Rumah Memez

Cerita Memez / Tips and Trick

Lima Tips Beli Tiket Kereta Api Dengan Harga Murah

Yang tahun ini mudik mana suaranyaaaaa…. ????

#Ngacung

Alhamdulillah, tahun ini saya dan keluarga suami mau mudik (Colek Pak Boss… please cutinya diapprove ya ) saya pernah mudik pakai mobil dari Jakarta ke Bima, yup perjalanan 1700an km pernah saya lalui demi mudik ke kampung Suami, atau justru mudik pakai pesawat dari Bandara Soekarno Hatta langsung ke Bandara Sultan Muhammad Salahudin. Kalau ngga ada halangan, Insya Allah mudik tahun ini dicampur antara naik pesawat sampai Lombok, kemudian lanjut perjalanan darat dengan mobil dari Mataram ke Bima, yang perjalanannya sekitar 10-12 jam.

Sebenarnya, kalau ditanya… saya justru pingin banget mudik naik kereta api. Kenapa? Karena perjalanan naik kereta api terbilang nyaman, bebas macet dan harganya variatif. Sebenarnya, keinginan ini justru karena “lapar mata” melihat status Facebook seorang teman….

Jadi, ceritanya beberapa hari lalu saya lihat status FB seorang teman, yang akan melakukan perjalanan ke Jawa Tengah dengan menggunakan kereta api. Duh… asyiknya. Kalau aja ke Bima, NTB bisa naik kereta, saya pasti mau banget. Apalagi, sebagai seorang AnKer alias Anak Kereta yang setiap hari pulang kerja dengan menggunakan kereta api, saya merasakan banget kenyamanan saat naik kereta.

Beberapa kali, saya juga pergi atau pulang dari Semarang atau Yogya, dengan naik kereta. Yup, beberapa tahun belakangan, ketika layanan kereta api menjadi semakin nyaman, moda transportasi ini jadi pilihan banyak orang, tidak terkecuali bagi para traveler.  Apalagi… kalau tiket pesawat ludes dan sulit didapat, banyak yang lebih suka beli tiket kereta api karena harganya masih lebih terjangkau.

Tapi…. jangan salah juga ya, kalau musim mudik begini, tiket kereta api saking larisnya, akan dijual sejak H-90, H-60 atau bahkan H-30. Persaingannya luar biasa lah… Bisa-bisa begadang demi mendapatkan tiket karena servernya akan sangat sibuk. Nah, di luar waktu hari raya, saya mau kasih tips bagaimana mendapatkan tiket kereta api dengan harga murah :

Sebenarnya sama saja antara tiket kereta api dengan tiket pesawat, yang harganya jauh lebih murah kalau beli jauh-jauh hari. Misalnya empat bulan sebelum keberangkatan, yang selisih harganya bisa berbeda cukup jauh. Ngga cuma itu sih, membeli tiket kereta sejak jauh-jauh hari bikin kita leluasa memilih kursi yang akan ditempati. Tapi, sebenarnya ngga perlu khawatir karena sebenarnya harga tiket kereta api jauh lebih stabil. Bedanya hanya kalau dekat-dekat tanggal keberangkatan, bisa saja kehabisan tiket.

Salah satu sumber utama untuk membeli tiket kereta, tentu saja websitenya KAI. Prosesnya pun tergolong mudah, hanya pesan tanggal keberangkatan, pilih kursi, dapat kode booking, kemudian bayar di ATM atau minimarket terdekat. Pastikan memilih harga termurah karena harga juga bisa sewaktu-waktu berubah tanpa pemberitahuan.

Pilihan lain, selain memesan lewat website resmi, bagi kamu yang mungkin ngga ada akses internet, bisa juga memesan tiket lewat Call Center KAI di nomor telepon 121 atau 021 -121. Sebelum memesan tiket lewat Call center, pastikan sudah mempersiapkan tanggal keberangkatan, tujuan, sampai nomor identitas. Jangan khawatir ya, petugas Call center KAI akan melayani dengan ramah dan sabar kok. Untuk pembayaran juga bisa dilakukan melalui ATM dan supermarket yang terdekat.

Perkembangan zaman membuat PT KAI terus berinovasi, salah satunya dengan menyediakan aplikasi pemesanan tiket yang mudah diakses dari smartphone. Buat yang suka berburu tiket murah atau tiket promo, pastikan kamu menginstall aplikasi KAI Access di smartphone. Kelebihan aplikasi ini adalah adanya informasi terbaru kalau ada promo tiket murah.

Sebenarnya ini tips paling terakhir yang saya sarankan. Karena apa? karena ini adalah alternatif terakhir ketika empat langkah tadi ngga berhasil dilakukan. Apalagi, sebagian petugas loket ngga melayani penjualan tiket. Tapi, kalau hanya sekedar tanya harga atau rute perjalanan akan dilayani dengan baik. Memang sih, beli tiket kereta api sekarang bisa online ataupun offline. Dan di beberapa momen khusus seperti hari besar atau hari kemerdekaan, akan ada promo harga khusus.

Dan yang terpenting… kalau mau dapat tiket kereta api murah, kelasnya adalah kelas ekonomi, bukan kelas eksekutif ya hehehehehhee…. Tapi, beberapa kali saya beli tiket Eksekutif, Bisnis atau Ekonomi justru bedanya ngga terlalu jauh sih. Maka, rajin-rajin aja cek harga lewat website atau aplikasinya ya…

Duh… saya jadi pingin buru-buru pesan tiket kereta api ke Yogya, untuk menengok adik saya yang kuliah di sana, sekaligus wisata kuliner. Kalau kamu, pingin jalan-jalan naik kereta ke mana sih? Cerita dong di sini…

 

155 total views, 7 views today

5 Comments Lima Tips Beli Tiket Kereta Api Dengan Harga Murah

  1. Ivonie

    Makasih sharing tipsnya mbak. Pedomanku nih, selama bisa ditempuh dengan kereta api, kenapa pilih yang lain hihihi
    Murah, nyaman dn bebas macet

    Reply
  2. Ivonie

    Makasih sharing tipsnya mbak. Pedomanku nih, selama bisa ditempuh dengan kereta api, kenapa pilih yang lain hihihi
    Murah, nyaman dn bebas macet

    Reply
  3. dian_ryan

    Iya mba, sekarang ini kalo pergi ke daerah jawa tengah-timur jadi lebih suka naik kereta api, meski perjalanan lebih lama tapi menyenangkan selama perjalanan, selain bisa ngeliat pemandangan juga kereta yang bersih dan bebas asap rokok, ber-ac meski ekonomi dan nyaman. Salut deh sama PT. KAI yang bebenah seperti sekarang.

    Reply

Leave A Comment