Pangkas Rambut Laki-lakiSalah satu kegiatan yang sering banget gue dan Miswa lakukan ketika akhir pekan adalah… mengantarnya ke tukang cukur alias barber shop kekinian. Letaknya sih dekat rumah, tapi antrinya ampun deh. Miswa bisa cukur disini 2-3 minggu sekali. Selain karena rambutnya cepat banget tumbuh, belakangan Miswa juga merasa rambutnya mudah  banget rontok. Benarkah karena faktor usia atau justru karena pemakaian produk perawatan yang ngga tepat ya???

Saking seringnya melihat rambutnya rontok, Miswa pernah bilang kayaknya dia butuh obat penumbuh rambut. Hihihiiii… masa iya sih? Tapi, memang ngga ada salahnya sih melakukan perawatan ekstra pada rambut. Karena apa? Karena ada aja laki-laki yang kadang merasa kurang ganteng kalau perlahan rambutnya menipis dan botak.

Memakai obat penumbuh rambut bagi laki-laki atau wanita, sebenarnya sih sah-sah saja ya. Tapi, menurut pengalaman, untuk mengoptimalkan hasil dari perawatan rambut, sebaiknya kita juga  menciptakan kondisi yang mendukung. Misalnya nih, menghindari beberapa kebiasaan buruk seperti berikut ini :

1.Berganti-ganti Shampo

Jangan pernah gonta-ganti Shampo.  Apalagi membeli shampo sekaligus dalam jumlah banyak untuk jenis shampo yang dirasakan cocok bagi rambut dan kulit kepala. Misalnya nih, tergiur ingin mencoba sebuah produk Shampo yang seperti diiklankan, cukup beli ukuran yang botol kecil atau justru sachet, dan gunakan untuk sekedar uji coba saja.  Jika tidak muncul reaksi yang mengganggu kenyamanan maka shampo tersebut cocok dengan rambut yang dimiliki.

2. Menyisir terlalu keras,

Sering merasa kesal ketika rambut kusut dan merasa butuh banyak waktu untuk menyisirnya? Sabar ya.  Sesibuk apapun atau tengah diburu waktu yang tidak bisa diajak kompromi. Bukan berarti membuat kita merasa sudah mengupayakan maksimal dari pemakaian obat penumbuh rambut. Tahu ngga sih kalau terlalu keras menyisir sambut justru akan merusak kekuatan rambut karena merusak kesehatan akar rambut tersebut. Dan akibatnya malah akan menjadi fatal, ngga mau kan mengalami kebotakan???

 3.Mewarnai rambut dengan bahan kimia,

Pernah tergiur untuk mewarnai rambut? Gue pernah. Yang ada malah rambut rontok dan gue alergi sama cat rambutnya #Pedih #Curcol. Sebenarnya, mewarnai rambut boleh saja dilakukan namun jangan terlalu sering berpindah warna. Sebab bagaimanapun juga pewarna rambut memiliki kandungan bahan yang tidak alami atau kimia. Jika terpapar terlalu sering dengan rambut, maka kondisi awalnya sehat perlahan bisa semakin memburuk. Beberapa bahkan menjadi rapuh dan mudah sekali rontok sehingga nyaris tidak ada lagi yang bisa diwarnai.

 4. Sering menggunakan hair dryer,

Nah ini yang biasanya seringkali gue lakukan. Padahal, kalau ngga buru-buru banget, sebaiknya minimalisir penggunaan hair dryer dan sesering mungkin  lakukan perawatan.  Pemakaian hair dryer Meski cukup membantu menghemat waktu dan tenaga, namun pemakaian jangka panjang. Kelembaban alami rambut akan menguap bersama air yang dikeringkan. Perlahan rambut menjadi kering, menipis, dan sebagainya sehingga tidak terlalu membantu dengan menggunakan penumbuh rambut bahkan yang mahal sekalipun.

Keadaan yang membuat Miswa merasa rambutnya mudah rontok, membuat dia giat melakukan perawatan khusus, kayak hair spa. Tapi, kalau sehari-hari sih paling cuma sisiran dan pakai pomade sedikit. Kalau kamu cerita dong, biasanya “obat ganteng” atau “obat cantik” buat rambut pakai apa????

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    15 Comments

  1. ndu.t.yke 04/02/2016 at 2:22 pm

    3.Mewarnai rambut dengan bahan kimia,

    >> temenkuuuu! pernah dulu ngewarnain rambut pake merk yg harganya 5ribuan (beli di minimarket), huahahaha…. aku yg takut… jangan2 pas besok bangun tidur, rambutnya rontokkk….

    tp alhamdulillah nggak knapa2. semoga skrg dia sudah tobat 😆

    • memez 05/02/2016 at 8:40 am

      memang kudu tobat kalau mewarnai rambut 🙂

  2. riawani elyta 04/02/2016 at 8:48 pm

    1-4 nggak pernah sih. Tapi asal udh lewat bahu aja mulai deh rambut rontok. Jadi kalo saya yang paling utama itu rambut gak boleh panjang hehe

    • memez 05/02/2016 at 8:40 am

      Nice tips 🙂

  3. Jade Ayu 04/02/2016 at 10:04 pm

    Satu lagi Mez. Genetik. Susye deh klo keturunan rambut rontok..

    • memez 05/02/2016 at 8:39 am

      Hahahahah benar juga ya BuYu…

  4. Molly 05/02/2016 at 11:46 am

    No 1-4 memang kudu dihindari mba, dan paling penting kayaknya juga hindari makanan yang kadang bisa memperparah kerontokan rambut (makanan terlalu pedas, terlalu berminyak). Sedikit tips dari mantan owner salon mba… hihihi :D.

    • memez 08/02/2016 at 8:29 pm

      Hihihiiii tengkyuuu…

  5. Ratna Dewi 05/02/2016 at 1:35 pm

    Kalo rontoknya masih wajar sih biasanya dibiarin aja mbak soalnya kan setiap hari rambut kita memang rontok sampai 100 helai. Tapi kalo aku seringnya karena pengaruh hormon, kalo hormon prolaktinnya lagi tinggi, rambutnya rontok.

    • memez 08/02/2016 at 8:28 pm

      Sebenarnya sih masih normal, cuma kadang miswa merasa khawatir gitu 🙂

  6. Rudi 05/02/2016 at 6:07 pm

    Pake bubuk kopi mez…. insya allah numbuh dan gak rontok lg… Gunakan setiap mau mandi diamkan sekitar 20 menit baru bilas deh..

    • memez 08/02/2016 at 8:28 pm

      Nanti dicoba yaaa

  7. irmasenja 09/02/2016 at 7:50 pm

    Aku masa mulai ada uban meski beberapa helai, jgn2 krn suka mewarnai rambut ya mak ?? *_*

    • memez 10/02/2016 at 9:52 pm

      nah, aku juga begitu mak irma. Uban karena mewarnai rambut…

  8. Pypy 29/02/2016 at 3:39 pm

    Si ai paling ribet urusan cukur bgini.. Soale dia dah langganan dikaret, alasannya karna skalian bisa rapihin jambang..Haha.. Yg disekitar rumah skrg ga ada.wkwkw