ChilliGue penyuka sambal.

Suka banget, bahkan bisa dibilang sebagai penggila.

Makan kalau ngga pakai sambal tuh rasanya ngga asyik. Ngga afdol. Ngga berhasrat untuk nambah #PentingBangetIni

Karena itu, gue selalu bikin sambal sendiri. dan salah satu sambal kegemaran gue adalah sambal matah. Yang bikinnya…. gampang!!!!

Sambal matah ini sebenarnya resep sambal mentah terkenal banget dari Bali. Makanya, kalau makan di Bali selalu disajikan sambal matah. Ngga hanya sebagai pelengkap, tapi juga sebagai menu utama yang selalu ada.

Resep sambal matah ini sebenarnya ada dua versi. Versi pertama pakai kecombrang, dan versi kedua ngga pakai kecombrang. Nah, karena saat bikin sambal matah ini gue ngga sempat beli kecombrang, akhirnya beginilah resep dari gue.

sambal matahKarena gue suka pedas, tentu yang dominan adalah cabainya. Oiya, foto di atas hanya ilustrasi aja, karena gue motretnya setelah gue bikin Sambal Matahnya. Ini komposisinya ya :

– 15 cabai rawit merah.

– 10 bawang merah.

– 2 batang serai

– 10 lembar daun jeruk

– garam

– Minyak goreng.

 

Cara Bikinnya Gampang Banget!!!!

1. Kupas bawang merah.

2. Cuci bawang merah, cabai rawit merah, daun jeruk serta batang serehnya.

3. Iris tipis bawang merah, cabai merah dan sereh. Untuk daun jeruknya potong dengan menghilangkan tulang daunnya.

4. Kalau sudah diiris, campur garam, cabe rawit merah, daun jeruk, batang sereh dna bawang merah di wadah. jangan wadah plastik ya, karena nanti akan disiram minyak panas.

5. Setelah dicampur, remas-remas biar agak layu semua bahannya. Campur garamnya.

6. Panaskan minyak. Nah, pas minyak mendidih, diaduk semua sampai tercampur rata.

7. Untuk mengaduk gunakan sendok kayu. Kalau mau diaduk dengan sarung tangan plastik, jangan pas minyak panasnya dimasukkan, bisa melepuh tangannya nanti.

Praktis banget kan……

Nah, biasanya gue bikin sekaligus banyak dan gue simpan di toples kayak begini. Kalau sudah ada sambal begini, cukup pakai nasi panas dan tempe goreng ketumbar, bisa nambah deh. Glek!!!! Jadi lapar kan gue πŸ™‚

sambal matah2Setelah sedikit adem, toplesnya segera ditutup dan dimasukkan ke kulkas. Biasanya bisa bertahan dua sampai tiga minggu. Dengan catatan lima belas menit sebelum makan dikeluarkan dahulu dari kulkas.

Btw, cerita dong kalau kamu suka sambal ngga sih? Biasanya sambal apa?

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    20 Comments

  1. Molly 23/09/2015 at 11:52 am

    Aku juga doyan sambel matah mak, pedes-pedes seger gitu… glek langsung lapaaarr !

    • memez 24/09/2015 at 8:42 am

      laperrr….. #sodorin nasi

  2. Tiananda 23/09/2015 at 12:45 pm

    Menggoda selera bangeet mak! Bookmark dulu deh, nunggu beli kecombrang πŸ˜€

    • memez 24/09/2015 at 8:42 am

      Aku malah belum pernah bikin pakai kecombrang…

  3. gustyanita pratiwi 23/09/2015 at 2:18 pm

    pas banget ni mb memez…aku lagi pingin bikin e nemu tulisan mb hehhe

    • memez 24/09/2015 at 8:41 am

      hihihihihi dicoba yaa….

  4. pipit 23/09/2015 at 5:33 pm

    kalau ga masuk kulkas tahan berapa lama?

    • memez 24/09/2015 at 8:41 am

      Belum dicoba nih. Mungkin sekitar 3-4 hari ya…

  5. Yeye 23/09/2015 at 7:12 pm

    Nyam2 banget Mezz πŸ˜€

    • memez 24/09/2015 at 8:41 am

      #NambahNasi

  6. echaimutenan 24/09/2015 at 12:04 am

    endessss
    kayak sambel bali ya
    mintaaak

    • memez 24/09/2015 at 8:40 am

      endeuss banget. Beliiiii yaaa hahahahhaaa

  7. Fardelyn Hacky 24/09/2015 at 1:29 am

    Akuuuuuuu mbak, penggemar sambal juga. Bahkan tingkat super pedas. Aku merasa ada yang kurang kalau makan nggak terasa pedasnya, wkwkwk…
    Thanks mbak udah share resepnya. Mau coba ah kapan-kapan

    • memez 24/09/2015 at 8:40 am

      Nanti aku share sambal bawang ya.. itu bikin pingin makan melulu :))

  8. HM Zwan 24/09/2015 at 8:03 am

    aku belum pernah bikin sambel matah,seringnya sambelnya diulek gitu mak..coba ah kapan2,penasran

    • memez 24/09/2015 at 8:40 am

      ini sambal anti repot. cukup diiris aja πŸ™‚

  9. roswitha jassin 25/09/2015 at 11:52 pm

    Mez bikinin mez puhlissss πŸ˜€

    • memez 26/09/2015 at 8:03 pm

      30ribu ya hahahahaa….

  10. Pypy 29/09/2015 at 9:42 am

    Jadi pengen ambil nasi putih yg baru mateng deh dicampur sambel keknya enak bgt ya πŸ˜€

    • memez 29/09/2015 at 4:11 pm

      memang enak banget… akupun sampai nambah πŸ™‚