Alhamdulillah, bulan Ramadhan tiba, dan sepertinya akan segera berakhir #sad

Sejujurnya, saya suka banget sama bulan Ramadhan. Bukan cuma karena banyak berkah dan pahala berlimpah, tapi juga di bulan Ramadhan ini saya sering merasa banyak keajaiban terjadi.

Eits, ngga cuma keajaiban sih. Tapi silaturahmi seringkali terjalin karena alasan buka puasa bersama.

Alhamdulillahnya, di setiap bulan Ramadhan, rumah saya selalu ramai karena kedatangan keponakan dan sepupu. Kalau biasanya mereka datang di akhir Ramadhan jelang Lebaran, kali ini bahkan sebelum Ramadhan, rumah saya kedatangan dua anak laki yang luar biasa aktifnya.

Rasanya? Gado-gado banget.

Karena seringnya rumah saya kedatangan keponakan dan sepupu yang masih kecil-kecil, paling besar SMP-SMA deh, saya harus membuat suasana sahur, puasa sampai berbuka puasa menjadi menyenangkan. Apalagi, kali ini yang menginap di rumah adalah Rezky dan Rama, dua cowok berumur sepuluh dan sembilan tahun.

Nah, dari pengalaman ini saya mau berbagi tips bagaimana membuat suasana berpuasa menyenangkan,

1.Sabar Menjawab

Anak umur segini kan seringnya bertanya melulu, walaupun pertanyaannya “Bunda buka puasa jam berapa? Berapa menit lagi?” dan pertanyaan itu diulang-ulang, makanya kudu sabar menjawab deh hahahahahaa…

Biasanya, mereka akan bertanya kalau sudah mulai jam lima sore. Nah, daripada saya emosi kalau mereka bertanya berulang-ulang, biasanya saya minta mereka untuk membacakan hafalan surat-surat pendek. Lebih bermanfaat dong….   J

2. Lebih Baik Sibuk Daripada Bengong

Walaupun mereka berpuasa, saya tidak membatasi aktivitasnya. Kecuali memang jadwalnya berubah. Misalnya nih, kalau bukan di bulan Ramadhan, mereka latihan di Sekolah Sepakbola di hari Selasa, Kamis dan Minggu. Khusus selama Ramadhan, latihan hanya hari minggu saja.

Berhubung mereka hobi banget main bola, jadi saya membiarkan mereka main bola. Kalau mereka teriak-teriak haus, saya justru menantang mereka untuk buka puasa, yang biasanya malah ditolak sama mereka hahahahahaa….

Kalau mereka haus, biasanya saya meminta mereka berwudhu dan tidur hehehehehee…. Bangun tidur sudah siap untuk berbuka puasa deh.

3. Atur Waktu Tidur

Ketika bulan Ramadhan, tidur pun mendapat pahala. Tapi, jangan mentang-mentang begitu jadi tidur melulu ya. Karena sekarang lagi libur sekolah, otomatis kegiatannya ya di rumah aja, ngga sekolah. Saya mengatur tidur mereka menjadi tiga waktu. Habis sholat subuh mereka boleh tidur sampai jam 9-10 pagi, trus harus berkegiatan fisik. Habis solat Zuhur, jam 1-2 biasanya harus tidur siang sampai jam 4.

Nah, di jam 4 bangun deh mereka, Sholat ashar dan lanjut…. Main bola lagi.

Malam hari, jam 9-10 mereka sudah harus tidur biar ngga susah dibangunin saat sahur. Trus, saya biasanya bangunin sahur di jam 3.30 biar ngga terlalu jauh sampai ke Subuh. Terima kasih banget buat gank Ini Sahur yang biasanya jadi tontonan wajib kami, ngantuk hilang seketika kalau menonton Sule, Andre and the gank ini.

Oh iya, apakah bangun sahurnya susah? Oh tentu saja. Tapi, saya biasanya ngga marah-marah kok. Cukup dicium-cium, dikelitikin dan digendong ke kamar mandi untum cuci muka dan mereka langsung bangun.

4. Bikin Kuis

Kalau capek main dan mereka mau ngadem di kamarnya aja, biasanya saya atau Suami memberikan kuis ke mereka. Berhubung mereka sudah kenal duit, kuisnya harus berhadiah uang. Misalnya nih, ada pertanyaan senilai seribu perak, mereka akan mendapatkan uang kalau bisa menjawab.

Tapi…. Uangnya ngga langsung dikasih saat itu juga. Karena itu, mereka selalu mengingat berapa jumlah uang mereka. Heran ya, ngga anak-anak, ngga orang dewasa, selalu ingat sama duit hahahahahaa….

