Rumah Memez

Cerita Memez / Masak Itu Gampang

Masak Itu Gampang : Resep Kue Bolu Ketan Hitam Kukus

Dulu… iya dulu banget, saya tuh lumayan sering banget bikin kue bolu.

Mulai dari kue caramel alias kue sarang semut sampai kue ketan hitam.

Menurut saya sih, bikinnya gampang banget. Dan relatif ngga pernah gagal.

Nah, kalau kue caramel harus di oven alias dipanggang. Kalau kue ketan hitam ini bisa dipanggang, tapi juga bisa dikukus.

Nah, suatu hari di bulan Ramadhan yang indah dan cerah ceria…. #LebayDikit saya akhirnya punya semangat dan kekuatan untuk membuat kue ketan hitam kukus lagi.

Loh… kenapa???

Sebenarnya kalau lagi makan kue ketan hitam kukus, saya inget banget sama Almarhumah Mamah saya. Beliau yang mengajarkan saya bikin kue juga memasak. Nah, salah satu kue yang jadi andalan ya… bolu kukus ketan hitam ini. Karena bikinnya mudah banget. Oiya, saya share resepnya nih ya…

Resep Bolu Kukus Ketan Hitam

– Empat Butir Telur

– Gula 100 gram (saya memang ngga suka terlalu manis)

– Tepung Ketan Hitam 250 gram

– Mentega 100 gram dicairkan

– 200 ml santan kemasan

– 1 sdm SP

– 1 sdt bubuk vanilla

 

Cara Membuat

Ini sungguh mudah sekali….

1. Campur telur, gula, SP dan bubuk vanilli, kocok dengan mixer. Oiya, saya pakai Mixer Cosmos SM 1579. Mixer ini bagus banget loh, bikin mengocok telur jadi mudah dan cepat. Perlahan-lahan, atur ke kecepatan 1,2 dan seterusnya sampai 5.

2. Oiya, sebelum mulai mengocok telur, siapkan panci kukusan yang tutupnya dilapisi serbet ya. Tujuannya agar uap air tidak mentes ke kue.

3. Trus, siapkan loyang yang disemir mentega dan sedikit tepung. Saya sih pakai loyang dengan panjang 25 cm. Biasanya disebut loyang brownies.

4. Kocok telur dan gula sampai putih dan kental, trus perlahan turunkan kecepatan mixer dan masukkan tepung ketan hitam secara perlahan. Hati-hati ya, di bagian ini suka beterbangan tepungnya. Maka dari itu, penting banget untuk menurunkan kecepatan mixer.

5. Setelah adonan telur dan tepung tercampur rata, masukkan mentega cair dan santan. Aduk dengan mixer kecepatan rendah.

6. Masukkan adonan yang sudah tercampur rata ke dalam loyang. Kukus selama 20-30 menit.

7. Untuk memastikan kue sudah matang apa belum, tusuk dengan tusuk gigi di beberapa bagian.

8. Kalau sudah matang, sajikan. Kalau mau ditaburi keju, pastikan kue sudah agak dingin ya….

Mudah banget kan….

 

Oiya, saya kembali membuat kue karena saya baru saja punya Mixer Cosmos CM 1579 ini. Duh, ini mixer juara banget deh…Kirain karena mungil, bakalan biasa aja performanya, tapi luar biasa banget performanya. Sejujurnya, waktu menggunakannya, tangan saya agak kaku karena sudah lama banget ngga bikin kue. Makanya, ketika motor dari mixer Cosmos CM 1579 ini mulai dinyalakan, saya kaget sendiri, karena kencang banget putarannya hahahahahaa….. karena kencang banget, adonan telur dan gula langsung cepat banget jadinya. Nih, saya sengaja bikin video unboxingnya…

Dari pengalaman saya menggunakan Mixer Cosmos CM 1579, ini adalah mixer terbaik deh. Selain performanya oke, harganya pun murah banget…

Sebelum menjatuhkan pilihan untuk memiliki mixer Cosmos ini, saya sempat cari-cari info tentang keunggulan mixer ini, yang kemudian saya takjub sendiri. Kelihatannya sih bentuknya mungil, tapi ternyata WOW banget keunggulannya…

 

Tertarik pingin punya Mixer Cosmos kayak punya saya ini? langsung aja meluncur ke toko elektronik, supermarket, atau juga bisa di online¬† marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dimana ada official stornya Cosmos loh…

Trus, kalau mau tahu banyak soal info lengkap produk Cosmos, resep juga tips yang bermanfaat banget, langsung aja kepoin websitenya Cosmos ya….

Nah… setelah saya bikin Kue Bolus Ketan Hitam Kukus, enaknya bikin kue apa lagi ya dengan mixer Cosmos ini? Sumbang saran di komentar yuk…..

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.