Hujan deras di  Bogor, menyambut kedatangan saya dan suami, pada minggu pekan lalu. Suami pun mengurangi kecepatan mobil ketika kami sampai di depan rumah makan Bumi Aki yang terletak di jalan raya Pajajaran, Bogor. Antrean mobil terlihat jelas di depan restauran Bumi Aki.  Tak ingin menunggu lama, saya segera masuk ke dalam restauran, meski belum mendapatkan tempat duduk untuk makan siang. Tapi… saya mendapatkan pengalaman yang luar biasa saat antre ini….

Setiap makan bersama keluarga besar suami, saya selalu mendapat tugas tak resmi untuk memesan makanan yang disajikan. Tentu ini tidak mudah. karena saya harus mengingat makanan dan minuman yang menjadi kesukaan orangtua, adik, kakak sampai keponakan. Kalau untuk adik, kakak dan keponakan suami sih ngga susah. Yang agak susah adalah memesan makanan untuk Ayah suami. Maklum, beliau tidak makan daging, makan ayam hanya ayam kampung, pun kalau makan ikan harus yang benar-benar segar. Ditambah beliau sangat tidak sabar kalau antre. Maka, saat makan bersama saya dan suami harus memilih restauran yang sesuai, yaitu restauran keluarga, dan seringkali restauran yang menyajikan makanan sunda. Pilihan pertama tentu di jaringan restauran Bumi Aki.

Tampak depan Bumi Aki yang sejuk

Seperti saat makan di Bumi Aki, akhir pekan lalu. Saat itu di restauran Bumi Aki sangat ramai. Saya yang datang duluan langsung berinisiatif memesan menu makanan. Ketika orang tua, adik, dan keponakan suami datang, saya disergap kekhawatiran, mau menunggu di mana ini? Ehhh… ternyata, Akang dan Teteh yang bertugas melayani tamu di Bumi Aki sangat sigap. Seorang Akang mengantarkan Ayah mertua untuk duduk di deretan kursi dekat dapur dan dengan sigap langsung diberi minum teh tawar hangat yang menjadi pelepas dahaga perjalanan dari Bekasi ke Bogor. Sementara itu, dua keponakan saya bermain di fasilitas permainan anak yang ada di dekat pintu masuk.

Fasilitas permainan bikin anak-anak betah saat berkunjung ke Bumi Aki

Ibu mertua dan seorang Bude dari Bima, NTB yang ikut wisata kuliner kami kali itu buru-buru pergi ke Mushollah untuk menunaikan shalat zuhur. Untuk urusan Mushollah, Ibu mertua memang sangat kritis karena beliau tipe orang yang kalau sholat dan berdoa cukup lama, maka kenyamanan dan kebersihan mushollah sangat menjadi perhatiannya. Syukurlah, dua syarat itu terpenuhi di Bumi Aki.

Fasilitas Tempat Wudhu dan Mushollah di Bumi Aki Bogor

Paling nikmat makan sambil lesehan

Meski saat itu restauran Bumi Aki sangat penuh, rombongan kami tak menunggu lama. Makanan dan minuman yang saya pesan sebelum mendapatkan kursi pun, satu persatu mulai berdatangan. Akang dan Teteh yang melayani tamu di Bumi Aki seperti tahu benar, perut kami mulai keroncongan. Maklum saja, demi makan di sini, kami sengaja menyisakan ruang di perut. Alhasil, saat tiba kami benar-benar lapar. Dan ini dia makanan yang kami pesan….

Gurame Goreng di Bumi Aki

Menyantap menu ikan di Bumi Aki semacam sebuah keharusan. Meski favorit saya adalah Gurame Cobek, tapi hari itu saya harus berkompromi dengan dua keponakan dan saudara yang tidak suka makan lauk pedas. Untuk memenuhi hasrat menyatap makan lauk pedas, saya memesan sambal geladag.  Oiya, sekedar saran bagi Bumi Aki dan Bumi Nini, menu ikan diperbanyak dong….

Sambel Geladag yang pedasnya bikin nagih….

Untuk menu ayam sangat banyak variannya. Mulai dari ayam goreng, ayam goreng mentega sampai sate ayam. yang semuanya nikmat dan rasanya pas di lidah kami.

Ayam Goreng Mentega Bumi Aki yang jadi  favorit Suami saya

 Sate Ayam Bumi Aki yang jadi favorite kita semua…

Udang Goreng Tepung yang jadi cemilan tiga keponakan

Restauran Bumi Aki Adalah Restauran Favorite Keluarga Kami…. 