5. Menyiapkan Makanan Kesukaan

Nah, ini sebenarnya kunci utamanya sih. Mereka suka banget makan masakan saya, sampai habis. Kalau lihat mereka makan, duh ngga percaya deh anak-anak kurus begini makannya banyak. Tapi, ini beneran loh hahahahahhaaa

Kalau buat makanan berat, mereka suka banget kalau saya masak rendang, beef teriyaki atau ayam goreng kecap. Nah, kalau buat makanan berbuka puasa biasanya saya siapkan gorengan, lontong isi, bihun atau mie goreng juga krupuk mie. Tentu saja semuanya ditambah dengan siraman bumbu kacang yang luar biasa menambah kenikmatan.

Oiya, saat bulan Ramadhan begini, makanan di rumah saya memang didominasi oleh gorengan. Bisa dibilang aneka gorengan ada di rumah saya. Mau bakwan, pisang goreng sampai singkong goreng, selalu stand by di rumah.

Kok makanannya goreng-gorengan melulu? Ngga takut sakit saat bulan Ramadhan begini?

Oh tentu tidak.

Memang sih kalau bulan Ramadhan begini sariawan, panas dalam, bibir pecah-pecah, sakit pencernaan jadi semacam momok ya. Tapi, menurut saya kan tergantung pencegahannya. Di rumah saya,  selalu tersedia Larutan Cap Kaki Tiga yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Ukuran konsumsinya pun perlu ditakar, hanya 200 ml. Kebiasaan meminum Larutan Cap Kaki Tiga saat sahur dan berbuka puasa ini banyak manfaatnya loh. Selain mencegah panas dalam, sariawan,juga  sembelit. Kandungan mineral alaminya memang bermanfaat banget loh…. 

Biasanya, saya meminum dalam keadaan dingin, karena segar banget loh….

Kalau anak-anak, paling suka minum Larutan Cap Kaki Tiga tersedia dalam rasa jeruk, anggur dan strawberry. Jelang maghrib, biasanya mereka mulai mengeluarkan Larutan Cap Kaki Tiga yang mereka simpan di kulkas sejak siang hari. Ketika diteguk, rasanya segar banget deh….Larutan Cap Kaki Tiga kan Pilihan Yang Benar dan Ahlinya Panas Dalam

Nah, kalau saya sudah berbagi tips dari pengalaman saya menjaga keponakan dan sepupu saat bulan Ramadhan, kamu cerita dong waktu kecil, punya pengalaman lucu apa sih saat bulan Ramadhan, Sharing dong di sini 🙂

 

 

 

 

 

 

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    45 Comments

  1. Tetty Hermawati 11/06/2018 at 4:23 pm Reply

    Anakku nih masih susah belajar puasa, kadang inget bangun sahur, kadang ngga. Kalau moodnya lg bagus dia puasa, kalau lagi ga mood yaudah bablas ga mau puasa walau sampe zuhur

  2. lia Lathifa 12/06/2018 at 5:13 am Reply

    Di rumah juga gorengan lontong sambel kacang mendominasi saat buka puasa, tapi ya gitu deh efek sampingnya ngeri kena panas dalam. Inspiring nih, aku jarang minum larutan cap kaki tiga, padahal bagus buat panas dalam

  3. Shine 12/06/2018 at 5:32 am Reply

    Saat berbuka, kurma jadi makanan sunah dan gorengan jadi makanan wajib ya mba, wkwk… Bener ni, ngajarin anak puasa emang kudu ekstra sabar dari kita-nya, kalau ga ya wasalam dah apa kabar puasa kita, hihi

  4. Nurul dwi larasati 12/06/2018 at 6:37 am Reply

    Pengalaman Ramadan saat kecil itu pernah ngumpet-ngumpet makan kue nastar sebelum berbuka puasa. Abisnya bikin ngiler si kuenya. Metabolisme selama berpuasa juga berubah, dari dalam suhu tubuh kita meningkat. Kalau nggak benar asupannya memang bikin panas dalam.

  5. Donna Imelda 12/06/2018 at 7:04 am Reply

    tipsnya bagus-bagus, Mez, hampir semua aku praktekin waktu anak-anak masih kecil dan mulai belajar puasa. Kalau point nomer 5 malah sampai sekarang, selalu berusaha menghidangkan makanan kesukaan anak-anak meski bukan ibunya yang masak hehehehe

  6. Rach Alida Bahaweres 12/06/2018 at 8:12 am Reply

    Alhamdulillah ya kalau kita care terhadap puasa anak, insyAllah anak juga akan semangat puasanya ya mba. Asik emang ada Larutan Cap Kaki Tiga. Ini kesukaan aku dan anak juga, mba. Bener-bener bisa hilangkan panas dalam. Kalau aku pengalaman [as puasa dulu ya paling sering haus tapi nggak berani minum diam-diam. Hehhee

  7. Wardah Fajri 12/06/2018 at 1:08 pm Reply

    ahaha kuisnya menarik seru2an yaaah. bener banget kalau kumpul sama anak anak harus aktif jadi teman mereka yaaa, jadi seru puasanya gak terasa deh.

