POST_HOLIDAY_SYNDROME

Saya dan suami baru saja kembali dari liburan selama sembilan hari. Rutenya sih Jakarta-Kuala Lumpur-Yangon-Bangkok-Kuala Lumpur dan kembali ke Jakarta. Nah, “penyakit” kalau habis liburan agak lama (iya buat saya dan suami yang orang kantoran yang susah cuti, ini lumayan lama) saya biasanya mengalami yang namanya Post Holiday Syndrome. Apalagi, sehari setelah liburan saya langsung kembali bekerja.

Buat saya Post holiday syndrome tuh ibarat gagal move on sama mantan pacar (iya lebay tapi susah ini)  kemudian teringat lagi kemarin jam segini lagi ngapain ya di tempat liburan :)) buat saya yang ritme kerjanya berpacu dengan waktu dalam hitungan detik, duhhh agak berat melewati post holiday syndrome ini. Tapi, sudah berkali-kali liburan masih gagal move on dari post holiday syndrome, kayaknya cemen banget ya. Nah dari pengalaman saya, kemudian saya punya tips dan trik untuk melewati post holiday syndrome ini :

1. Jangan langsung kembali beraktivitas rutin

Saya tuh biasanya memberi jeda untuk kembali ke pekerjaan. Minimal 1-2 hari, apalagi kalau liburan yang bikin jetlag. Saya juga selalu inget-inget pengalaman asyik selama liburan yang kemudian saya jadikan semangat buat kembali beraktivitas. Seringkali kalau galau karena capek bekerja, saya ngobrol sama suami (my travelmate) tentang pengalaman seru selama liburan.

2. Social Media

Selama liburan, beberapa kali (eh seringnya sih) saya upload foto ke sosial media, baik path, facebook, Instagram atau twitter. Kalau masih gaga move on dan terjangkiti rasa malas kembali beraktivitas, saya seringkali memandangi foto-foto ini.

3. Bereskan, Rapihkan, Catat!!!

Selama liburan, pasti dong ada bon bon, bukti pembayaran, sisa uang atau boarding pass. Nah, kalau memang mau disimpan, simpan di tempat khusus. Pisahkan dari dompet atau tas yang biasa dipakai sehari-hari. Kalau bisa sih catat berapa pengeluaran, biar makin sadar bahwa liburan butuh duit cukup banyak,  makanya harus kembali semangat bekerja :))) -ini tips paling ampuh buat saya-

4. Ngeblog

Buat saya menuliskan pengalaman selama liburan di blog ini, juga menjadi salah satu terapi paling ampuh untuk mengatasi post holiday syndrome. Selain bisa mengingat pengalaman, juga berguna bagi yang memang butuh referensi untuk liburan ke tempat tersebut.

5. Rencanakan Liburan Selanjutnya

Hahahaha…. ini nih jurus jagoan yang juga paling ampuh. Saya sih biasanya kalau pulang liburan jadi kecanduan mau liburan lagi. Kemudian mulai merencanakan deh mau kemana selanjutnya, walau jangka waktunya (mungkin) masih lama lagi, tapi merencanakan liburan selanjutnya jadi mood booster untuk kembali ke aktivitas rutin.

Mengalami post holiday syndrome juga seperti saya? jangan sedih. Menurut penelitian Psikolog dari Granada University Spanyol, post holiday syndrome atau post vacation blues ini normal kok. Untuk mengatasinya banyak hal, mulai dari sediakan waktu untuk me time sampai mengevaluasi prioritas dalam hidup.

gagal move onWajar ngga sih saya gagal move on gegara pemandangan cakep begini :)))

 

Lantas, seperti apa tips dan cerita kamu mengatasi post holiday syndrome? Sharing dong di komentar 🙂

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    11 Comments

  1. eviindrawanto 01/12/2014 at 8:33 pm

    Saya juga sering mengalami hal sseperti ini. Jadi namanya Post Holiday Sindrome ya? Terus kalau kangen ke tempat yg pernah kita kunjungi, bahkan sampai mencarinya di Google Earth, itu apa pula namanya? Hehehe…

    • memez 05/12/2014 at 6:03 pm

      senasib ya kita 🙂

  2. Pypy 05/12/2014 at 1:18 pm

    Dimana2 sama yah Mba Mez..huhuhh..

    • memez 05/12/2014 at 6:02 pm

      Hahahahaha…ngalamin juga ya

  3. dani 06/12/2014 at 5:22 am

    rencanakan liburan selanjutnya kayaknya bakalan jadi obat paling mujarab buat sayah mba. Hihihi. Sekalian pemacu semangat kerja biar dinilai bagus dan dapat extra bonus. Wkwkwkwkw..

    • memez 08/12/2014 at 10:57 pm

      Ah dani, kamu memang juara deh :))

  4. roswitha jassin 04/01/2015 at 1:25 am

    Hai mba memez salam kenal,kita ktemu di arisan ilmu kmrn

    • memez 04/01/2015 at 9:10 pm

      Hai Mak, slam kenal juga yaaa….

  5. -n- 06/01/2015 at 1:33 am

    bahahaha, berati aku sekarang juga lagi post-holiday syndrome dong yaaa (kan abis 9 bulan holiday di sydney 😆 ). tipsnya apaan ya? aku masih terjebak dalam sindrom ini, jadi blom bisa kasih tips spesial ala ndu.t.yke….. ntar kalo sudah sakseusss sembuh dan move-on, aku share deh tips-nya.

    • memez 06/01/2015 at 7:39 am

      itu sih obatnya balik lagi ke sana Mem 🙂

    • memez 06/01/2015 at 7:39 am

      Nanti kutraktir kalau ke Depok 🙂