Rumah Memez

Cerita Memez

Lima Tips Membuat Anak Nyaman Menjalankan Puasa

Alhamdulillah, bulan Ramadhan tiba, dan sepertinya akan segera berakhir #sad

Sejujurnya, saya suka banget sama bulan Ramadhan. Bukan cuma karena banyak berkah dan pahala berlimpah, tapi juga di bulan Ramadhan ini saya sering merasa banyak keajaiban terjadi.

Eits, ngga cuma keajaiban sih. Tapi silaturahmi seringkali terjalin karena alasan buka puasa bersama.

Alhamdulillahnya, di setiap bulan Ramadhan, rumah saya selalu ramai karena kedatangan keponakan dan sepupu. Kalau biasanya mereka datang di akhir Ramadhan jelang Lebaran, kali ini bahkan sebelum Ramadhan, rumah saya kedatangan dua anak laki yang luar biasa aktifnya.

Rasanya? Gado-gado banget.

Karena seringnya rumah saya kedatangan keponakan dan sepupu yang masih kecil-kecil, paling besar SMP-SMA deh, saya harus membuat suasana sahur, puasa sampai berbuka puasa menjadi menyenangkan. Apalagi, kali ini yang menginap di rumah adalah Rezky dan Rama, dua cowok berumur sepuluh dan sembilan tahun.

Nah, dari pengalaman ini saya mau berbagi tips bagaimana membuat suasana berpuasa menyenangkan,

1.Sabar Menjawab

Anak umur segini kan seringnya bertanya melulu, walaupun pertanyaannya “Bunda buka puasa jam berapa? Berapa menit lagi?” dan pertanyaan itu diulang-ulang, makanya kudu sabar menjawab deh hahahahahaa…

Biasanya, mereka akan bertanya kalau sudah mulai jam lima sore. Nah, daripada saya emosi kalau mereka bertanya berulang-ulang, biasanya saya minta mereka untuk membacakan hafalan surat-surat pendek. Lebih bermanfaat dong….   J

2. Lebih Baik Sibuk Daripada Bengong

Walaupun mereka berpuasa, saya tidak membatasi aktivitasnya. Kecuali memang jadwalnya berubah. Misalnya nih, kalau bukan di bulan Ramadhan, mereka latihan di Sekolah Sepakbola di hari Selasa, Kamis dan Minggu. Khusus selama Ramadhan, latihan hanya hari minggu saja.

Berhubung mereka hobi banget main bola, jadi saya membiarkan mereka main bola. Kalau mereka teriak-teriak haus, saya justru menantang mereka untuk buka puasa, yang biasanya malah ditolak sama mereka hahahahahaa….

Kalau mereka haus, biasanya saya meminta mereka berwudhu dan tidur hehehehehee…. Bangun tidur sudah siap untuk berbuka puasa deh.

3. Atur Waktu Tidur

Ketika bulan Ramadhan, tidur pun mendapat pahala. Tapi, jangan mentang-mentang begitu jadi tidur melulu ya. Karena sekarang lagi libur sekolah, otomatis kegiatannya ya di rumah aja, ngga sekolah. Saya mengatur tidur mereka menjadi tiga waktu. Habis sholat subuh mereka boleh tidur sampai jam 9-10 pagi, trus harus berkegiatan fisik. Habis solat Zuhur, jam 1-2 biasanya harus tidur siang sampai jam 4.

Nah, di jam 4 bangun deh mereka, Sholat ashar dan lanjut…. Main bola lagi.

Malam hari, jam 9-10 mereka sudah harus tidur biar ngga susah dibangunin saat sahur. Trus, saya biasanya bangunin sahur di jam 3.30 biar ngga terlalu jauh sampai ke Subuh. Terima kasih banget buat gank Ini Sahur yang biasanya jadi tontonan wajib kami, ngantuk hilang seketika kalau menonton Sule, Andre and the gank ini.

Oh iya, apakah bangun sahurnya susah? Oh tentu saja. Tapi, saya biasanya ngga marah-marah kok. Cukup dicium-cium, dikelitikin dan digendong ke kamar mandi untum cuci muka dan mereka langsung bangun.

4. Bikin Kuis

Kalau capek main dan mereka mau ngadem di kamarnya aja, biasanya saya atau Suami memberikan kuis ke mereka. Berhubung mereka sudah kenal duit, kuisnya harus berhadiah uang. Misalnya nih, ada pertanyaan senilai seribu perak, mereka akan mendapatkan uang kalau bisa menjawab.

Tapi…. Uangnya ngga langsung dikasih saat itu juga. Karena itu, mereka selalu mengingat berapa jumlah uang mereka. Heran ya, ngga anak-anak, ngga orang dewasa, selalu ingat sama duit hahahahahaa….

5. Menyiapkan Makanan Kesukaan

Nah, ini sebenarnya kunci utamanya sih. Mereka suka banget makan masakan saya, sampai habis. Kalau lihat mereka makan, duh ngga percaya deh anak-anak kurus begini makannya banyak. Tapi, ini beneran loh hahahahahhaaa

Kalau buat makanan berat, mereka suka banget kalau saya masak rendang, beef teriyaki atau ayam goreng kecap. Nah, kalau buat makanan berbuka puasa biasanya saya siapkan gorengan, lontong isi, bihun atau mie goreng juga krupuk mie. Tentu saja semuanya ditambah dengan siraman bumbu kacang yang luar biasa menambah kenikmatan.

Oiya, saat bulan Ramadhan begini, makanan di rumah saya memang didominasi oleh gorengan. Bisa dibilang aneka gorengan ada di rumah saya. Mau bakwan, pisang goreng sampai singkong goreng, selalu stand by di rumah.

