photo SOTO JURAGAN _zpsz98i3gw5.jpg

“Wah ini sih langganan di sini, pesannya biasa ya Mbak? ” sapaan akrab dari Mas Tomi, sang juru masak menyambut saya di Warung Soto Juragan yang terletak di jalan Kejayaan, Depok Timur.

Sebagai pelanggan yang sudah mencicipi (dan kecanduan) makan disini sejak dua tahun lalu, saya sudah kenal dan cukup akrab dengan Mas Tomi serta Pakde yang biasanya menjalankan operasional Soto Juragan. Makanya, ketika Mak Fadlun mengajak saya dan beberapa blogger Depok untuk mencicipi makanan disini, saya langsung semangat.

Mas Tomi yang sudah  tahu benar selera saya, yakni semangkuk soto kepala kambing  dengan potongan daging (bukan jeroan)  dan tulang muda langsung meracik menu kesukaan saya dengan penuh semangat dan penuh senyum.
 photo SOTO JURAGAN3_zpscgj5n93s.jpgTak butuh waktu lama, makanan kesukaan saya pun terhidang manis di atas meja. Biasanya saya memesan 4-5 potong daging yang disajikan dengan kuah dari susu dan rempah-rempah racikan. Potongan daging lembut serta kuahnya membuat lidah saya serasa bertualang ke surga kenikmatan.

 photo SOTO JURAGAN5_zpspv6kuewx.jpgKalau favorit saya adalah soto kepala kambing, Miswa yang selalu menjadi kompor untuk ke sini, lebih memilih Soto Bakar. Jadi, soto bakar ini adalah daging sapi yang dibakar terlebih dahulu, kemudian disajikan dengan kuah dari santan ala soto kuning. Rasanya? tentu ngga kalah nikmat sama soto kepala kambing kesukaan saya.  Walau nikmat luar biasa harganya ngga bikin nyesel, hanya 18 ribu untuk soto bakar dan soto kambing dihargai per potong, 4500.  photo SOTO JURAGAN7_zpsqridqwjc.jpgDahulu, Soto Juragan ini hanya berlokasi di sebuah tenda di depan sebuah bengkel motor. jadi, hanya bisa buka mulai pukul enam sore sampai pukul 12 malam. Nah… kemudian sebuah langkah berani diambil oleh Riki, sang pemilik yang bermitra dengan Tomi, sang juru masak. Di tahun 2015 ini, Riki mengembangkan usaha Soto Juragan dengan memindahkannya di sebuah kios, hingga waktu bukanya lebih panjang, mulai dari pukul 11 siang sampai 11 malam.  photo SOTO JURAGAN11_zpszbgy1uof.jpgCikal bakal Riki membuka Soto Juragan sebenarnya dimulai sejak 2013 silam. Pria beranak tiga ini membuka warung soto kuning Bogor di Poins Square Lebak Bulus, yang sayangnya tak berjalan lama karena tempatnya tergusur pembangunan terminal MRT. Usaha Soto Juragan kemudian dipindahnya ke sebuah tenda di Depok yang kini telah berkembang menjadi Warung Soto Juragan.Sebagai pembeli yang tahu benar perjuangan Mas Riki membangun usahanya, saya senang banget melihat kemajuan usahanya ini, apalagi karena tempatnya kini jauh lebih nyaman dan bersih.

 photo SOTO JURAGAN4_zpssbgll11u.jpg
Dalam rangka pengembangannya, Soto Juragan kemudian menyajikan banyak menu baru. Misalnya soto ayam ceker telur asin, tongseng, hingga laksa. Sementara itu, menu seperti sate kambing dan sate ayam yang juga diminanti pembeli, tetap dipertahankan.

Mumpung makannya beramai-ramai bersama teman-teman Blogger Depok, saya juga mencicipi cemilannya, karena biasanya sama Miswa makan soto semangkuk saja sudah kenyang banget. Cemilannya mulai dari Dimsum, Siomay sama Otak-otak. Rasanya….enak semua dan porsinya tidak terlalu besar. Harganya pun murah meriah hore, hanya sepuluh ribu rupiah saja. Kritik saya sih, piring yang digunakan terlalu besar, jadi makanannya terlihat sedikit sekali, padahal porsinya cukup.
 photo SOTO JURAGAN10_zpscanze74r.jpg
 photo SOTO JURAGAN8_zps4peseqt2.jpg
 photo SOTO JURAGAN9_zpsmxfmdk0l.jpgSelain makanannya yang juara, menu minumannya pun asyik dan variatif. Ada bajigur durian yang terasa benar duriannya, juga milk tea yang terdiri dari Thai tea, Green Tea serta Taro Tea yang harganya hanya sepuluh rupiah per gelas. Sementara itu, kalau yang suka minum banyak, pesan saja es teh manisnya yang porsinya benar-benar besar dan harganya hanya 4 ribu saja.

 photo SOTO JURAGAN6_zpsgk4ldukj.jpgThai Tea, Taro Tea dan Green Tea.

