Chiang Kai-Shek Memorial Hall, Taipei,  Oktober 2014

Rimbunnya pepohonan menyambut saya  di area taman yang berada di sekitar Chiang Kai-Shek Memorial Hall, Taipei, Taiwan.  Saya mengingat benar, saat itu waktu baru menunjukkan pukul sembilan pagi. Namun, udara begitu adem dan angin sepoi-sepoi bertiup dengan manja #TerSyahrini. Jujur… ingin sekali saya merebahkan badan, berbaring di rerumputan, atau sekedar menyandarkan tubuh pada kursi-kursi taman yang tersedia.

Di Taman ini, banyak manula yang diantar oleh pengasuhnya, untuk sekedar bercengkerama dengan teman sebaya, atau justru untuk berolahraga sambil duduk di atas kursi rodanya. Yup, pemerintah Taiwan memang menyediakan banyak taman sebagai tempat kegiatan warganya.  Konon kemajuan pembangunan sebuah kota, bisa dilihat pada banyaknya fasilitas umum yang disediakan. Tulisan lengkap saya tentang Taman di Taiwan ini bisa dilihat di sini….

Menikmati Taman Di Taiwan

Saat menikmati Taman di Taiwan ini, diam-diam saya berdoa, di Indonesia akan banyak fasilitas taman untuk warganya. Agar Mall tak melulu jadi tempat menghabiskan waktu di akhir pekan. Dan ternyata benar saja…. perlahan namun pasti, sejumlah pemerintah daerah mengalokasikan lahan khusus untuk Taman. Lihat saja taman-taman cantik yang ada di Jakarta, Bandung dan jangan lupa… di Bogor!!!

TAMAN KAULINAN, AGAR ANAK TAK MELULU MAIN GADGET

Rini dan Iyam terlihat begitu gembira saat mengawasi anak-anaknya bermain di Taman Kaulinan yang terletak di lapangan Sempur, Bogor. Dua perempuan yang tinggal di pusat kota Bogor ini sengaja mengajak anak-anaknya untuk bermain di Taman Kaulinan yang baru diresmikan Bima Arya, wali kota Bogor pada minggu, 5 Februari 2017 silam.  Menurut Bima Arya yang tampak energik ini, Taman Kaulinan adalah pusat taman bermain outdoor bagi anak-anak, yang pertama dimiliki Bogor, dan nantinya akan dijadikan sebagai percontohan bagi taman bermain yang akan dibangun kedepannya. Bahkan, Bima Arya mencanangkan Bogor sebagai kota sejuta taman.

Bima Arya bersama warga Bogor saat peresmian Taman Kaulinan

Taman Kaulinan adalah bentuk kepedulian sosial Alfamart yang bekerja sama dengan Yayasan Berani Bhakti Bangsa. Tahu ngga sih, pendirian taman ini dananya berasal dari donasi konsumen Alfamart. Jadi, kalau saya atau kamu belanja di Alfamart dan mendonasikan kembalian yang mungkin hanya sekedar recehan, maka donasi ini akan dikumpulkan dan diwujudkan dalam berbagai fasilitas yang berguna buat warga.

Berdiri di atas lahan seluas 600 meter, Taman Kaulinan dilengkapi dengan beragam fasilitas permainan tradisional seperti gatrik, engklek, enggrang, rumah pohon hingga spot untuk selfie, yang juga jadi spot favorite bagi pengunjung taman 🙂

Permainan Ayunan yang tersambung dengan rumah pohon

Permainan Engklek

Wheel Of Fortune

Permainan Ular Tangga

500 JUTA RUPIAH!!!!

Solihin, Corporate Affairs PT Sumber Alfaria Trijaya, saat diwawancarai Nurul, reporter Berani Kid

Dana pembangunan Taman Kaulinan diperkirakan sebesar 500 juta rupiah, yang berasal dari donasi konsumen Alfamart selama bulan November-Desember 2015. Menurut Pak Solihin, Taman Kaulinan dibangun untuk mengakomodasi kebutuhan anak-anak agar bisa bermain dan bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya.

Mengingat biaya pembangunan Taman Kaulinan ini cukup besar, maka partisipasi warga untuk menjaga fasilitas ini sangat diharapkan. Karena itu, Bima Arya sengaja menempatkan petugas keamanan khusus yang diberi nama Park Ranger. Dan, ada sejulah aturan yang diterapkan untuk bisa menikmati fasilitas di sini. Misalnya, taman akan ditutup pukul 10 malam, agar tak disalahgunakan untuk berpacaran. Dan yang terpenting, saat berada di sini, pengunjung dilarang merokok. Setuju banget deh….

