Semenjak memutuskan untuk lebih serius menjalani program kehamilan, gue sangat selektif memilih apa yang gue makan. Selain meminimalisir gula, garam dan minyak, gue juga mengganti beras putih yang biasa gue makan dengan beras merah. Sayangnya, seringkali rasa jenuh menjalani pola makan ini datang dan membuat gue jadi “cheating”. Kejenuhan ini seringkali karena sulit mendapatkan produk yang tepat, juga ketika bosan dengan variasi makanan yang ada.

Suatu saat, ketika kejenuhan ini melanda, gue diundang Nutrifood, produsen serangkaian produk Tropicana Slim, untuk menghadiri acara Blogger Brunch – Creating Healthy Fun Food. Jujur gue serasa dapat kado pernikahan. Maklum saja ya… acara ini digelar 16 April, tepat ulang tahun pernikahan gue dan Miswa. Acara yang digelar di Nutrifood Inspiring Center ini dihadiri 15 blogger termasuk gue.

Acaranya sendiri benar-benar meriah dan penuh keakraban. Materi yang disampaikan sangat informatif dan inspiratif, sehingga bikin gue merasa banyak dapat pencerahan.

Fendi Susanto Nutrisionist Manager Tropicana Slim

Materi presentasi pertama diisi oleh Fendi Susanto, yang merupakan Nutrition Manager Tropicana Slim. Saat Fendi menjelaskan, gue jadi malu sendiri. Karena ternyata banyak informasi penting yang gue ngga tahu dan menjadi pemicu faktor kegemukan yang gue alami. Ini dia fakta-fakta yang dikemukakan Fendi dalam presentasinya :

  1. 44% orang Indonesia makan di restauran 1-3 kali seminggu yang mempengaruhi konsumsi gula, garam dan lemak dalam tubuhnya.
  2. Pengaruh makan di restauran ini yang membuat asupan gula, garam dan lemak berlebih.Padahal… tahu ngga sih,  porsi yang dianjurkan Kementerian Kesehatan adalah  Gula maksimal 50 gram atau setara dengan empat sendok makan/ hari, Garam maksimal 5 gram atau setara satu sendok teh/hari dan Lemak maksimal 67 gram atau setara lima sendok makan/hari #MenatapNanarPadaPerutDanPinggang 
  3. Sering ditawari untuk upsize porsi makanan? Duh jangan mudah tergoda!!! Tahu ngga sih kalau tawaran yang sebenarnya menjerumuskan ini berpotensi meningkatkan porsi kalori minimal 43 kalori!!
  4. Perhatikan label nutrisi makanan. Misalnya nih, garam seringkali muncul dengan nama yang berbeda di label nutrisi makanan seperti sodium atau natrium.
  5. Batasi penggunaaan garam dengan menggunakan rempah-rempah, bawang putih atau jamur-jamuran.
  6. Pilih sumber karbohidrat yang tinggi serat. Misalnya daripada beras putih mendingan beras merah yang seratnya 6x lipat lebih banyak, dan pilih roti gandum yang seratnya 2x lipat roti biasa.

Selain Fendi Susanto, presentasi lainnya diisi oleh Mba  Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim, yang memperkenalkan rangkaian produk Tropicana Slim untuk mendukung penerapan pola hidup sehat.

Noviana Halim Brand Manager Tropicana Slim

Adapun produk-produknya Tropicana Slim ini berupa :