  8. April Hamsa 12/06/2018 at 1:39 pm Reply

    kalau panas dalam atau sariawan yang diinget pasti Larutan cap Kaki Tiga 😀
    Oh yang buat anak ada rasa2nya gtu ya? Baru tau.
    Aku tahun ini gagal bikin anakku puasa haha, suka2 dia jadinya kadang sahur kadang molor , mungkin krn aku kelupaan sounding sebelum ramadan datang. Moga2 tahun depan lbh baik lg aamiin

  9. Kang Didno 12/06/2018 at 1:41 pm Reply

    Alhamdulillah anaknya bisa berpuasa hingga tuntas sebulan penuh

  10. Leyla Imtichanah 12/06/2018 at 6:46 pm Reply

    Alhamdulullah anak2ku belum batal nih puasanya. Memang harus dikasih mainan kesukaan mereka dan berbuka dgn makanan yg diinginkan.

  11. Kania Safitri 12/06/2018 at 7:04 pm Reply

    Aku salah fokus liat lontong dengan siraman sambel kacang ko menggoda banget ya mbak hehehe…

  12. Kania Safitri 12/06/2018 at 7:20 pm Reply

    Andalan aku dan keluarga ini mah enak rasanya dan si kecil juga suka jadi bisa mencegah panas dalam sekeluarga.

  13. kurnia amelia 12/06/2018 at 7:40 pm Reply

    Makasih kak tipsnya,,,hehe btw gorengan dan lontong itu makanan favorit keluarga kami lho kalau buka puasa hehehe.

  14. Uchy Sudhanto 12/06/2018 at 8:21 pm Reply

    nice tips buat nanti dipratekin pas ngajarin Alula puasa mbak hihihi

  15. mira utami 12/06/2018 at 9:28 pm Reply

    Babam juga suka nih rasanya gak terlalu manis, malah bikin segar karena Babam suka mimisan kalau panas dalam. jadi lumayan stok untuk panas dalam

  16. Eskaning Arum Pawestri 12/06/2018 at 11:12 pm Reply

    boleh juga nih tipsnya dicontek, buat persiapan kalau anakku nanti belajar puasa. Itu gorengan ya ampun salah banget malam gini liat gorengan jadi pengen ngemil! Eits tapi aku lagi radang tenggorokan nih, mungkin sebaiknya sedia larutan penyegar cap kaki tiga yak di rumah

  17. Eni Martini 13/06/2018 at 12:02 am Reply

    Ya Tuhan, aku gagal fokus sama lontong sambalnya, bakwanya, hahaha

  18. Anesa Nisa 13/06/2018 at 1:54 am Reply

    NYAHAHAHAA Gorengan yaaah makanna number one pas buka puasa. Kenapa itu enak bener ya makanannn. Apalagi sekarang cuaca panas bingit, makan gorengan, bisa2 panas dalam dahhh. Untung aja ada obat sekaligus pencegahnya ya sekarang. Gak cuman buat dewasa, tapi juga anak. Aaahh, me love it!

  19. Dita Indrihapsari 13/06/2018 at 4:37 am Reply

    Seruuu banget itu yang kuis-kuisan.. Haha anak-anak pasti seneng deh.. 😀 Pas puasa memang enakan sibuk ya.. Di anak-anak juga jadi gak kerasa.. Aku juga lagi berusaha ngajak Boo puasa, tapi belum berhasil, nih..

  20. Diah Woro Susanti 13/06/2018 at 5:05 am Reply

    Gorengan emamg paling cepet bikin panas dalem ya mba, baguslah klo udah dicegah dgn larutan penyegar. Adem di perut seketika ya

  21. Fenni Bungsu 13/06/2018 at 5:18 am Reply

    Tipsnya menarik banget nih buat daku praktekkan ke keponakan yang juga lagi belajar puasa.

  22. Andri Mastiyanto 13/06/2018 at 8:04 am Reply

    Waktu tidur penting Banget,

  23. Puspa 13/06/2018 at 10:01 am Reply

    Wah kalau di tempatku selama Ramadan agak menjauhi dengan namanya gorengan dan lebih banyak maem sayuran. Tapi memang kondisi fisik seseorang berbeda.

  24. Deny Oey 14/06/2018 at 12:59 am Reply

    Tipsnya bagus, terutama yg terakhir dimana kita harus minum larutan cap kaki tiga 😂😂😁

  25. Maria 14/06/2018 at 6:23 am Reply

    Tipsnya menarik. Sayang belum punya anak. Buat belajar saja.