Kok makanannya goreng-gorengan melulu? Ngga takut sakit saat bulan Ramadhan begini?

Oh tentu tidak.

Memang sih kalau bulan Ramadhan begini sariawan, panas dalam, bibir pecah-pecah, sakit pencernaan jadi semacam momok ya. Tapi, menurut saya kan tergantung pencegahannya. Di rumah saya,  selalu tersedia Larutan Cap Kaki Tiga yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Ukuran konsumsinya pun perlu ditakar, hanya 200 ml. Kebiasaan meminum Larutan Cap Kaki Tiga saat sahur dan berbuka puasa ini banyak manfaatnya loh. Selain mencegah panas dalam, sariawan,juga  sembelit. Kandungan mineral alaminya memang bermanfaat banget loh…. 

Biasanya, saya meminum dalam keadaan dingin, karena segar banget loh….

Kalau anak-anak, paling suka minum Larutan Cap Kaki Tiga tersedia dalam rasa jeruk, anggur dan strawberry. Jelang maghrib, biasanya mereka mulai mengeluarkan Larutan Cap Kaki Tiga yang mereka simpan di kulkas sejak siang hari. Ketika diteguk, rasanya segar banget deh….Larutan Cap Kaki Tiga kan Pilihan Yang Benar dan Ahlinya Panas Dalam

Nah, kalau saya sudah berbagi tips dari pengalaman saya menjaga keponakan dan sepupu saat bulan Ramadhan, kamu cerita dong waktu kecil, punya pengalaman lucu apa sih saat bulan Ramadhan, Sharing dong di sini 🙂

 

 

 

 

 

 

 

31 Comments Lima Tips Membuat Anak Nyaman Menjalankan Puasa

  1. Tetty Hermawati

    Anakku nih masih susah belajar puasa, kadang inget bangun sahur, kadang ngga. Kalau moodnya lg bagus dia puasa, kalau lagi ga mood yaudah bablas ga mau puasa walau sampe zuhur

    Reply
  2. lia Lathifa

    Di rumah juga gorengan lontong sambel kacang mendominasi saat buka puasa, tapi ya gitu deh efek sampingnya ngeri kena panas dalam. Inspiring nih, aku jarang minum larutan cap kaki tiga, padahal bagus buat panas dalam

    Reply
  3. Nurul dwi larasati

    Pengalaman Ramadan saat kecil itu pernah ngumpet-ngumpet makan kue nastar sebelum berbuka puasa. Abisnya bikin ngiler si kuenya. Metabolisme selama berpuasa juga berubah, dari dalam suhu tubuh kita meningkat. Kalau nggak benar asupannya memang bikin panas dalam.

    Reply
  4. Rach Alida Bahaweres

    Alhamdulillah ya kalau kita care terhadap puasa anak, insyAllah anak juga akan semangat puasanya ya mba. Asik emang ada Larutan Cap Kaki Tiga. Ini kesukaan aku dan anak juga, mba. Bener-bener bisa hilangkan panas dalam. Kalau aku pengalaman [as puasa dulu ya paling sering haus tapi nggak berani minum diam-diam. Hehhee

    Reply
  5. April Hamsa

    kalau panas dalam atau sariawan yang diinget pasti Larutan cap Kaki Tiga 😀
    Oh yang buat anak ada rasa2nya gtu ya? Baru tau.
    Aku tahun ini gagal bikin anakku puasa haha, suka2 dia jadinya kadang sahur kadang molor , mungkin krn aku kelupaan sounding sebelum ramadan datang. Moga2 tahun depan lbh baik lg aamiin

    Reply
  6. mira utami

    Babam juga suka nih rasanya gak terlalu manis, malah bikin segar karena Babam suka mimisan kalau panas dalam. jadi lumayan stok untuk panas dalam

    Reply
  7. Anesa Nisa

    NYAHAHAHAA Gorengan yaaah makanna number one pas buka puasa. Kenapa itu enak bener ya makanannn. Apalagi sekarang cuaca panas bingit, makan gorengan, bisa2 panas dalam dahhh. Untung aja ada obat sekaligus pencegahnya ya sekarang. Gak cuman buat dewasa, tapi juga anak. Aaahh, me love it!

    Reply
  8. Dita Indrihapsari

    Seruuu banget itu yang kuis-kuisan.. Haha anak-anak pasti seneng deh.. 😀 Pas puasa memang enakan sibuk ya.. Di anak-anak juga jadi gak kerasa.. Aku juga lagi berusaha ngajak Boo puasa, tapi belum berhasil, nih..

    Reply
  9. Atisatya Arifin

    Betul bangeeet! Mending dibikin sibuk daripada bengong-bengong nggak jelas terus malah akhirnya ngaco dan bikin kesel (ujung-ujungnya si emak marah-marah. Berkurang deh pahalanya.)

    Mas Deniz sama Ade Zinan di rumah biasanya aku kasih kesibukan mengerjakan project (menggambar, bikin prakarya), menghafal Quran, sama bantuin bapaknya ngecat rumah. Hehehe.

    Reply
  10. Wian

    Hahaha pertanyaan kapan bukanya jadi pertanyaan yang selaluuu ditanyai setiap hari selama hampir 1 bulan ini. Dan yes aku pun bangunin krucils jam 3.30 atau bahkan lebih dikit supaya gak kelamaan nunggu adzan shubuhnya. Klo gak gitu, bisa bablas lagi tidur.

    Reply

Leave A Comment