  1. Minyak Jagung dan Minyak Kanola (Corn Oil and Canola Oil) : Minyak ini memiliki banyak kelebihan, rendah lemak jenuh, diperkaya dengan omega 3 sehingga baik untuk menjaga kolesterol dan baik untuk kesehatan jantung. Perbedaannya sendiri kalau minyak jagung, aroma nya nikmat dan gurih, sementara kalau minyak kanola beraroma seperti seperti Olive Oil. Gue sendiri dalam sehari-hari seringnya pakai minyak jagung buat menggoreng. Menurut Miswa sih lebih garing dan aromanya enak.
  2. Beras Merah Organik. Nah ini dia solusi bagus buat gue yang mulai meninggalkan beras putih. Perbedaan Beras Merah Organik Tropicana Slim  dengan beras merah organik lainnya tentu saja karena bahan bakunya benar-benar pilihan. Dan Beras Merah organik Tropicana Slim ini tinggi serat, kadar Indeks Glikemiks (GI) rendah, dan kaya vitamin juga banyak gizinya. Sering merasa bau langu kalau masak beras merah? Jangans edih!!! Perbanyak kadar air dan tambahkan dengan daun jeruk, daun salam dan sereh. Dijamin jauhhhh lebih enak. 4. rendah GI, Bergizi / kaya vitamin. Beras Merah Organik ini lebih pulen lho.
  3. Kecap. Tropicana Slim punya varian kecap asin dan manis. Kalau kecap asinnya rendah garam, sementara kecap manisnya bebas gula dan garam. Tentu saja aman untuk diet, penderita diabetes atau bahkan hipertensi. 
  4. Mie Instan. Nahhh… siapa yang ngga bisa kalau ngga makan mie Instan? Biar lebih aman dan sehat, sebaiknya konsumsi mi ini karena  rendah lemak, rendah kalori, rendah garam. Rasanya ada dua macam, yaitu  ayam bakar dan kepiting saus Padang. Mie Instan Tropicana Slim ini diklaim lebih sehat karena proses produksinya dipanggang, bukan digoreng sehingga rendah lemak dan rendah kalori.

Selesai presentasi dari Noviana Halim, presentasi selanjutnya diisi oleh Vania Samperuru. Food blogger, food stylist dan Fotografer. Gue kebetulan kenal akrab dengan Mba Vania dan sudah lama kagum dengan hasil karyanya. Materi yang dibawakan mba Vania adalah bagaimana menata makanan agar lebih enak dan nikmat disantap.

Vania Samperuru Food Stylist

Sebagai food stylist kondang, Mba Vania ini memberikan alasan kenapa makanan sebaiknya disajikan dengan menarik. Tentu saja untuk meningkatkan nafsu makan, mengontrol jenis nutris juga memanjakan mata. Ngga cuma pemaparan, Mba Vania juga mengajak blogger yang hadir untuk berkreasi. Ini dia kreasi kelompok gue, Yeye dan Pungky :

Creating Healthy Fun Food

Hihihihiii seru juga ternyata menyusun begini. Menang? Ngga!!! Apa yang salah??? Asupan karbohidratnya terlalu banyak ternyata 🙂

Porsi benar Karbohidrat

Pengalaman mengikuti Blogger Brunch – Creating Healthy Fun Food ini berguna banget buat gue dan bisa diikuti oleh siapapun juga.

Blogger Nutrifood

Buat yang mau tahu informasi terbaru tentang produk Nutrifood, bisa memantau sosial medianya Tropicana Tropicana Slim di Facebook Tropicana Slim, Twitter @TropicanaSlim, Instagram @TropicanaSlim atau Youtube channel Tropicana Slim.

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    9 Comments

  1. Wulan Kenanga 25/04/2016 at 8:54 pm

    Wah beras merah. Saya sudah lama ingin beli, cuma nggak tahu di mana. 😀

    • memez 27/04/2016 at 8:58 am

      Beli online di nutrimartnya aja. Tapi pakai ongkir 🙁

  2. Jade Ayu 25/04/2016 at 9:03 pm

    Waaa… seru ya Mez. Aku juga doyan2 aja beras merah. Tapi bocil suka lebay klo liat warna berasnya. Haha..Sayang aku ndak bs ikutan. Huhu… kangen dtg ke event brg keliyan.. hihi..

    • memez 27/04/2016 at 8:56 am

      Masaknya airnya dibanyakin BuYu.. kasih daun salam, sereh dan daun jeruk. mendingan rasanya 🙂

  3. Aprillia Ekasari 25/04/2016 at 9:51 pm

    Aduh sebut-sebut perut dan pinggang… #langsung tutupin pake bantal :))

    • memez 27/04/2016 at 8:54 am

      Hahahhahaaa…. akupun 🙂

  4. HM Zwan 26/04/2016 at 7:41 am

    baru tahu kl tropicana slim punya produk kecap

    • memez 27/04/2016 at 8:54 am

      Iya kecapnya enak deh

  5. Medanfoodblog 27/04/2016 at 12:53 pm

    untungnya masih ga terlalu tergiur sama tawaran upsize ditempat makan
    *tapi perut tetap agak buncit wahahah*