Rumah Memez

Cerita Memez / Tips and Trick

Lima Aplikasi Editing Video Yang Makin Mudah Digunakan Di Samsung Tab

Sebenarnya, kegiatan membuat dan mengedit video bukan hal yang asing buat saya. Yup, kerja di tv lebih dari sepuluh tahun, dan menjalani usaha kecil (yang Insya allah bakalan besar 🙂 ) membuat saya harus familiar dengan kegiatan membuat dan mengedit video.

Tapi….. tentu saja beda kegiatan saya saat syuting untuk pekerjaan dengan ketika saya membuat vlog (ssssttt… channel youtube saya RumahMemezDotCom, please disubscribe ya…. ) kenapa? Karena ketika membuat dan mengedit video untuk pekerjaan, alat dan konsepnya beda. Kalau untuk pekerjaan, alatnya banyak dan bentuknya ngga praktis. Beda banget ketika membuat vlog, yang membuat saya memilih untuk mengedit videonya di gadget. nah, dari pengalaman saya, ini dia lima aplikasi edit video yang saya rekomendasikan….

  1. Power Director

Saya mengenal aplikasi ini ketika mengikuti workshop membuat dan mengedit video yang digagas oleh Mas Teguh Sudarisman. Saat itu, beliau mensyaratkan peserta untuk menginstall aplikasi ini dahulu, sebelum memulai kelas. Menurut saya, aplikasi Power Director yang terdiri dari versi gratisan dan versi berbayar, memang paling mudah dan cukup lengkap fiturnya.

Di Power director, kita bisa drag video atau foto dengan mudah, memotong durasi, memilih musik atau bahkan menambahkan teks. Keunggulan lainnya, video bisa langsung dikirim ke Facebook atau Youtube.

 

  1. Magisto

Aplikasi edit video Magisto ini juga jadi salah satu favorit. Karena fiturnya… banyak dan mudah!!!! Misalnya nih ya, ada efek stabilisasi video otomatis, pengenalan wajah secara otomatis, transisi yang banyak, sampai kemudahan berbagi ke akun sosial media. Ngga cuma video sih, di Magisto juga bisa mengedit serangkaian foto menjadi slide foto yang kemudian ditambahkan musik. Untuk Magisto, tersedia versi gratisan dan berbayar juga sih. Tentu saja yang berbayar akan lebih banyak fiturnya.

 

  1. Filmora Go Video

 

Aplikasi Filmora ini bisa dibilang sebagai aplikasi yang kekinian dan mudah digunakan. Di Filmora, tersedia ukuran video yang bisa disesuaikan dengan selera kamu. Bahkan, ada fitur “Easy Mode” buat pemula, atau yang sudah ahli dalam mengedit video bisa menggunakan fitur “Full Feature Mode” yang tentu saja kualitas dan resolusinya lebih bagus dan lengkap.

Selain itu, fitur unggulan lainnya Filmora adalah Font yang variatif, filter gambar yang disiapkan, sampai yang jadi unggulan dibandingkan aplikasi lainnya adalah video contoh yang disiapkan.

 

  1. Adobe Premiere Clip

Aplikasi ini sebenarnya adalah pengembangan dari Adobe Premiere yang ada di PC, yang sebenarnya juga sangat mudah digunakan. Aplikasi yang mulai dirilis pada tahun 2015 ini bahkan bisa dibilang sebagai aplikasi yang sangat-sangat amat mudah bagi pemula sekalipun.

Keunggulannya adalah foto atau video bisa diedit secara otomatis, hanya memasukkan filenya dan kemudian sisipkan musik. Dan… voila… jadi deh videonya. Yang menyenangkan… aplikasi ini gratis 🙂

 

  1. Kinemaster Pro

Kalau kamu suka bikin video tutorial, mengedit video dengan aplikasi Kinemaster Pro ini adalah pilihan tepat, karena fiturnya yang lengkap dan mudah digunakan. Bahkan, ada dua layer dalam sekali pengerjaan video, sehingga pengerjaan editing video jadi jauh lebih mudah dan ringkas. Fitur teksnya juga memudahkan karena backgroundnya bisa diganti sesuai keinginan. Sayangnya, kualitas video yang dihasilkan hanya berkualitas HD ( yang berukuran 1280 x 720).  Selain itu, ngga ada aplikasi premiumnya yang full. Jadi, kalau install ini, tiap bulan akan dikenakan biaya langganan.

 

MENGEDIT VIDEO PAKAI GADGET APA?

Kalau saya sih, paling suka mengedit video dengan gadget yang layarnya berukuran lebar. Rekomendasi saya adalah deretan Samsung Tab. Selain karena berbagai fitur unggulannya, harga Samsung Tab di Indonesia jelas lebih terjangkau, padahal kemampuannya memukau. Salah satu tipe  Samsung Tab yang saya taksir adalah Samsung Galaxy Tab A karena ada S Pen, atau stylus yang bikin mengedit jadi lebih mudah. Karena ngga cuma pakai jari, tapi juga pakai S Pennya.

 

Tapi… sebenarnya banyak lagi loh fitur unggul dari Samsung Tab ini, diantaranya :

  • Meski tersedia dalam ukuran 9,7 inch dan 8 inch, di Indonesia hanya tersedia yang ukuran 8 inch. Trus, panel layarnya terdiri dari 1024×768 pixels, sehingga jadi cerah.
  • Menggunakan prosessor QuadCore seri Qualcomm APQ 8016, dengan kecepatan 1,2 GHZ dan RAM 2 GB.
  • Kinerjanya multitasking, misalnya separuh layar untuk mengedit, separuh layarnya bisa untuk browsing.
  • Kamera belakang 5 MP dengan fitur auto fokus dan kamera depan 2 MP.
  • Slot penyimpanan eksternal hingga 128 GB.
  • Memori Internal yang disediakan adalah 16 GB dan 32 GB.
  • Kapasitas Baterai 4200 mAH dan beratnya hanya 300 gram
  • Harganya terjangkau, ngga sampai 3,5 juta, padahal fiturnya lengkap.

 

Nah, itu dia rekomendasi saya tentang aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit video di gadget, lengkap dengan gadget yang bikin aktivitas mengedit makin mudah dan menyenangkan. Kalau saya, paling senang menonton dan mengedit video makanan dan travelling. Kalau kamu sukanya menonton video apa sih? Sharing di sini yuk…. atau kalau punya rekomendasi channel youtube, juga boleh sharing di sini kok….

 

3 Comments Lima Aplikasi Editing Video Yang Makin Mudah Digunakan Di Samsung Tab

  1. Ivonie

    Suami yang sudah pakai salah satu aplikasi edit video di atas dan akupun jd penasaran mbak hihi
    Mantab dah ngedit di tab gitu krn layar jd lebar ya

  2. Dzulkhulaifah

    Jadi pingin deh belajar vlog, tapi belum tau aplikasi apa aja yang mendukung. Info dari mak memez manfaat banget nih. Dan itu samsungnya asik ya kalo pake stylus. Kadang aku merasa jariku kegedean soalnya hahahaha.

Comments are closed.