MANFAAT BERMAIN DI TAMAN

Keberadaan fasilitas taman  memang sebaiknya dimanfaatkan warga dengan optimal. Apalagi, menurut situs Family Share yang saya kutip,  bermain di taman memiliki banyak manfaat untuk anak, diantaranya :

1. Memerangi Obesitas

Dengan bermain di taman, anak-anak akan lebih banyak bergerak sehingga aktivitas bermain ini membakar lemak. Dan anak-anak yang banyak bergerak saat di taman bisa terhindar dari obesitas atau kegemukan.

2. Mengembangkan Imajinasi Anak

Banyaknya benda-benda yang berada di sekitar anak saat bermain di taman, akan mengembangkan imajinasinya. tak hanya itu, aneka mainan yang ada di taman akan mengembangkan otak anak.

3. Memenuhi Kebutuhan Vitamin D

Beraktivitas di luar rumah akan membuat anak-anak terpapar sinar matahari, yang menjadi sumber utama vitamin D. Udara segar dan vitamin D yang didapat saat bermain di taman akan membantu pertumbuhan tubuh anak-anak dan membangun tulang yang kuat.

4. Tempat Bersosialisasi

Taman bermain biasanya dipenuhi anak-anak sebaya. Sehingga anak-anak yang bermain di taman bisa saling mengenal. dan bermain di alam bebas diyakini bisa mengembangkan kemampuan bahasa anak-anak saat berbicara dengan rekan sebayanya.

5. Mengembangkan Keterampilan Motorik

Saat berada di taman, anak-anak akan berjalan, memanjat, meluncur, berayun, bermain-main, dan segala macam gerak yang berguna untuk  keterampilan motorik. Satu manfaat besar tentang keterampilan motorik adalah membuat anak bergerak.

 

Kalau bermain di Taman bersama keponakan-keponakan, saya juga ikutan bergerak. Karena mereka sangat aktif, bergerak sana sini dan saya jadi harus lari-lari untuk mengawasi mereka. taman favorite saya sih yang ada tempat duduk, beralaskan rumput biar bisa bawa tikar, merebahkan badan dan memandang langit sambil menikmati angin sepoi-sepoi….

Kalau kamu, kriteria taman favorit menurut kamu seperti apa sih, dan di mana??? Cerita dong di sini…

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    9 Comments

  1. Melly Feyadin 09/02/2017 at 10:41 am

    Wah iya, kenapa baru kepikiran sekarang ya manfaat bermain di Taman. Anak2 perlu bgt main2 di Taman seperti itu.

    Ah, nanti aku mau sering2 ngajak ponakan ke taman kaulinan, mbak.

  2. April Hamsa 09/02/2017 at 10:47 am

    Anak2 emnag kudu sering2 diajakin main di outdoor kyk taman ya mbak, biar melatih kelincahan motoriknya 😀

  3. Een Endah 09/02/2017 at 10:52 am

    Seharusnya pemerintah daerah memang harus begini, menyediakan ruangan hijau buat warga berkumpul.

  4. Jalan-Jalan KeNai 09/02/2017 at 12:46 pm

    kalau makin banyak tempat bermain begini, bisa menolong banget supaya anak gak ketagihan main gadget. 🙂

  5. Hani S. 09/02/2017 at 2:09 pm

    Aku sukanya di Taman Menteng Kak, Taman kenangan masa lalu, ahahaha.

    Seru banget ya di Taman Kaulinan, Alfath happy banget disana lari2an, harus balik kesana dan semoga agak sepi supaya bisa coba semua permainan yang ada :))

  6. Levina 09/02/2017 at 4:08 pm

    Keren banget itu reporter ciliknya. Berani…..
    Iya Mbak, taman main seperti ini perlu ya untuk supaya anak-anak berkreativitas dan bebas dari gadget untuk beberapa saat.

  7. Dewi 11/02/2017 at 1:15 am

    Seneng ya Mba, kalo tiap daerah punya taman kek gini. Jadi anak-anak punya tempat atau ruang untuk mereka bermain sama teman-temannya 🙂

  8. zata ligouw 22/02/2017 at 1:24 pm

    ahhh setuju banget Mez, terutama yang memerangi obesitas dan kebutuhan vitamin D. Anak2ku sendiri aja agak susah kadang kalo diajak main keluar atau ke taman karena sudah nyaman dan asik dengan gadget, tapi saat mereka udah keluar malah enjoy 🙂

    • memez 22/02/2017 at 8:35 pm

      Tosss dong ah Mba Zata 🙂