Rumah Memez

Teknologi

Kaya Berkat You Tube, Ini Rahasia Bayu Skak

Kaya Berkat Youtube, Ini Rahasia Bayu Skak

Youtube, sebuah situs web berbagi video memungkinkan penggunanya mengunggah, menonton, dan  berbagi video.  Sejak didirikan pada Februari 2005, pengguna Youtube kian bertambah. Tak terkecuali di Indonesia. Bahkan, Indonesia menjadi negara dengan pengguna Youtube terbesar di kawasan Asia Pasifik.

Pertumbuhan pengguna Youtube ini kemudian memunculkan pembuat konten video yang kian kreatif. Salah satunya adalah arek Malang bernama Bayu Skak. Berkat Youtube, Bayu Skak memperoleh penghasilan hingga puluhan juta ru[iah per bulan. Bahkan, Pemuda dengan logat jawa yang kental ini mengaku menjadi kaya berkat Youtube. Ini dia rahasianya…

Bayu Skak

Sosok Bayu Skak sebenarnya seperti remaja kebanyakan.  Cenderung santai, selengean, dan baru kelihatan ramai ketika bersama teman-temannya. Nama Skak yang melekat pada namanya sebenarnya berasal dari Sekumpulan Arek Kesel, yang merupakan semacam nama genk Bayu bersama lima orang temannya. Enam remaja asal Malang ini tadinya merupakan pelajar di SMKN 4 Malang SKAK alias Sekumpulan Arek Kesel sebenarnya adalah curahan hati mereka yang benar-benar kesal ketika menunggu render tugas sekolahnya.

Biasanya, sambil menunggu render tugas membuat animasi, mereka membuat video kocak, yang seenaknya mereka saja. Apa saja mereka videokan. Mulai dari guyonan sampai curhatan karena menjadi jomblo. Saat lulus SMK, perkumpulan SKAK ini berpisah dan  hanya menyisakan Bayu serta Alvan.

Setelah sempat vakum selama setahun, duo Bayu dan Alvan ini kemudian memulai kembali kreativitasnya dengan membuat berbagai video lucu nan kreatif. Aktor utamanya ya mereka berdua ini. Setting pembuatan videonya pun ngga jauh, yakni di kamarnya Bayu sendiri.  Tapi, hasilnya ternyata luar biasa. Saat artikel ini ditulis, pelanggan channel Bayu Skak di Youtube mencapai 502 ribu!!!!

Saat ditemui di rumahnya, Bayu Skak kemudian membagikan rahasianya bagaimana memperoleh uang puluhan juta rupiah dari Youtube. Ini dia rahasia suksesnya :

Kreatif dan Berciri Khas

Channel Youtube itu jutaan. Puluhan juta malah. Tapi, bagaimana agar digemari dan memiliki pelanggan tetap? Bayu Skak ternyata seringkali menceritakan kegalauannya menjadi jomblo dan peliknya menjalani sebuah hubungan. Ngga hanya itu, Bayu Skak juga seringkali berbicara dalam bahasa Jawa, yang menjadi ciri khasnya yang sangat lekat. Berkat ciri khasnya ini, penikmat videonya bahkan sampai ke Suriname, negara yang banyak penduduknya bisa berbahasa Jawa.

Konsisten

Konsisten di sini bukan hanya sekedar konsisten dengan ciri khas. tapi, juga konsisten dengan jadwal mengunggah. Bayu Skak sendiri mengunggah video barunya setiap sabtu pukul empat sore. Alasannya sih, ingin menghibur para jomblo yang ngga bisa malam mingguan. tetap ya #JombloUnited

Orisinalitas

Maksudnya adalah temanya orisinal, seluruh pendukung dalam video itu orisinal. Apa saja sih yang dimaksud pendukung video? Semuanya, termasuk musik, gambar atau grafis. Kenapa mesti orisinal dan milik sendiri? Karena Youtube bisa mendeteksi materi yang mengandung hak cipta pihak lain. Misalnya nih, kalau musiknya menggunakan lagu orang lain, video tersebut tidak bisa dipublikasikan dan dimonetisasi. Makanya Bayu Skak punya team yang khusus membuat musik latarnya. Belum mampu bikin musik sendiri? Jangan sedih, ada kok musik free rights yang bisa diunduh di Youtube.

Promosi Sosial Media

Habis membuat video dan kemudian mengunggahnya, jangan lupa promosi di semua lini sosial media. Mulai dari twitter, facebook, path, google+ atau apapun itu bentuknya. Tujuannya agar menarik pelanggan baru dan memberitahukan kepada loyal pelanggan tentang video yang baru dirilis.

Kolaborasi

Sukses menjadi Youtuber membuat Bayu Skak dan timnya tidak berhenti berinovasi. Salah satu inovasinya adalah berkolaborasi dengan sesama Youtuber seperti Bena Kribo atau Youtuber lain. Eitss… ngga hanya itu loh. Bayu Skak juga pernah berkolaborasi membuat video dengan Deddy Corbuzier, video berjudul The Worst Babysitter Ever ini ditonton hingga tujuhratus ribuan kali. Wowww… terbayang kan makin tebal kantongnya Bayu Skak ini. Kenapa mesti berkolaborasi? untuk variasi konten sehingga penonton setia tidak jenuh. Tapi, ngga hanya itu sih, kolaborasi juga membuat penggemar orang yang diajak berkolaborasi tertarik untuk menggemarinya juga.

