photo TAPEULI4_zpscdbdd1dd.jpgDi suatu hari minggu usai ziarah ke makam Mamah, Papah saya mengajak makan siang sambil bernostalgia. Karena buat saya weekend itu family time, jadi saya membiarkan Papah memilih makan siang di Rumah Makan Tape Uli yang terletak di Jalan raya Bogor. Kalau melihat bangunannya yang biasa banget, saya jadi penasaran. Apa sih istimewanya tempat ini?

Saat memasuki rumah makan ini, kami disambut pria tua berusia 70an yang mencatat pesanan kami. Karena jam makan siang dan pingin mencicipi semua makanannya, saya pesan Sop Iga (28K), Soto Betawi (28K), Sate Uli Bakar (13K), Tape Uli (13K) dan asinan buah (12K).

 photo TAPEULI7_zps908bfb47.jpgSate uli sih sebenarnya modifikasi menu dari uli ketannya. Rasanya, luar biasa banget. Gurih, empuk dan porsinya pas. Bumbu kacangnya lembut banget. photo TAPEULI5_zpsb5aead06.jpg

 photo TAPEULI6_zps2ff78b16.jpgSop iganya juga juara banget. Walau iganya sedikit, tapi empuk. Bumbunya berasa pas. Sementara itu soto betawinya walau bersantan, rempahnya berasa pas.

 photo TAPEULI3_zps62828bc1.jpgasinannya sih standar ya, pedas dan asem. Walau buahnya kurang variatif.

Selain dijadikan makanan, ketan ulinya juga diolah menjadi es tape uli (13K). Jadi ulinya dipotong kecil dan dicampur dengan ketan juga es. Aih syedap banget deh….
 photo TAPEULI8_zps80b754c8.jpg

Dengan kelezatan makanan di rumah makan yang terbilang sederhana ini, saya kemudian tak meragukan pilihan Papah. Tapi, ternyata ada cerita lain tentang rumah makan ini. Jadi, tahun 1950-an ketika jalan raya Bogor menjadi satu-satunya jalan menuju Bandung, Papah seringkali makan di sini bersama Eyang Kakung saya. Waw, terbayang sudah begitu lamanya rumah makan ini berdiri. Kalau menurut Papah si mereka berhasil meneruskan tradisinya.

Saat membayar, saya sempat ngobrol dengan kasirnya yang ternyata merupakan keturunan ketiga pemilik rumah makan ini. Dia bilang salah satu penyebab rumah makan ini cenderung tak berkembang adalah sulitnya mencari orang yang benar-benar bisa membuat uli. Dan, pria tua yang melayani pesanan kami, ternyata juga merangkap menjadi pembuat uli. Dialah pembuat uli sejak rumah makan ini berdiri. Sayang, waktu diajak ngobrol papah, pria ini sudah kurang jelas mendengar.

Makanya sambil tetap menjaga warisan leluhurnya yang memiliki resep tape dan ketan uli yang begitu nikmat ini, Ia berusaha tetap menjalankan dan mengembangkan rumah makan ini.

Dan puas menyantap berbagai makanan di sini, jangan lupa untuk membeli tape uli yang siap dijadikan oleh-oleh. Selain itu, mereka juga menerima pesanan tape uli untuk acara khusus.  photo TAPEULI9_zps7e64c8e4.jpgDari hasil petualangan lidah di rumah makan TAPE ULI Cisalak, inilah penilaian saya :

PLUS +++++++

1. Rasanya pas

2. Harganya terjangkau

3. Pelayanannya ramah

MINUSΒ  – – – – – – – –

1. Interiornya biasa banget. Tidak menggambarkan bahwa rumah makan ini begitu legendaris.

2. Pelayannya hanya 1-2 orang. Jadi agak lama melayaninya.

3. Peralatan makan yang digunakan tak istimewa, bahkan ada yang sudah gompel pinggirannya.

 

Rumah Makan TAPE ULI Cisalak

Jl Raya Jakarta-Bogor Km 32. Cisalak 16416

Telp 021-8719093

 

 

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    13 Comments

  1. Dani 19/09/2014 at 8:14 am

    Wuaaaah, bacanya aja dah bikin ngiler Mba. Ulinya kayaknya enak bener itu. Rasa gurih-gurih nya itu.. Hahahaha. Beneran ngences ini mah.. *lap iler*

    • memez 19/09/2014 at 4:39 pm

      Dijamin enak dan ngga nguras kantong ini πŸ™‚

  2. Nurul Rahmawati 19/09/2014 at 4:34 pm

    Mouth watering bingits. Mauuuuu mauuuuu

    • memez 19/09/2014 at 4:39 pm

      Ayo dicoba πŸ™‚

  3. Pypy 19/09/2014 at 4:53 pm

    Makan sebanyakk itu cuma 136 rebu?? Huwooo.. Jadi pengen nyobain.. Review nya juga menarik..hehe. Makasih mba Mez udah sharing.

    • memez 23/09/2014 at 11:08 pm

      beneran 136ribu. Murah meriah hore….

  4. Indah Juli 19/09/2014 at 6:30 pm

    Huaaaaaa, ngiler, pengen dan kangen makanan ini πŸ™‚
    Harga sesuai rasa ya, mbak Memez πŸ˜€

    • memez 23/09/2014 at 11:07 pm

      Yuk cobain mba, kirim ke jogja yaa :)))

  5. santi 24/09/2014 at 10:13 am

    oot
    mbak memes, kmrn ikutan fdn blogger workshop kah? kayaknya ngeliat deh pas di restonya.. mau nyapa tp takut salah sm ga pede, hihihihi πŸ˜€ πŸ˜€

    • memez 06/10/2014 at 9:32 pm

      Hiksss kok ngga nyapa sih :((( aku suka bingung kalau banyak orang begitu

  6. Keke Naima 01/10/2014 at 11:01 pm

    waaa. murmer banget harganya. Apalagi ada sop iga segala πŸ™‚

  7. santi 07/10/2014 at 3:11 pm

    mbak memez, oot yaaa.. kayaknya pas fd blogger workshop ngeliat mbak memez deh, hihihi.. mau nyapa takut salah πŸ˜€ πŸ˜€

    • memez 07/10/2014 at 5:09 pm

      Hihihi…. next kita ketemu harus saling sapa ya πŸ™‚