakai cairan kontras yang dimasukkan ke rongga rahim dan saluran telur (tuba fallopii).Β 

Kata beberapa teman gue itu sakit banget, bikin mual bahkan sampai ada yang pingsan. Duh… jujur aja, gue rasanya langsung ciut mendengarnya. Apalagi yang bikin gue deg-degan adalah sampai hari kesepuluh, mens gue belum berhenti juga. Tapi, berbekal niat dan lagi-lagi doa, gue berdoa semoga besok gue bisa HSG dan Alhamdulillahnya, pas hari rabu yang mana adalah jadwal HSGnya, mens gue benar-benar berhenti.

Sebelum melakukan HSG ini, gue memang kudu booking di Lab Pramita, maklum saja jadwal dokternya selalu antri. Setelah booking jadwal dokter Kahar beberapa hari sebelumnya, gue kemudian dapat jadwal di hari rabu.

Di hari selasa, gue mulai minum obat Renator 500 yang diresepkan dokter Caroline Tirtajasa.

Renatol Obat HSGNah, di hari Rabu itu kan berbarengan dengan jadwal tes sperma Miswa, akhirnya kita sepakat jam 5.30 pagi sudah jalan. Karena jadwalnya Miswa jam delapan, sementara gue jam sembilan pagi. Untuk melakukan tes sperma, tidak boleh ada aktivitas mengeluarkan sperman sejak 3-5 hari sebelumnya. Karena sudah berangkat sejak pagi, jam tujuh gue sama Miswa sudah sampai, dan Lab Pramita sudah penuh banget.

Pas Miswa melakukan tes sperma di lantai tiga, gue kemudian mulai menggunakan obat Tramal, yang berguna sebagai pain killer saat HSG. Cara menggunakan obat ini adalah dimasukkan lewat belakang, alias lewat dub*r, rasanya hahahahhahaaa…. geli aja. Abis memasukkan obat ini gue sampai berasa menahan sesuatu di dalam πŸ™‚

Tramal HSGSatu jam menunggu untuk melakukan HSG, gue ngga berani minum. Walaupun sebenarnya gue pingin banget minum Teh hehhehehehee…

Pas banget jam sembilan, gue dipanggil sama suster dan diminta menandatangani surat pernyataan. Wewww… gue tambah dagdigdug deh….

surat pernyataan HSGSetelah ganti baju, gue kemudian diminta duduk di sebuah tempat tidur yang beralaskan kaca. Rasanya??? Dingin!!! Kombinasi antara takut dan memang ACnya yang dingin. Beruntungnya gue, dokter Kahar tuh baik banget dan berusaha mencairkan ketegangan gue. Gue ditanya kerja di mana, cuti apa ngga, pokoknya diajak bercanda deh…

Yang bikin ngeri dengan HSG itu tentu saja saat memasukkan sebuah batang semacam besi, duhhh ngilu banget!!! Nah, abis dimasukin batangan itu kemudian gue diminta miring ke kiri, ke kanan. Ehhhh, ternyata ada semacam kesalahan teknis dan kemudian proses pemasangannya diulang lagi. Duhhh, ampun banget deh. Itu ngilunya mau diulang lagi. Karena ngga bisa ditemani Miswa, gue kemudian banyak zikir aja. Mau teriak-teriak juga ngga bisa kan….

Trus berasa banget kayak dimasukin cairannya yang ternyata ngga sakit sama sekali. Entah ini karena kekuatan doa, obat atau air doa Mama. Ngga sampai sepuluh menit proses HSGnya selesai. Gue sempat terhuyung-huyung saat keluar dari ruang rontgen, eh yang malah dibercandain sama Miswa, ditawarin es krim, permen atau jajan. Lahhh memangnya gue anak kecil.

Habis HSG, Alhamdulillahnya gue ngga mengalami mual atau pingsan, makanya gue langsung ke kantor. Dari hasil HSG juga kemudian diketahui, tidak ada perlengketan atau paten, yang berarti ke depannya prosesnya akan lancar. Kenapa ada yang merasa sakit? Karena adanya perlengketan.

Biaya untuk melakukan HSG di Lab Pramita adalah 900ribu, sementara untuk tes sperma 235 ribu, yang ternyata memang jauh lebih murah ketimbang di tempat lain.

Sampai sejauh ini, gue merasa makin nyaman dan ngga mau berhenti melakukan semua usaha demi mewujudkan impian gue dan Miswa. Jadi, mohon doanya yaaa teman-teman…

 

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    23 Comments

  1. Dea 27/12/2015 at 9:16 am

    Semangat mbak mes….?

    • memez 28/12/2015 at 1:50 pm

      Tengkyuuuu….

  2. Bebe 27/12/2015 at 4:02 pm

    Alhamdulillah prosesnya lancar ya Mez. Semoga lancar terus dan menghasilkan kabar baik yang udah dinanti2.. Aamiiin. Sehat selalu ???