Nah, itu dia rahasia sukses Bayu Skak menjadi Youtuber terkenal. Lantas, sebenarnya bagaimana memperoleh uang dari Youtube? Ada dua cara  yaitu :

1. Penempatan iklan

Iklan ini ditayangkan sebelum video diputar atau ketika video diputar. Berapa bayarannya? variatif. Mulai dari 3-7 Dollar Amerika per 1000 views atau 1000 penonton. Tapi, pencairan bayaran ini baru bisa dilakukan ketika sudah mencapai angka 100 Dollar Amerika.

2. Sponsor Produk

Berbeda dengan penempatan iklan yang bayarannya masih relatif kecil, sponsor produk jauh lebih menghasilkan. Untuk sekelas Bayu Skak sendiri kalau disponsori produk tarifnya sudah mencapai puluhan juta rupiah. Bagaimana caranya? Misalnya nih, Bayu Skak sebenarnya mempromosikan produk tersebut secara soft selling, tapi dibalut dnegan gaya khasnya. tarif ini tentu berbeda kalau Bayu Skak benar-benar mempromosikan produk tersebut secara hard selling. Colek managernya Bayu Skak nih, Arie yang juga bisa dihubungi di 085646364021 #SekalianPromo

Tertarik ingin mengikuti jejak Bayu Skak, meraup rupiah dari Youtube, ini dia yang harus dipersiapkan :

  1. Bikin akun Google, yang otomatis menjadi akun Youtube.
  2. Unggah video kreatif, menarik dan punya ciri khas sendiri.
  3. Ngga punya kamera bagus? Jangan sedih. Bayu Skak dulu juga pakai kamera seadanya. Editing pun gunakan saja aplikasi editing yang ada di handphone.
  4. Ketika video sudah mulai banyak yang menonton dan jumlahnya banyak, akan ada semacam agency yang menjadi penghubung antara Youtuber dengan pengiklan. Biasanya pembagiannya tergantung kesepakatan. Mulai dari 60 : 40, sampai 80 : 20.

Kenapa Youtube banyak dilirik dan bisa menghasilkan sumber menghasilkan uang? Menurut Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia yang dikutip dari sini, ada peningkatan pengguna Youtube di Indonesia dari tahun ke tahun mencapai 600% berdasar data kuartal ketiga 2015 dibandingkan tahun sebelumnya. Ngga hanya itu,  pertumbuhan jumlah video dan durasi menonton video di YouTube Indonesia pun bertambah panjang. Dibandingkan kuartal ketiga 2014, durasi menonton meningkat 130% tahun ini.  Mayoritas menonton YouTube melalui ponsel pintar dan rata-rata menghabiskan waktu selama tiga puluh menit. dan waktu menonton Youtube paling banyak itu usai jam makan siang dan malam hari.

Apa saja sih yang banyak ditonton di Youtube? Posisi pertama ditempati musik, selanjutnya disusul oleh tutorial, komedi, trailer film, film asing, User Generated Content, pendidikan, hiburan, sepak bola dan gaya hidup.

Jadi, tertarik mau jadi Youtuber dan memperoleh penghasilan dari Youtube? Yuk contek rahasia sukses Bayu Skak ini….

Bayu Skak dan team

Bersama Bayu Skak, team Bayu Skak serta tim liputan Jadi Pengusaha

 

 

 

16 Comments Kaya Berkat You Tube, Ini Rahasia Bayu Skak

  1. Adriana Dian

    Waaaah pantesan sekarang lagi menjamur vlog ya Maaak. Rejeki ternyata muncul dari banyak arah yang tak terduga-duga ya Mak 🙂 Keren!

  2. dani

    Kereeen! Buat bisa jadi Youtuber emang butuh usaha ekstra sih emang Mbak Memez. Bikin kontennya itu butuh effort lebih dari sekedar nulis doang kan yes? 😀

  3. Alaika

    Wow, luar biasa ya, peluang di youtube juga. Etapi, ga gampang memang. Seperti kata Danni, butuh effort dan kreatifitas yang luar biasa. Tapi ini juga celah yang jika kita mampu memanfaatkannya, akan jadi ladang uang yang tak kalah dengan yang lain ya, Mba?

    Nice share, Mba e, thanks!

  4. zata

    wah, salah satu Vlogger fav-nya anakku nih mba Memez 🙂

    makasih ya tulisannya.., mau aku tunjukinj ke si abang ah…

  5. Maya Siswadi

    Kayaknya anakku sering nonton ini. Jadi youtuber yg serious butuh ekstra effort. Kalau udah prof kayak gini pasti mikirin konsep, nyiapin set, nyiapin property, dsb ya. Kudu bener2 luangin waktu

    1. memez

      Iya Mba Maya, usahanya ternyata memang luar biasa. makanya ngga heran kalau kemudian mereka dibayar “mahal”

  6. Rahmania Radjadi

    Yang penting kreatifitas jangan sampe mati, kalo masalah income namanya rezeki pasti bisa dari mana aja termasuk blog dan YouTube dan banyaknya juga pasti sebanding sama usaha yang dikerjain 🙂 semangat ngeblognya ya!

  7. Pingback: 10 Fungsi Instagram Di Indonesia – Rumah Memez

Comments are closed.