3 Hari 2 malam di Cirebon memang ngga cukup untuk mencoba semua makanan khasnya. Tapi, di waktu yang sesempit itu, bisa bikin celana dan kemeja sempit saat kembali ke Jakarta. Dan menyenangkannya adalah, makanan di Cirebon ngga bikin kantong bolong, alias murah meriah hore… inilah beberapa makanan khas yang sempat gue coba 🙂

1. Empal gentong Mang Darma

Di Cirebon, nama Empal Gentong Mang Darma ada makanan yang wajib kudu fardhu dicoba. The real Mang Darma itu ada di jalan Slamet Riyadi, ada daerah Krucuk, tempatnya tuh sudah eye catching banget deh dengan warna oranye, background iklan Teh Botol Sosro.
Photobucket
harga satu porsinya adalah 14 ribu, dan belum termasuk nasi atau lontong. Kalau gue sih prefer pakai lontong. Cobain juga krupuk kulit kerbau yang harganya seribu perak per buah. Minumnya sih standar ya, es teh manis, es jeruk atau teh tawar panas -ini gratis- Mang Darma ini sudah dua generasi, karena Mang Darma alm sudah meninggal beberapa tahun lalu. Nah, bapak-bapak yang memotong daging itu sudah bekerja sejak tahun 1971! dan sampai saat ini untuk mengolah bumbu tetap dipegang oleh Bu Darma yang usianya hampir 80an. Oiya, Empal Gentong ini saat dimasak menggunakan kayu bakar pohon asem, karena katanya membuat kuahnya jadi lebih manis.

2. Mang Darma KW 1

Nah, waktu sampai di Cirebon Mang Darma sudah tutup -hari minggu jam 3 sudah tutup- akhirnya dicari lah another Mang darma eh ketemu di Jl Cipto, dekat Grage Mall.

Photobucket

Meski sama-sama se porsinya 14 ribu, tetap lebih enak Mang darma yang real lah. Disini bubuk cabenya tiga sendok ngga berasa pedas, sementara di the real Mang darma satu sendok aja sudah pedes bener. Tapi, disini tempatnya lebih nyaman dan ngga sumpek gitu. Trus, ada banyak alternatif makanan lainnya. Ada serabi nangka -harganya 2ribu aja- trus es kacang merah -10ribu aja- dan ada sate kambing, cap cay dll deh.

3. Nasi Lengko Haji Barno

Lokasinya di daerah Pagongan. Nasi Lengko itu nasi putih yang dicampur potongan tahu, tempe dan beberapa macam jenis sayuran trus dikasih bumbu. Sehat pastinya. tapi, sate kambingnya juga wajib dicoba. Seporsi nasi Lengko 7ribu aja, sate kambingnya 28ribu 10 tusuk, gue sih pesan lima tusuk aja.

Photobucket4. Nasi Jamblang

Letaknya di jalan dr Cipto, ngga jauh dari Mang darma KW1, alias di sampingnya Grage Mall. ini dia tempat makan yang menguji kejujuran, karena kita main ambil lauk dan bayarnya setelah selesai makan. Gue makan nasi dua, telur, sayur tahu, pepes jamur, oncom, ikan asin jambal dan es teh manis, cuma habis 10.500 makkkk gile murah bener kan. Nasinya perbungkus seribu perak, dan masih tercium banget aroma daun jatinya.Kalau ngga inget lemak di perut yang makin menggelambir, bisa nambah terus nih.

Petualangan lidah di Cirebon masih akan berlanjut 🙂

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

Comments are closed.