Libur tlah tiba… Libur tlah tiba…

horey… horey…horey….Β  #Nyanyik

Ngga sabar deh rasanya menanti liburan tiba. Apalagi, Saya dan Resky sudah janjian untuk liburan ke Malang, dengan naik kereta api.

Hah, dari Jakarta ke Malang naik kereta api?

Jauh? Iyalah.

Lama? Lumayan juga.

Tapi, demi sebuah petualangan, boleh dong sesekali coba cara yang tidak biasa.

Rencananya, saya, Pak Suami dan Resky memang mau ke Malang dengan kereta api.

Saya harus putar otak nih, gimana supaya bisa tetap nyaman selama di perjalanan dengan menggunakan kereta api ya….

Sebenarnya Resky anaknya tergolong kooperatif kalau bepergian. Ngga rewel, ngga menyusahkan, paling-paling dia akan banyak bertanya sepanjang jalan. Yang tentunya saya harus siap dengan segala jawabannya πŸ™‚

Berhubung saya Newbie Mom, saya banyak bertanya-tanya pada BuIbu yang berpengalaman. Nah, dari hasil tanya-tanya, ini dia lima tips kalau mau mengajak anak bepergian dengan kereta api….

1. Sampaikan Rencana Perjalanan Sejak Jauh Hari

Saya selalu berkomunikasi dengan Resky tentang apa yang akan kami lakukan bersama kalau bepergian. Dan, salah satu hal yang saya komunikasikan dengan Resky adalah tentang rencana kita untuk naik kereta api ke Malang. Resky kemudian bertanya perjalanannya berapa lama, lewatin kota apa saja, perginya malam atau pagi, dan berbagai pertanyaan lainnya yang tentu saya harus siap dengan jawabannya.

Menjelaskan ke Resky Tentang Bagian Dari Kereta Api

Kenapa harus menyampaikan rencana perjalanan sejak jauh hari? Wow, itu penting banget menurut saya. Biar anaknya ngga kaget dan siap dengan keadaan. Bahkan, saya sampai buka berbagai video di Youtube bagaimana suasana saat perjalanan naik kereta api, dan Resky malah jadi antusias banget πŸ™‚

2. Siapkan Mainan Secukupnya

Namanya anak-anak, saat perjalanan jauh pasti akan bosan. Saran saya sih bawain mainan, tapi secukupnya saja.Β  Kalau Resky biasanya bepergian jauh bawa mobil-mobilan 2-3 biji saja dan buku cerita. Maklum aja ya, saya kan termasuk emak-emak yang ngga mengizinkan anaknya main gadget. Selain melarang Resky main gadget, Resky ngga punya gadget sendiri. Ada juga hape saya dan pak Suami, yang Resky juga ngga tertarik memainkannya.

Resky dan salah satu mainan favoritnya, Lego Helikopter

Nah, kalau perjalanan panjang dan sudah cukup bosan. Biasanya saya, pak Suami dan Resky main sambung kata, yang kalah disentil hahahahaha….

Kalau selama perjalanan, anak-anak masih bosan juga….coba deh MengajakΒ  si kecil jalan-jalan ke gerbong lain. Selain menghilangkan penat, juga bisa menjadi alternatif agar anak-anak ngga rewel. Memang enaknya naik kereta adalah bisa jalan-jalan ke gerbong lain, apalagi kereta sekarang sudah dilengkapi dengan gerbong Restorka yang menyediakan banyak makanan dan minuman yaaa πŸ™‚

3. Beli Tiket Sendiri Buat Anak

Walaupun anak-anak tiga tahun ke bawah, ngga perlu beli tiket kereta api, tapi ngga ada salahnya kok kalau dibelikan….

Tujuannya, mereka akan lebih nyaman duduk dan punya ruang tersendiri. Lagian, saya juga kayaknya bakalan beli tiket khusus buat Resky, karena ngga mungkin belasan jam memangkunya.

Latihan naik kereta api di Museum Kereta Api Ambarawa πŸ™‚

Ketika anak sudah lelah, kursi tersebut bisa diubah menjadi tempat untuk tidurnya yang nyaman ya…

Harga tiketnya gimana? duh jangan sedih deh, karena ada banyak promo tiket kereta api di Traveloka. Beli tiket buat anak pun jadi terasa lebih ringan.

4. Pastikan Anak Berangkat Dalam Keadaan Sehat

Namanya anak-anak, kalau sakit ngga bisa dihindari ya…. Tapi, sebisa mungkin ketikaΒ  akan bepergian dengan kereta, pastikan anak-anak dalam keadaan fit dan sehat. Soalnya perjalanan jauh ya, mereka kudu nyaman di dalam gerbong kereta…

Gayamu Nakkkk…. πŸ™‚

Nah, bagaimana membuat anak nyaman di dalam kereta? Siapkan jaket, kaos kaki dan kalau perlu topi untuk menghangatkan badan ya Mom. Kalau soal selimut dan bantal sih jangan khawatir, disiapkan kok di kereta, walau dengan menyewanya… Tapi, daripada ribet bawa-bawa selimut dan bantal dari rumah, kalau saya sih mendingan sewa aja πŸ™‚