 Karena seringnya makan disini, saya rasa saya tak perlu menilai bagaimana rasa, kualitas serta harganya, karena dijamin benar-benar memuaskan. Tapi, yang paling saya suka adalah suasana akrab saat Pakde atau Mas Tomi menyajikan pesanan saya.Inilah wajah-wajah blogger Depok yang merasakan puas dan kenyang usai makan disini. photo SOTO JURAGAN12_zpslazm37ah.jpgSaya merekomendasikan makan di Soto Juragan bagi anda yang mau bertualang lidah ke surga penuh kenikmatan. Dan..inilah penilaian saya :

+POSITIF+

+ Harganya terjangkau

+ Rasanya enak dengan menu variatif

+ Pelayanannya cepat

+ Tempatnya nyaman

-NEGATIF-

– Lahan parkir terbatas

– Belum ada layanan antar (ini penting banget buat saya dan Miswa yang tinggal di Depok dengan kemacetannya)

 

 

Soto Juragan

Lokasi : Jl Kejayaan Depok Timur, dekat apotik Kimia Farma.

Twitter : @SotoJuragan

 

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    24 Comments

  1. HM Zwan 06/02/2015 at 11:41 am

    wakz,soto kepala kambing??hehehe..aku penasaran,kebayang eaknya hahaha..dulu sring akan gule kepala kambing waktu di Jawa hehehe

    • memez 06/02/2015 at 11:46 am

      Iya soto kepala kambing…. rasanya sihhh sudah tak perlu diragukan lagi 🙂

  2. mutia 06/02/2015 at 12:13 pm

    Aduuuh Mak, itu yang garing-garing namanya apa? Jadi pengen…:)

    • memez 06/02/2015 at 12:33 pm

      Yang mana mak?ada dimsum, somay dan otak2. Dan enak semuanya….

  3. santi 06/02/2015 at 12:51 pm

    mbak ini kalo dari margonda ke mana yah?

    • memez 06/02/2015 at 2:11 pm

      Margonda belok ke Juanda, dari Juanda kemudian arah spbu trus putar balik, dari gema Insani Press lurussss aja, nanti adanya di sebelah kiri. Agak ribet memang, tapi untuk sebuah makanan nikmat perjalanannya sebanding kok 🙂

      • dani 08/02/2015 at 9:53 am

        Waaah bener Mba, untuk makanan enak ribet dikit gapapa. Seru keknya makannya Mba.

        • memez 09/02/2015 at 12:51 am

          Seru banget makan-makannya 🙂

  4. Jade Ayu 06/02/2015 at 11:13 pm

    aahhh, poto soto dimana2. harus didatangi nih kynya soto juragan inihhh…

    • memez 07/02/2015 at 3:46 pm

      Ayo Bu Yu kita makan disini sekalian rumpi2 cantik 🙂

  5. Heni Puspita 07/02/2015 at 1:03 am

    Hujan-hujan begini ngebayangin makan soto, nyammm

    • memez 07/02/2015 at 3:44 pm

      Yukk memang enyak banget nih soto….

  6. Woro 07/02/2015 at 10:58 am

    Aiiiiih jadi lapeeeeer, nanti kalo BabyR uda bisa diajak jalan bolelah hihi

    • memez 07/02/2015 at 3:42 pm

      Yukkkk Baby R main-main ke sini, cicipin sotonya 🙂

  7. fadlun 08/02/2015 at 6:31 am

    Delivery siap yuu..aku juga butuh ke gdc qqiqi

    • memez 09/02/2015 at 12:52 am

      Yukkk apalagi hujan2 begini kan asyik kalau delivery 🙂

  8. Dwiyani Arta 08/02/2015 at 11:15 pm

    wuiih…baru tahu ada soto kepala kambing.
    soto bakarnya bikin penasaran euyy… 🙂

    • memez 09/02/2015 at 12:49 am

      Soto kepala kambing jadi daging di bagian kepala, enyaakkk sihhh

      Yuk cobain soto bakarnya 🙂

  9. mia fauzia 09/02/2015 at 9:14 am

    Waaa kapan yuks mez ke sini lagi kitaa

    • memez 09/02/2015 at 1:07 pm

      Semalam gue sudah ke sana lagi dong 🙂

  10. Yeye 09/02/2015 at 9:50 pm

    Memez, gw dah 2x balikkk nihhh hahaha

    • memez 10/02/2015 at 3:56 pm

      Bu yeye doyan yaaa… gue sih baru 1x balik

  11. Pypy 23/02/2015 at 3:07 pm

    Depok mang macet nya bgt yah mba Mez? Kmren lihat2 perumahan sana sih iklannya, hanya 10 menit dari stasiun A atau B gitu.. 😀 *ini kenapa salah fokus yah, maap yah mba Mez :D*

    • memez 24/02/2015 at 6:50 am

      Bener kok… asal naik motor. Depok itu enak banget buat naik kereta 🙂