Waktu mudik ke Bekasi minggu kemarin, alamakkkk… ke Bekasi aja dibilang mudik. Maksudnya, waktu mengunjungi mertua weekend kemarin, Ibu mertua sempat curhat tentang kondisi air di Bekasi. Fyi, buat yang belum tahu, mertua a.k.a Orangtuanya suami tinggal di daerah Bekasi Utara yang mana layanan air PAMnya kurang bagus. Airnya keluarnya netes-netes (kayak air mata… #LebayDetected)  dan ngga sepanjang hari, alias beberapa jam sehari saja.

 

Nah, untuk memenuhi kebutuhan air bersih di rumah, Ibu mertua sebenarnya lebih dahulu pasang pompa air ketimbang PAM. Tapi… Pompa air yang digunakan beberapa kali diganti. Mulai dari memang karena usia pemakaiannya yang sudah cukup lama (sorry… saya ngga tahu, berapa lama sih sebenarnya usia pemakaian pompa air ini?) pernah korslet, trus waktu musim kemarau airnya sedikit dan karena terlalu kuat menyedot, pompanya rusak. Yang lucu, pompa airnya pernah menyedot binatang sesuatu yang menyebabkan airnya agak bau….

Gegara pompa air ngadat ini, efeknya banyak loh. Mulai dari ngga bisa mengerjakan pekerjaan rumah kayak mencuci piring, mencuci baju sampai ngga bisa mandi. Saya sih inget banget, waktu dulu tinggal di Bekasi dan ada air gegara pompa airnya ngadat, saya sampai mandi pakai air mineral gallon  hahahahaha kalau inget kok saya miris banget ya. Dua gallon buat mandi aja….

Air ini memang kebutuhan paling penting di rumah tangga ya (selain listrik tentunya) Kalau ngga ada air di rumah, untuk minum bisa pakai air mineral gallon. Urusan cuci baju sih bisa diserahkan ke laundry kiloan. Urusan cuci mobil bisa diserahkan ke tempat cucian mobil. Tapi… kalau urusan mandi dan cuci piring? Ngga mungkin dong dialihkan ke tempat lain. Eh… ada sih selebriti yang pernah mengungsi di hotel gegara pompa air di rumahnya bermasalah 🙂

Salah satu alasan Ibu mertua masih bertahan menggunakan pompa air untuk mendapatkan sumber air, tentu saja karena harganya akan lebih murah ketimbang menggunakan jasa penyedia air. Apalagi…kalau air yang disediakan jasa penyediaan air bikin menguji kesabaran ya… Oiya karena sering banget gonta ganti pompa air ini, Ibu mertua punya langganan toko pompa air. Tapi, menurut saya sih sebenarnya kalau mau ganti pompa air, mendingan beli di toko online aja, jadi kita bisa membandingkan harga pompa air dari satu toko dengan yang lainnya.

Dari pengalaman Ibu mertua yang sering gonta-ganti pompa air, saya jadi punya tips nih kalau mau belanja pompa air dengan harga murah, diantaranya :

1. Pilih Merek Yang Biasa Dibeli 

Namanya juga sudah pengalaman banget soal pompa air ini ya, Ibu mertua biasanya sudah tahu merek yang akan dibeli. Juga patokan harganya. Nah…karena kalau beli di toko konvensional ribet, saya kemudian menyarankan beli pompa air di toko online yang bisa langsung dikirim dengan ojek online. Selain ngga perlu ribet ke tokonya, hemat waktu, hemat tenaga dan hemat uang juga dong, karena ngga perlu tarik urat buat tawar menawar.

2. Pilih Sesuai Kebutuhan Dan Jenis Pompa Air

Namanya pompa air kan banyak jenis, tipe dan mereknya. Kalau yang buat rumah dua lantai, tentu ngga perlu beli pompa air seperti yang buat gedung 30 lantai  ya…. Enaknya di toko online seperti Bukalapak, akan ada banyak pilihan tipe, jenis dan merek pompa air. Pilih sesuai kebutuhan ya biar ngga over budget

3. Pakai Voucher Yang Ada

Enaknya beli pompa air di toko online seperti Bukalapak adalah ada Voucher yang bisa digunakan untuk mendapatkan diskon. Namanya diskon juga variatif ya, bisa 10 persen sampai 50 persen… Kalau ada voucher diskon kan harganya jadi lebih murah yaaa… namanya Emak-emak ya, beda seribu dua rebu aja kan dikejar yaaa….  kalau ada voucher kan harga pompa air jadi lebih murah yaaa

4. Belanja Ketika Harbolnas

Biasanya sih kalau beli Pompa Air memang menunggu rusak ya? Atau memang ada yang stok kalau memang pompa airnya rusak, sudah punya cadangan penggantinya? nah, buat yang suka menyimpan stok, coba deh belanja pas harbolnas. Yup, Harbolnas jangan cuma belanja sepatu, baju, tas, kosmetik aja yaaa…. Kenapa pas Harbolnas beli pompa air, karena saat 12 Desember sampai beberapa hari ke depannya ini, harga di toko online seperti Bukalapak bisa murah bangett….

 

Kalau saya, dalam situasi apapun selalu mengusahakan untuk mandi walau cuma basahin badan, bahkan kalau perlu pakai air galon hahahahahaha… kalau kamu gimana? Punya pengalaman atau tips saat air kering atau tiris? bagi-bagi info dong di sini…..

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

Comments are closed.