 

5. Sediakan Makanan Kesukaan Anak

Mengasuh Resky membuat saya sadar bahwa anak ini makannya banyak banget hahahahahaha -Bayangin aja, dia bisa makan lele tiga ekor sekaligus πŸ™‚ – Makanya, kalau bepergian, saya memastikan dia makan dulu biar perutnya terisi. Eits, ngga cuma itu sih. Makanan berat seperti nasi, semi berat kayak roti atau donat juga makanan riangan kayak biskuit, dan susu juga saya siapkan. Tujuannya, biar ngga crancky karena kelaparan ya… Thank Godnya, sekarang di Kereta api ada gerbong Restorka yang makanannya cukup variatif dan harganya terjangkau yaaa..

Urusan makan, Resky dan Pak Suami juaranya…. team laper melulu πŸ™‚

Berhubung rencana liburan saya, pak Suami dan Resky makin dekat, saya sudah mula pesan tiket kereta api nih.

Buibu…. punya tips lain bagaimana agar anak nyaman melakukan perjalanan dengan kereta api? SAtau punya cerita unik saat mengajak anak naik kereta api? Sharing di sini yaa….Β Β Β Β  πŸ™‚

 

 

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    11 Comments

  1. gita siwi 15/10/2018 at 12:10 pm Reply

    Hahaha resky dan papanya dengan kantong kresek penuh makanan kok kayak tertawa aman nyaman ya hahaha. Happy family dear…

    • memez 16/10/2018 at 11:06 pm Reply

      Hahahahaha mereka berdua yang penting sih makan Mba πŸ™‚

  2. Nurul Sufitri 15/10/2018 at 1:34 pm Reply

    Asik ya ke Museum Kereta Ambarawa. Banyak ceruta bersejerahnya. Bisa juga foto2 keren. Pengalamanku ajak anak2 naik KA ke Malang tuh yg penting beri pemahaman bahwa perjalanan yg ditempuh sangat panjang jd kudu sabar sampai tujuan. Persiapan perbekalan yg buanyaaakk haha eh kan kalo kurang bs beli nasgor dll di KA enak juga ada teh, kopi dll. Yg penting lg soal toilet BAK dan BAB ini yg paling rempong sih tapi hrs dijalani namanya jg pelajaran riil hehehe πŸ˜†πŸ˜˜

  3. Tina Sindi 15/10/2018 at 11:15 pm Reply

    Tips nya sama persis ketika saya selalu mudik dengan anak, ketika mereka masih kecil. Maklum anakΒ² masih labil. Jadi biasanya kalau agak lama diperjalanan suka bosan. Ya ini tips ampuh seperti yg mba memez share. Semoga bisa diterapkan nih buat ibuΒ² yg anaknya masih kecil

  4. Rach Alida Bahaweres 16/10/2018 at 11:22 am Reply

    Anakku baru sekali naik kereta mba dan dia suka banget. Apalagi kan nyaman banget kereta api skarang. Anak anak bahkan jalan jalan saat si kereta. Bawa camilan banyak tuh wajib banget. Hehhhehe

  5. April Hamsa 16/10/2018 at 10:23 pm Reply

    Huwaaa Malang 17 jam (kalau ekonomi hehe).
    Pernah ajak anak2 naik KA ekonomi ke Sby mayan 14 jam, untungnya gak rewel, tapi makanan kudu banyak stoknya πŸ˜€ Trus sengaja pilih yg siang or sore agar mereka cepet istirahat dan bobo selama di kereta πŸ˜€

  6. Dewi Nuryanti 16/10/2018 at 11:03 pm Reply

    Aku tuh paling ribet klo jln2 hrs bawa anak. Bawaannya segambreng dan lebih capek ternyata. Lebih suka naik busway-pluit

  7. mira utami 16/10/2018 at 11:09 pm Reply

    jadi ingat momen Babam uaia 6 bulan diajak naik kereta. jadi baca ini pengen naik kereta lagi dan abang antusias yah cerita mengenai kereta

  8. Eskaning Arum Pawestri 16/10/2018 at 11:46 pm Reply

    Aku pengguna setia kereta api mba MeZ! Hampir setiap beberapa bulan sekali pulkam naik kereta api tut tut tut… dari mulai bawa anak masih baby sampai usia 2 tahun, belum ada tiket sendiri, kudu bawa mainan kesukaan dia, dan sering-sering ajak dia jalan sepanjang gerbong biar nggak Bete. Hehe

  9. Elva Susanti 17/10/2018 at 1:20 am Reply

    Belum punya pengalaman sih mbak, namun saya melihat ipar yang bawa anaknya naik kereta api ya siapin mainan agar anak gak boring, juga camilan harus sedia banyak

  10. Eni Martini 11/11/2018 at 9:03 pm Reply

    Pengen bawa anak anak pulkam ke yogya naik kereta karena belum pernah anak anak naik kereta jarak jauh gini. Makasih tipsnya bunda Menez

Leave a Comment




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.