Rumah Memez

Cerita Memez / Review

Lima Tips Memilih Pinjaman Online

Duh…. mau ada order kue Lebaran, tapi ngga punya modal nih, ” Curhat Naomi, teman saya yang merupakan pedagang kue kering yang seringkali kebanjiran order jelang Lebaran.

“Cari pinjaman lah, buat modal gitu, “ jawab saya.

“Cari pinjaman di mana? Kalau minjem duit sama orang atau kenalan suka malas, sudah ngga dapat….. eh malah diomongin,” keluh Naomi.

“Sudah pernah coba pinjaman online ?  Coba deh, ngga ribet kok, “ usul saya.

“Oh… bisa ya, beneran ngga ribet, gimana sih caranya?” sambut Naomi dengan semangat.

Yup, ditengah maraknya pinjaman online, mungkin ada yang belum tahu bagaimana sih sebenarnya melakukan peminjaman uang secara online.

Kurang informasi , minim pengalaman atau justru karena banyak cerita-cerita ngga asyik soal pinjaman online ini?

Nah, makanya saya mau kasih tips nih, bagaimana sih memilih pinjaman online yang bisa dipercaya? Tentu saja tips ini sudah saya beritahu ke Naomi, untuk melakukan peminjaman online demi membantu usaha kue keringnya.

Sejujurnya, beberapa kali saya melakukan peminjaman uang secara online. Nah, ketika memilih pinjaman uang online ini, saya tentu mempelajarinya terlebih dahulu. Nah… ini dia lima tips memilih pinjaman online….

  • Harus Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan

Hare gene….. aplikasi pinjaman online tuh banyak banget. Tapi, pastikan tempat pinjaman online yang dipilih sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Per Maret 2019 sih, ada sekitar 88 penyelenggara jasa Pinjaman Online. Tinggal pilih yang sesuai kebutuhan ya….

  • Pilih Yang Bunganya Kompetitif

Namanya juga pinjaman online ya, tentu berbeda dengan fasilitas pinjaman uang dari Bank biasa. Kalau pinjaman online ngga ada BI Checking, survei dan sebagainya. Sifat pinjaman online juga instant alias cepat, karena itu bunganya mungkin akan sedikit lebih tinggi dari pembiayaan biasa. Tapi…. Otoritas Jasa keuangan telah membuat regulasi untuk jasa pinjaman online ini, yaitu… bunganya ngga boleh lebih darei 0,8% per hari, atau sekitar 24% per bulan. Kok bunganya dihitung harian? Yup, mungkin banyak yang belum tahu, kalau pinjaman online ini biasanya untuk pembiayaan jangka pendek. Mulai dari 15 hari, 30 hari atau bahkan paling lama 90 hari.

  • Cari Yang Syaratnya Paling Mudah

Salah satu keunggulan dari pinjaman online tentu saja karena persyaratannya yang mudah. Jadi, ngga ada tuh yang syaratnya harus bangun Candi, bikin gunung atau waduk dalam semalam hahahahahaa….

Ini kan buat pinjaman uang ya, bukan buat merebut hati Roro Jonggrang 😊

Dari pengalaman saya sih, biasanya syarat yang dibutuhkan hanya mendownload aplikasinya, mengisi data-data oribadi, foto copy KTP, foto Copy NPWP dan foto diri. Oh iya, jangan lupa sertakan foto copy buku tabungan ya…

Biasanya, syaratnya mudah banget kok. Semudah memasak mie instan 😊

  • Cari Yang Cepat Pencairannya

Pencairan uang yang cepat adalah salah satu keunggulan dari Pinjaman Online ini, tapiiii harus dipahami nih berapa lama cepatnya ya. Dari pengalaman saya sih, ada yang ngga sampai lima menit setelah pengajuan langsung ditransfer ke rekening. Tapi, ada juga yang 1-2 hari kerja, karena pinjamannya cukup besar dan perlu verifikasi lagi.

Nah, meski cepat tapi tetap harus berhati-hati ya… Kalau mau melakukan pinjaman uang secara online, pastikan memasukkan data nomor rekening tabungan dengan benar. Bahkan, kalau perlu sampul depan yang memuat buku tabungan di foto biar jelas.

Biar apa? Biar ngga nyasar ke rekening orang lain. Inget loh, kadang beda satu angka aja sudah nyasar 😊

  •  Perlindungan Data Pribadi

Salah satu isyu krusial ketika melakukan pinjaman online adalah data pribadi yang tersebar. Seorang teman yang memiliki pinjaman online yang macet mengeluh, sejumlah nomor di kontak pribadinya di ponsel dikirimi SMS kalau dia memiliki hutang yang harus segera dibayar.

Haloooo…. Jangan berpikiran negatif dulu ya. SMS Pengingat ini biasanya dikirimi ketika pemilik hutang sudah sulit dihubungi dalam jangka waktu beberapa lama dan juga tidak menunjukkan itikad baik untuk membayar.

Sebenarnya, penyedia jasa Pinjaman Online ini terikat regulasi untuk tidak menyebarkan data pribadi dari para peminjam uang. Jangan khawatir deh sesungguhnya….

Satu hal yang patut diingat benar saat melakukan peminjaman uang secara online ini adalah…. Bayar Tepat Waktu!!! Trus, karena mudah banget melakukan peminjaman online, jangan melakukan peminjaman uang untuk hal yang konsumtif. Dan juga, inget dulu deh, sebelum melakukan peminjaman uang, kita harus punya sumber uang untuk membayarnya kembali. Karena kalau sampai telat dan ngga bayar, kondite peminjam uang bisa berpengaruh negative loh….

Saya sih melihat ada beberapa orang di lingkungan saya, yang melakukan pinjaman online untuk hal konsumtif, dan justru bingung buat bayar ketika jatuh tempo. Jangan ditiru ya hal kayak gini….Sebenarnya, pinjaman online itu sangat membantu, asal digunakan dengan bijak.

 

Nah, daripada bingung dan pusing memilih pinjaman online, yuk cari aja di https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online di website ini kita akan menemukan kemudahan melakukan pinjaman online dengan mudah dan praktis.

Kamu punya pengalaman atau cerita apapun tentang pinjaman online? Yuk sharing di sini…..

2 Comments Lima Tips Memilih Pinjaman Online

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.