Rumah Memez

Cerita Memez

Lima Tips Aman Jalan Jalan Keluar Kota Dengan Bus

Siapa yang suka berpetualang, jalan-jalan dengan mencoba moda trasnportasi yang sebelumnya jarang digunakan????

Sayaaaaa #Tunjuk Tangan Di Pojokan ๐Ÿ™‚

Jadi, saya kan selama ini kalau jalan-jalan keluar kota naik Pesawat kalau rada jauh atau mengejar waktu tiba, Kereta Api kalau ke daerah Jawa, atau bawa mobil sendiri.

Nah, suatu hari karena pingin mencoba pengalaman baru, makanya kita jalan-jalan ke daerah Jawa Tengah dengan naik bus.

Tapi… sebenarnya apa saja sih yang harus diwaspadai, dipatuhi kalau jalan-jalan keluar kota dengan naik Bus? Langsung aja simak tips dari saya berikut ini yaa….

Naik Bus memang seru banget ya, apalagi sekarang Jalan Tol sudah menghubungkan banyak kota di Pulau Jawa, dijamin perjalanan jadi lebih cepat dan nyaman. Nah, ini lima tips aman jalan jalan keluar kota dengan naik bus :

1. Pastikan Membeli Tiket Di Agen Resmi

Sebenarnya banyak banget tempat membeli tiket Bus ya, tapi kalau saya sih jelas pilih yang resmi dan jelas. Soalnya, saya kan orangnya extra waspada, makanya kalau mau beli tiket bus itu kudu cek dan ricek dulu. Bahkan, saya ngga jarang cek cek agen tiket bus resmi, siapa tahu ada diskon hahahahhahaa #Modal Diskonย  Nah, sebelum membeli tiket, pilih aja dari banyakย  Perusahaan Otobus yang melayani trayek tujuan kamu. Misalnya nih, saya mau pergi ke kota di Jawa Tengah, salah satu perusahaan Otobus yang melayaninya adalah Lorena. Nah, untuk beli tiket Bus Lorena gampang banget deh…. kalau saya sih pilih beli di Traveloka, daripada kudu ribet-ribet ke Agen Bus di Terminal atau kalau di Depok di daerah rumah saya, ada banyak agen tiket bus di sepanjang Jalan raya Bogor. Kenapa saya rekomendasikan beli di Traveloka? Karena bisa mengecek jadwal dan stok tiket yang tersedia, bayarnya pun ngga ribet, lewat transfer dan voila… tiket bus sudah di tangan yaa…..

 

2. Pilih Kelas Bus Sesuai Kemampuan dan Kenyamanan

Belakangan, banyak perusahaan Otobus yang menyediakan kelas Bus dengan penuh kenyamanan. Bahkan, kenyamanannya ngga kalah dengan Pesawat atau Kereta kelas VIP. Tentu saja, kenyamanan ini berpengaruh besar dengan harga tiketnya ya.ย  Oiya perhatikan juga ya harga tiketnya, karena biasanya kalau musim Lebaran, Liburan Sekolah Anak, Natal dan Tahun Baru , harga tiket Bus akan naik.

 

3. Jangan Bawa Barang Terlalu Banyak

Saat naik Bus, memang ngga ada aturan yang jelas batas barang bawaan yang bisa disimpan di Bagasi. Nah, kalau di Bagasi mungkin bisa simpan agak banyak barang, tapi kalau di Kabin jangan bawa barang terlalu banyak ya. Selain karena tempatnya terbatas terlalu banyak barang yang disimpan di Kabin juga akan membuat perjalanan kurang nyaman karena ruang gerak terbatas dengan barang bawaan.

 

4. Perhatikan Aturan Di Bus

Walaupun naik Bus dan cenderung tidak ada aturan yang ketat, kamu juga harus mematuhi peraturan yang ada loh. Aturan umumnya sih, dilarang merokok selama di dalam Bus, sebaiknya tidak menyetel musik keras keras (Pakai headphone ya) dan kalau di peraturan naik Bus di Korea malah nggak boleh makan sih.