    • memez 28/12/2015 at 1:50 pm

      Bebe mama Jo yang kece… terima kasih banget yaaa

  3. dian_ryan 28/12/2015 at 8:40 am

    smangat mba Memez, smoga segalanya dimudahkan dan diberikan kelancaran dan berakhir dengan kabar baik πŸ˜€

    • memez 28/12/2015 at 1:49 pm

      Amin Amin Amin… terima kasih ya Dian πŸ™‚

  4. Goiq 28/12/2015 at 10:51 am

    semangat mbak

    • memez 28/12/2015 at 1:49 pm

      Terima kasih Mas Goiq yang keceee….

  5. isti thoriqi 28/12/2015 at 5:34 pm

    Iya, ternyata HSG engga sesakit yang banyak diomongin orang ya.
    Walo ternyata abis HSG itu aku pendarahan 3 hari berturut-turut soalnya pulang HSG langsung ngantor lagi. Hihi…

    • memez 28/12/2015 at 9:55 pm

      Aku Alhamdulillah abis HSG cuma flek sedikit tapi ngga sakit. Makanya bisa langsung ngantor

  6. Nuno 29/12/2015 at 6:51 am

    Semangat Mbak! S.E.M.A.N.G.A.T

    • memez 29/12/2015 at 11:00 pm

      TERIMA KASIH MAS NUNO…. Kiss kiss…

  7. pipit 31/12/2015 at 9:39 am

    semoga lancar dan usahanya berhasil, ya πŸ™‚ saya dulu pernah HSG juga… mulessssssssssss tapi syukurlah ga pake pingsan-pingsan kayak yang dibaca di blog πŸ™‚

  8. Anggra 26/04/2016 at 10:31 am

    Hai mba memez, salam kenal…
    Kebetulan banget nih baca thread ttg Program Hamil dengan Dr Caroline Tirtajasa, saya juga diberikan ke tiga vitamin tersebut oleh Dr Caroline… gimana mba hasilnya sekarang? apakah sudah hamil? *maaf jika kepo…
    Karena saya juga di infokan untuk beli obat di Dedri dengan harga yg hampir sama, tapi saya coba beli di RS itu ternyata di cover tapi hanya untuk 1 bulan… jadi 2 bulannya beli di luar

    • memez 27/04/2016 at 8:57 am

      Kita japrian aja ya biar lebih enak πŸ™‚

  9. ayu 15/08/2016 at 9:49 am

    hai mba memez, salam kenal…
    pas brosing soal program hamil dan ketemu thread yg menjabarkan pengalaman dengan dokter yg sama, jadi pengen tau gimana progress nya…
    hasilnya bagaimana mba? maaf kalo kepo…

  10. Memey 22/08/2016 at 7:44 am

    Hai.. kakak

    Salam kenal, tulisan kakak Sgt membantu sekali. Kebetulan saya juga baru promil di dokter Caroline…
    Ini sekarang lagi mau beli obat sama Dedri.. lumayan juga ya harganya..trs nt aq nunggu menstruasi baru hbs itu ke lab pramita
    Kakak terus bagi pengalamannya ya..
    Semangat selalu😊

    • memez 26/08/2016 at 9:16 am

      Terima kasih yaaa… sama-sama semangat yaaa

  11. ai wahyu 30/12/2016 at 3:14 pm

    Wah tulisan mba bikin aku semangat juga skrg aku juga jalanin promil di Prof.DR.Dr. Nursatuddin di awal bros makassar kata dok aku juga PCOS dan sama seperti mba memez di kasih diane ma plasminex juga semoga semua berjalan lancar dan kita di izinkan oleh Allah swt untuk jadi orgtua amin.

    • memez 02/01/2017 at 9:11 pm

      Yuk Semangattt….

  12. Inggar ayudya 09/02/2017 at 9:37 pm

    Mbak, mau tanya… wktu periksa Lab di saranin cek gula darah ngak? Klo iya biayanya brp/udh jd satu sm HSG biayanya ?
    Btw aku jg lg program hamil di rs yg sama dan dokter yg sama mbak…

  13. linda 20/02/2017 at 4:48 pm

    hai mba memez, aku juga sama nih baru mulai pemeriksaan ke dokter caroline. dan setelah period ini selesai aku juga mau hsg.
    plis, bantu jawab hsg itu sakit ga? nulis ini aja tangan ku udah dingin loh (mungkin mank lagi dingin aja x ya..hahahaha)
    dan pas masukin obat ke dub*r itu obat nya seperti peluru atau cair ya? aku belum pernah sama sekali masukin obat bgtu. tapi karena rumah ku jauh sepertinya aku ga bs masukin dirumah supaya ada yang bantu. jadi harus sendiri di lab nanti. gampang ga sih mba masukinnya??

    terimakasih