photo NASIAYAMHAINAN_zps6329605f.jpgWaktu libur benar-benar saya manfaatkan buat mencoba-coba resep masakan. Nah, hari minggu kemarin, saya yang sudah lama banget ngidam sekaligus penasaran, akhirnya memutuskan untuk memasak nasi ayam Hainan.

Sebelum belanja saya google resepnya, dan menemukan resepnya di blognya Astri Nugraha yang memang terkenal banget itu πŸ™‚ #MakasihMbaAstri

Untuk masak Nasi Ayam Hainan ini modalnya ngga sampai 50 ribu -belanjanya di pasar tradisional- yang bisa jadi lima porsi. Inilah perjuangan saya memasak Nasi Ayam Hainan yang ternyata gampang masaknya

Karena berpikir cuma akan dimakan dua orang -saya dan Miswa- akhirnya resepnya dimodifikasi deh. Langsung aja ya, inilah utak-atik resep ala saya, step by stepnya :

1. Masak ayamnya dengan panci presto. Dari lima potong ayam yang saya beli, airnya sekitar 2 liter, kasih garam sedikit. Lama memasaknya sekitar 30 menit dengan api kecil ya. Kalau sudah matang, bagi tiga air kaldunya 1/2 liter untuk meneruskan memasak ayamnya, 1 liter untuk masak nasinya dan 1/2 liter untuk kuahnya nanti.

2. Teruskan memasak ayamnya dengan 1/2 liter kaldu ayam sisa presto tadi. Dibumbui dengan 1 sdm merica -saya suka agak pedas- 5 sdm kecap ikan, 3 sdm minyak wijen, jahe seukuran jempol dimemarkan dan 5 siung bawang putih. Masaknya bawang putih ditumis dengan sedikit minyak, trus masukkan jahe dan bumbu-bumbunya. Masukkan air kaldunya dan ayamnya juga, sampai airnya tinggal setengahnya.

3. Masak nasi hainannya. Saya sih pakai berasnya segelas aja, setelah dicuci kemudian ditambahin kaldu sisa 1 liter serta tambahkan dengan sisa kuah ayam hainan tadi. Karena di blognya Astri Nugraha kurang jelas step masak nasinya, saya memilih memasaknya diaron. Oiya tambahin juga kecap ikan dan minyak wijen, masing-masing 2sdm. Kalau sudah mendidih dan jadi aron, langsung dikukus ya.

4. Bikin kuah. Dari 1/2 liter kaldunya kemudian tambahin daun bawang yang diiris halus juga garam serta penyedap rasa kalau suka. Kalau saya sih biar tambah sedap ditambah irisan cabe rawit merah serta jeruk nipis. Biar agak asam-asam pedas gitu.

5. Kalau sudah siap semua,Nasi Ayam Hainan bisa segera disajikan. Bentuk nasinya dengan cetakan nasi atau mangkuk kecil. Untuk ayamnya bisa ditambahkan dengan taburan bawang putih goreng yang sudah dirajang halus serta jahe berukuran korek api yang sedikit digoreng.

Dari beras yang segelas, bisa dicetak untuk lima porsi dan ayamnya lima potong juga.

Voila… masaknya gampang deh. Saya yang biasanya makan Nasi Ayam Hainan di sejumlah resto, benar-benar terpukau dengan kemampuan saya sendiri, ternyata hasilnya enak banget. #SombongDikitBolehYa. Setidaknya, Miswa, adik ipar dan adik saya benar-benar memujinya…-mereka ini kalau ngga enak pasti bilang ngga enak-

Nasi Ayam Hainan sendiri memang sudah semakin tersohor di Indonesia. Sebenarnya berasal dari Wilayah Hainan, Cina. Yang kini sudah tersebar ke Malaysia, Singapura, Thailand serta Cina sendiri. Sejarah tentang Nasi Ayam Hainan bisa dibaca di sini.

 

 

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    14 Comments

  1. santiariastuti 24/03/2014 at 8:58 am

    mau nyoba aaah.. thank for sharing mbak memez πŸ™‚

    • memez 24/03/2014 at 9:20 am

      Yuk dicoba… gampang buatnya :)))

  2. Yeye 24/03/2014 at 12:03 pm

    Nyerah klo bikin nasi ayam hainan, sungguh.. gw pusing sendiri mez bikin nya hahahaha *emang ga bakat masak kayanya* :p

    • memez 24/03/2014 at 12:14 pm

      Ah Yeye bisa aja, Tapi lo kan jago bgt baking

  3. icha caeby 24/03/2014 at 2:34 pm

    Memes, boleh N!Δ“ξ‰Š di coba resepnya..btw ayamnya boiler 么þƏ̈̀̊Μ₯̝̊ pejantan yg dipakai Ζ³Η»ΒͺΒͺ ???

    • memez 28/03/2014 at 9:51 am

      Ayam apa aja sihhh… yang penting ayam :)))

  4. Pypy 28/03/2014 at 9:38 am

    Mba Mez, py kan ga punya panci presto itu.. Pake panci biasa boros gas ga yah? ehhe..

    Pengen nyobain nih, bener yah gampil.. πŸ˜€

    • memez 28/03/2014 at 9:50 am

      Pakai panci biasa juga gpp Py, tapi agak lama mungkin merebusnya.

  5. De 01/04/2014 at 2:00 pm

    wah PR banget di bagian panci presto nya nih.

    • memez 04/04/2014 at 8:49 am

      Eh kenapa Mbak De? buatku panci presto ini andalan banget deh.

  6. muthz 07/04/2014 at 9:12 pm

    aduhh endes banget keliatannya, pengen coba ah weekend depan hehehe

    • memez 21/04/2014 at 8:17 am

      Yuk dicoba bumil πŸ™‚

  7. dani 15/04/2014 at 12:47 pm

    nabung dulu buat beli panci pretonya. hihihi… πŸ˜›

    • memez 21/04/2014 at 8:13 am

      Ikutan kuis yang hadiahnya panci presto :)))