Kalau naik bus dan perjalanannya cukup jauh, memang Bus biasanya berhenti untuk istirahat dan makan. Nah, kalau makan di Bus juga lihat lihat dulu ya. Jangan makan kepiting di dalam bus hahahhahaa… kalau sekedar makanan ringan kayak Chiki, keripik atau permen sih nggak apa apa ya. Tapi, kalau makan nasi Padang its a big no no yaa…. nggak semua orang tahan dengan aromanya. Kalau ada yang lapar trus ngiler gimana jadinya? hahahahhahaa

 

5. Nikmati Perjalanan… Jangan Banyak Mengeluh

 

Sebuah perjalanan, sejatinya adalah sebuah petualangan, keluar dari zona nyaman untuk mencoba hal hal baru. Nah, walau sudah mengusahakan sebuah kenyamanan dengan naik bus yang nyaman, tapi namanya perjalanan tidak melulu mulus. Maka, nikmati saja yaaa….

Jangan sedikit-sedikit mengeluh tentang perjalanan, kecuali ketika laju busnya sudah membahayakan. Kalau saya sih sejuujurnya malah nyaman banget kalau sudah tidur di Bus hahahhahaa.. maklum, saya kan si Pelor alias Nempel Molor, jadi kalau nempel bantal sedikit, pasti langsung tidur ๐Ÿ™‚

 

Nah, itu tips dari saya tentang jalan jalan keluar kota naik bus. Kamu pernah jalan jalan ke mana aja sih dengan Bus? Sharing dong pengalaman serunya di sini….

 

 

25 Comments Lima Tips Aman Jalan Jalan Keluar Kota Dengan Bus

  1. Turis Cantik

    Naik bus usahin jangan bnyak minum apalagi minuman bersoda. Bus memang skrng banyak yg ada toilet, tp kl low budget ngak ada toiletnya. Pling males kalau di bus trus kebelet pipis sementara tempat pemberhentiian selnjutnya masih lama.

    Reply
    1. memez

      seumur umur naik bus di Indonesia belum ada yang nyaman toiletnya hehehehee…makanya memang paling benar jangan banyak minum minuman bersoda yaaa

      Reply
  2. Tetty Hermawati

    jadi inget waktu kecil kalau ke ciamis aku suka naik bus, selama di jalan tuh happy banget, walau perjalanannya bisa makan waktu 24 jam, namanya anak2 kali ya, happy happy aja ga dibikin capek, aku udah lama ga naik bus lagi.

    Reply
  3. Dewi Nuryanti

    Aku termasuk org yg jarang bgt bepergian ke luar kota pakai bis. Sepertinya asik juga jika nyobain ke luar kota dgn bis. Pasti ada keseruan tersendiri. Sekarang pun bnyk bis yg nyaman ya Mba dan bs disesuaikan dg budget

    Reply
  4. Eskaning Arum p

    Dulu aku suka bepergian naik bus karena buat kantong mahasiswa begitu terjangkau harganya. Tapi nggak suka sama sopir yang ugal-ugalan.

    Oh ya betul banget ga boleh makan yang aneh-aneh di bus. Misalnya durian hahaha, bisa mabok orang yang ga suka aromanya

    Reply
  5. Nurul Sufitri

    Kalau naik bus bareng rombongan tuh aku suka pisahkan antara tas kopor dan ransel. Ransel bisa diutak-atik keperluan yg sering dibutuhin sedangkan koper mah ditaro di bagasi paling isinya pakaian dll. Aku pqling suka duduk dekat jendela karena bisa lihat pemandangan dan enak nyendernya ๐Ÿ˜Š bus zaman now selain ada ac dan tv, ada wifi juga loh plus kulkasnya hehehe.