  26. Atisatya Arifin 14/06/2018 at 2:58 pm Reply

    Betul bangeeet! Mending dibikin sibuk daripada bengong-bengong nggak jelas terus malah akhirnya ngaco dan bikin kesel (ujung-ujungnya si emak marah-marah. Berkurang deh pahalanya.)

    Mas Deniz sama Ade Zinan di rumah biasanya aku kasih kesibukan mengerjakan project (menggambar, bikin prakarya), menghafal Quran, sama bantuin bapaknya ngecat rumah. Hehehe.

  27. Marga 14/06/2018 at 5:44 pm Reply

    Kayaknya aku waktu kecil golongan anak yang olak-balik nanya, “buka puasanya berapa menit lagi?” Hahaha

  28. zata ligouw 14/06/2018 at 6:36 pm Reply

    wahhh ini andelan juga di rumah Mez, selalu ada di rumah dan dibawa kalo mau jalan2 hehehe..

  29. Wian 16/06/2018 at 6:44 pm Reply

    Hahaha pertanyaan kapan bukanya jadi pertanyaan yang selaluuu ditanyai setiap hari selama hampir 1 bulan ini. Dan yes aku pun bangunin krucils jam 3.30 atau bahkan lebih dikit supaya gak kelamaan nunggu adzan shubuhnya. Klo gak gitu, bisa bablas lagi tidur.

  30. Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 18/06/2018 at 2:00 am Reply

    Wah boleh juga nih tipsnya aku contek, kayaknya tahun depan baru mulai mengajarkan anakku berpuasa. Tapi sekarang aja pas puasa kemarin anakku suka nanya “bunda gak makan?’ hahahahaa

  31. Agung Han 18/06/2018 at 9:07 am Reply

    TFS, tips keren ini bermanfaat memantik semangat anak berpuasa

  32. Honey Josep 18/06/2018 at 10:16 pm Reply

    Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin 🙂

  33. maya rumi 21/06/2018 at 4:39 pm Reply

    anakku tahun ini belum belajar puasa, aq baru kasih tau biar dia ngerti ada bulan ramadhan dengan ibadah puasa dan tarawih, mudah2an tahun depan sudah bisa diajak puasa dan tipsnya bisa di coba juga ke anakku. tfs mbak memes

  34. Hariadi 23/06/2018 at 12:36 pm Reply

    Sabar… bener nih tips awal… hehe

  35. Dee Rahma 30/06/2018 at 8:54 pm Reply

    Sekeluarga kompak banget pada minum cap kaki tiga 😀

    Cheers,
    Dee – heydeerahma.com

  36. Amallia Sarah 30/06/2018 at 11:34 pm Reply

    Panas dalam memang paling ga enak dan ga nyaman ya mbak. Terutama saat lagi ibadah puasa, benar-benar harus menjaga pola makan. Aku termasuk yang hobi banget nyantap sambel sama gorengan saat puasa. Jadi perlu banget konsumsi Larutan Cap kaki Tiga ini, alhamdulillah bebas panas dalam deh

  37. nia nastiti 02/07/2018 at 4:00 am Reply

    Aku juga sula cap kaki tiga anak2 karna ada rasa buahnya yang segar. Hehe. Noted tips puasa buat anak umur segitu, kali puasa taun depan ngurus ponakan juga 😀

  38. Desy Yusnita 02/07/2018 at 11:27 am Reply

    Kalo liat lontong itu inget Naeema. Buka puasa bisa habis 4 lontong loh hehehe….semangat dia.

    • memez 10/07/2018 at 11:17 pm Reply

      Hihihihihih akupun suka banget sama lontong pakai sambel kacang…

  39. Andiyani Achmad 02/07/2018 at 2:33 pm Reply

    Tipsnya kepake banget nih mba. Bisa buat contekan ke Darell yang lagi belajar puasa juga

    • memez 10/07/2018 at 11:17 pm Reply

      Semangat Darrel pinter yang ganteng ….

  40. ivonie 02/07/2018 at 5:29 pm Reply

    tipsnya mantab nih mbk, tahun depan bisa kuterapin ke Aiman, kalau tahun ini belum puasa hehehe

    • memez 10/07/2018 at 11:17 pm Reply

      Aihhh Mas Aiman sih pinter ya, jadi ngga repot 🙂

  41. Caroline Adenan 03/07/2018 at 6:02 am Reply

    Wahh jadi rame ya, selama bulan puasa jd ada kesibukan 🙂 selama puasa anak2nya tetep sibuk ya.
    Tapi pinter banget ponakannya Mez, bangun sahur gak pake drama :))

    • memez 10/07/2018 at 11:16 pm Reply

      Hihihihih iya… Alhamdulillah banget ngga pakai drama, ngga repot jadinya.

Leave a Comment

Leave a Reply to Cancel Reply




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.