Yup, semua punya makanan favorite di Bumi Aki. Ayah mertua saya yang sangat pemilih dalam hal makanan, sangat suka dengan menu ikan balita yang ada di Bumi Aki. Saking sukanya, saya bahkan sungkan untuk meminta izin untuk memotret makanan kesukaannya itu. Sebenarnya, bukan hanya Bumi Aki yang menyediakan menu ini, tapi Ayah mertua paling cocok makan ikan balita yang ada di Bumi Aki.

Sementara itu, Ibu mertua suka banget sama tumis kangkung dan tumis toge ikan asin. Intan, adik ipar saya yang sedang hamil selalu memesan karedoknya yang pedas dan bikin mata melek….

Tumis Toge Ikan Asin kegemaran Ibu Mertua

Sementara itu, keponakan saya yang ganteng, Rezki, sangat suka dengan menu nasi goreng yang ada di sini. Lihat saja ekspresinya dalam foto ini…

Ekspresi Jangan Minta Nasi Goreng Aku….  🙂

Nasi Timbel Komplit kesukaan Widy, keponakan yang sudah abege

Tapi… dari semua menu yang jadi kegemaran keluarga kami, ada satu menu yang memang benar-benar paling kamu sukai, yaitu…. Sayur asem!!! ngga ada yang bisa mengalahkan rasa sayur asem yang ada di Bumi Aki, rasanya juara banget!!! Asemnya pas, ngga terlalu pedas, isinya komplit. Bahkan… kuahnya seringakli saya seruput sampai habis. Makanya ngga heran, kalau masing-masing bisa makan sayur asem semangkuk sendiri dan enggan berbagi dengan yang lain…

Sayur Asem yang rasanya juara….

Makan di Bumi Aki memang selalu bikin rindu, makanan dan minuman yang disajikan terasa spesial. seperti makan di rumah Aki atau Nini (Kakek atau nenek dalam bahasa sunda) Dan salah satu minuman yang wajib dicicicpi adalah bandreknya. Sebelum kedatangan kemarin, sinus saya kambuh, dua gelas bandrek panas yang saya minum berhasil mengurangi efek sinus saya yang kambuh, dan tidur saya pun nyenyak. Selain bandrek, Suami suka banget sama kopi yang ada di sini. Rasanya spesial menurut suami.

Bandrek di Bumi Aki yang bikin hangat tenggorokan

Tak hanya makanan utama dan minumannya yang sangat menggoda, di Bumi Aki juga ada menu cemilan yang bikin lidah tak kuasa bergoyang, karena legitnya. Salah satu kegemaran saya adalah Bandros, yang saya makan saat mengunjungi Bumi Aki yang terletak di Puncak, Bogor.

Foto Bandros keju yang sempat direpost akun IG Bumi Aki

Makan di Bumi Aki ngga perlu bingung pas bayar, karena diantara rumah makan sunda yang bertebaran seantero Jawa Barat, harganya paling terjangkau. Bahkan, teh tawar panasnya gratis, dan waktu saya makan di Bumi Aki di Bogor, ada welcome snack berupa keripik singkong yang enak.

Kelebihan lainnya adalah… kalau makan di Bumi Aki dan mengunggah di Instagram, ada diskon 5%. Lumayan kan… eits, diskon ini juga berlaku buat grup arisan loh, yang bisa mendapatkan diskon setiap senin-jumat dan minimal anggotanya 15 orang. Sambil makan, pengunjung bisa meminta lagu kesukaannya dinyanyikan oleh home band. Ibu mertua saya sempat request lagu Yale-Yale. Sambil makan Ibu mertua terlihat sangat senang lagu kesukaannya dinyanyikan… duh, ternyata bikin bahagia orangtua tuh simpel banget ya.

Habis makan di Bumi Aki, ngga lengkap rasanya kalau ngga mengabadikan momen di depan teko air mancurnya.