    Reply
  6. Dita Indrihapsari

    Udah lama banget, nih, aku gak naik bis keluar kota. Seringnya naik kereta atau pesawat. Tapi sampe sekarang, sih, masih inget banget pengalaman naik bis waktu ke Jawa. Bis-nya enak banget, nyaman, dingin lagi. Dan karena perjalanan malam jadi enggak berasa. Bis-bis sekarang juga udah makin keren, ya. Fasilitasnya udah lebih lengkap daripada dulu… Jadi pingin naik bis lagi, nih, abis baca tulisan Mba Memez…

    Reply
  7. Rach Alida Bahaweres

    Aku naik bus terjauh itu kayaknya dari Jakarta ke SUrabaya. Tapi berasa jauh banget pas dari Aceh ke Langsa. Hihihi. Menikmati banget naik bus kalau ada fasilitas bus yang nyaman bikin perjalanan menyenangkan

    Reply
  8. Lia Lathifa

    Huaaah bener mbak, naik bisa jangan sampai bawa-bawa makanan yang aromanya menyengat, bisa-bisa bikin pusing dan mual, kasihan penumpang lainnya

    Reply
  9. Hani S.

    Bagian “jangan mengeluh” itu setuju pakai banget. Justru kalau merasa kurang ini itu selama di perjalanan, harusnya kita sadari itulah seninya berpetualang traveling terutama dengan angkutan umum.

    Paling kalau aku antisipasi semua yang berhubungan dengan Krucils, sebisa mungkin meminimalisir ketidaknyamanan buat mereka (terutama bayi). Dan kalau bisa, tunggu bayi agak gedean dikit baru jalan2 agak jauh, wkwkwk.

    Ohya, bis ke Jawa ini suka dipakai Adikku juga nih kalau mudik ke Kota Kelahiran Istrinya, katanya bis kesana cukup nyaman walau perjalanan cukup lama. Bikin penasaran, hihi.

    Reply
  10. mira utami

    Udah lama bangetbaku gak pergi naik bus, dulu kalau mudik ngebus terus huhuhu. Emang harus waspada juga sih dan stamina juga musti dijaga.

    Reply
  11. Nunu Halimi

    Noted banget nih tipsnya, tapi emang ya di antara banyak moda transportasi, dari dulu aku paling suka naik bus mba, terutama keluar kota. Seru aja gitu lihat pemandangan, apalagi kalau naik busnya kayak Lorena gini, busnya bagus dan pelayanannya oke.

    Reply
  12. Elly Nurul

    Paling jarang baik bus, angkot juga jarang nih ka.. bus paling naik damri ke bandara hehe.. dulu waktu aku masih kecil deh pernah ke Jawa naik bus.. memang dulu seingat aku ramai banget.. tips ini penting banget nih buat aku kalo nanti baik bus ya ka..

    Reply
  13. Hanni Handayani

    berarti apa yang selama ini saya lakukan sudah benar, karena sebelum membeli tiket browsing dulu seperti apa bus, harga dan reviewnya biar nanti perjalanan menjadi menyenangkan

    Reply
  14. Shine

    Bener, apapub mida transportasinya asal jangan banyak mengeluh, udah seneng aja pasti bawaan. Dulu pas gadis, kalau naik bus, suka sekursi dengan yg suka ngeluh, pening pala eyke ๐Ÿ˜‚

    Reply
  15. Eni Martini

    Jadi inget deh, dulu aku suka ngebolang naik bus gini dari jaman SMP ke Garut, terus tahun 1999 kalau gak salah aku ke Tasik jalan malam eh ada yang jualan teh botol maksa kayak mau ngerampok, untung aku jalan bareng temen kulian cowok jadi lebih oke buat ngadepin pedagang liar gini.

    Reply
  16. Melinda Niswantari

    Aku pernah naik bus saat pulang kampung…dari BSD ke Kudus naik Bus juga berdua sama kaka waktuu itu. Kalau lagi nda nguber waktu atau santai sih oke-oke aja, apalagi sekarang bisnya lebih nyaman nda kek dulu. Ada selimut, dapat snack, kursinya juga nyaman dan ada live musicnya juga hahaha apalgi sekarang bisa beli via online ya hehe.

    Reply
  17. Elva Susanti

    Saya dulu sering banget pulang kampung naik bis waktu masih kuliah,soalnya merantau ๐Ÿ˜. Seru sih menurutku naik bis, bisa menikmati keindahan alam

    Reply

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.