Ekspresi kekenyangan habis makan di Bumi Aki

Keponakan cantik dengan bill tagihan makan di Bumi Aki

Nah, itu pengalaman saya makan di Bumi Aki yang merupakan restauran favorite keluarga. Kalau kamu, apa sih yang jadi kriteria saat memilih restauran untuk makan bersama keluarga? Yuk cerita di sini….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bumi Aki Bogor

Jl. Raya Pajajaran Bogor No. 51, Bogor, Jawa Barat.  Nomor  Telpon : (0251) 8353819

Bumi Aki Puncak

Jl. Raya Puncak – Ciloto No 259, Jawa Barat.  Nomor  Telpon: (0263) 517711

Bumi Nini Puncak

Jl. Raya Puncak – Ciloto No 259 Jawa Barat. Nomor  Telpon : (0263) 522202

Bumi Nini Cisarua

Jl. Raya Cisarua KM 18 No. 18, Cisarua, Jawa Barat.   Nomor  Telpon : (0251) 8252888

Bumi Aki Cianjur

Alamat : Jl. Raya Ciwalen – WarungKondang, Cianjur, Jawa Barat,No. Telp : (0263) 2284259

Sosial Media Bumi Aki dan Bumi Nini

 

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    21 Comments

  1. Sri Rahayu 31/03/2017 at 4:28 pm Reply

    Tempatnya asik yaa.. itu sambel geladagnya menggoda banget

  2. Tika Hapsari Nilmada 31/03/2017 at 4:32 pm Reply

    Jadi penasaran coba makan di sini juga.

  3. ningsih 31/03/2017 at 4:32 pm Reply

    Asik banget. Bolehlah nnanti dicobain 🙂

  4. Nuno 31/03/2017 at 4:56 pm Reply

    Kebayang riweuhnya foto2 makanan di tengah acara makan bareng ebes2. “Meeez…udah beloom fotonyaaaah??” Hahahahaha.

    Etapi beneran makanannya bikin ngiler laaaaaah

  5. Dewi Rieka 31/03/2017 at 4:56 pm Reply

    Wahh bapak saya cari bandros ni mba, meluncur kesana ahhhh..

  6. roswitha jassin 31/03/2017 at 5:00 pm Reply

    Duh ngilernya liatnya aku nih mez apalagi liat sate ayam n sambel nya sedaappp

    • memez 02/04/2017 at 11:11 pm Reply

      syedap banget nih….

  7. Timo 31/03/2017 at 5:05 pm Reply

    Makanannya idola nih … Apalagi gurame gorengnya :9

    • memez 31/03/2017 at 9:46 pm Reply

      Gurame gorengnya memang juaraaa….

  8. Arni 31/03/2017 at 5:30 pm Reply

    Itu nasi timbel komplit kok menggoda ya. Besok2 klo ke bumi aki lagi mau ah nyobain nasi timbelnya

    • memez 31/03/2017 at 9:46 pm Reply

      Yup… nasi timbelnya memang juara…

  9. Jade Ayu 31/03/2017 at 5:50 pm Reply

    Waaa… Bumi Aki yg d bogor bagus yaa. Rumah2annya pasti bs bikin anak2 anteng tuh. Kapan2 bolehlah mlipir ksitu. Pgn cobain sambel geladagnya. Haha..

    • memez 31/03/2017 at 9:42 pm Reply

      Setuju banget BuYu… anak-anak pasti anteng di sini. Sambel geladagnya memang enak banget…

  10. Isma 31/03/2017 at 8:19 pm Reply

    Wah boleh tuh jadi wisata kuliner keluarga Gw selanjutnya…penasaran sama gurame gorengnya

    • memez 31/03/2017 at 9:26 pm Reply

      Wajib banget coba makan disini. Nyokap lo pasti senang banget ma…

  11. fika anaira 31/03/2017 at 8:35 pm Reply

    andai dekat sama SUrabaya aku pasti mampir. Menunya enak dan harganya sesuai ya mba 😀

    • memez 31/03/2017 at 9:26 pm Reply

      Yup, menunya enak dan harganya terjangkau nih…

  12. Hastira 01/04/2017 at 3:52 am Reply

    wah enaknya , juga tempatnya nyaman ya, kaayknay sih sudah terkenal ya punya banyak cabang

    • memez 02/04/2017 at 11:06 pm Reply

      Setuju banget. rasanya pas dengan lidah dan harganya terjangkau. Ngga heran cabangnya jadi banyak…

  13. Retno 01/04/2017 at 4:51 pm Reply

    sambel geladag…jadi penasaran soalnya disini ga ada, atau beda nama? nice sharing mba…aku mau googling sambeel geladag dulu…

    • memez 02/04/2017 at 11:05 pm Reply

      Yuhuuu dicoba sambal geladagnya yukkkk…

Leave a Comment




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.