KARTINI

 

Apa sih yang akan terlintas di dalam pikiran ketika nama Kartini disebut? Pasti tentang Perjuangan, emansipasi perempuan, habis gelap terbitlah terang, hingga tanggal 21 April yang diperingati sebagai hari Kartini. Ngga sepenuhnya salah sih. Kartini di zamannya memang berjuang dengan caranya sendiri untuk memperjuangkan emansipasi perempuan.

Nah, buat kita perempuan-perempuan yang hidup di zaman sekarang yang konon serba canggih, julukan Kartini itu rasanya pantas disematkan bagi perempuan yang bisa mandiri, tidak sepenuhnya bergantung pada pasangan, plus bisa cari uang sendiri walaupun dari rumah.

Cari uang dari rumah? Memangnya bisa? Ya bisa banget dong. Di zaman sekarang ketika internet sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia, rasanya semua hal bisa dipelajari, tanpa terkecuali. Tinggal buka google, youtube atau bahkan cukup dari Instagram. Semua hal bisa dipelajari. Trus trus… bagaimana sih caranya mencari tahu kegiatan yang menghasilkan uang yang cocok dengan diri kita? Gue sih menyarankan coba deh ikutan berbagaiΒ  kegiatannya “Kartini Blue Bird“.

 

APAAN SIH KARTINI BLUE BIRD INI?

Kartini Blue Bird adalah gerakan tanggung jawab sosial atau CSR (Corporate Social Responsibility) yang digagas oleh Blue Bird, sebuah perusahaan transportasi terkemuka di Indonesia. Berada di bawah payung Blue Bird Peduli, Kartini Blue Bird yang didirikan sejak 2014 silam, awalnya untuk menaungi istri-istri pengemudi Blue Bird yang ingin menambah penghasilan.

Awalnya, Kartini Blue Bird ini hanya terbagi dalam kelasΒ  Tata Boga, Bedding, Jahit, serta Sulam. Belakangan, kelas merias menjadi kelas tambahan karena banyak peminatnya. Dalam berkegiatan, Blue Bird tak hanya menyediakan rumah produksiΒ  yang terletak di Jl Pulo Sirih Barat Raya, Galaxy, Bekasi, tapi juga menyediakanΒ  fasilitas shuttle bus untuk memudahkan transportasi menuju rumah produksi KBB di Bekasi.

Karena kian banyak peminatnya, kegiatan Kartini Blue Bird ini juga dibuka untuk kaum perempuan yang bukan istri pengemudi Blue Bird. Contohnya nih, tanggal 4 Juni silam, gue menghadiri acara Kartini Blue bird yang digelar di working space Kolega yang terletak di jalan Suryo, Blok S, Jakarta Selatan. Nah, di hari itu agendanya adalah belajar membuat pie rose alias pie bunga mawar yang ternyata gampang banget.

NONI PURNOMO DAN KARTINI BLUE BIRD

Acara dibuka oleh Ibu Noni Purnomo,ketua Blue Bird Peduli dan Pengurus Kartini Blue Bird

Oiya, buat yang ikutan kegiatan Kartini Blue Bird ngga perlu khawatir, karena semua bahannya sudah disediakan. Seperti ketika membuat Pie Rose ini, dari bahan sampai celemeknya juga disiapkan. Bikinnya sih mudah, kulit pie yang sudah dipotong-potng panjang kemudian membungkus potongan apel yang sudah dibumbui dengan gula dan bubuk kayu manis semalam. Hasilnya….

KARTINI BLUE BIRD ROSE PIE

Voila… ini hasil gulungan gue. cakep ya… Lumayan deh πŸ™‚

KARTINI BLUE BIRD ROSE PIE2

Dan ini hasilnya setelah dipanggang… Terlihat menggiurkan ya:)

Pengajar di setiap kelas Kartini Blue Bird ini sepertinya sadar benar bahwa ngga semua peserta bisa langsung mempraktekan apa yang diajarkan, makanya cara mengajarnya sangat sabar sekali deh.

KARTINI BLUE BIRD

Peserta Workshop Culinary Art membuat Rose Pie bersama Kartini Blue Bird…

Seperti yang gue sebutkan di atas, kelas di Kartini Blue Bird ini ngga cuma kelas kuliner, tapi juga ada menjahit, merias, bahkan menyulam. Kalau mau ikutan, pantengin terus deh Instagram @Kartini_BlueBird atau websitenya www.kartinibluebird.com. Bahkan, mereka juga menawarkan diri kalau ada yang mau bikin kegiatan dengan support dari Kartini Blue Bird. Semua kegiatan ini GRATIS loh…. Gue sih mau ikutan lagi kalau ada kelas kuliner begini. Kalau kamu, tertarik ngga sih ikutan workshop free kayak begini? Tertariknya ikut kelas apa? Sharing dong di sini πŸ™‚

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    7 Comments

  1. roswithajassin 18/06/2016 at 8:01 am

    Jadi bisa ya aku minta dibuatin bu memez Rose Pie ^^

    • memez 18/06/2016 at 11:44 pm

      Bisa… bisa banget πŸ™‚ siapin aja bahannya ya πŸ™‚

  2. ulu 18/06/2016 at 9:20 am

    Wah bagus atuh, harus disebarluaskan kalo ada workshop2 buat perempuan, gratis pula. Bisa memberdayakan yang mau berdaya tapi gak tahu caranya. Kalo ada workshop kuliner di Bandung mah saya pasti ikut ah hehehe

    • memez 18/06/2016 at 11:44 pm

      Pantau aja terus Instagram @kartini_bluebird, bisa juga loh mengusulkan agar diadakan kegiatan di Bandung

  3. Anita d'Caritas 18/06/2016 at 10:19 am

    Wajah Kartini mekar seperti Rose Pie..pengen nyoba juga nih…

    • memez 18/06/2016 at 11:43 pm

      Yuk dicoba, mudah loh membuatnya πŸ™‚

  4. zata ligouw 19/06/2016 at 12:04 pm

    keren banget programnya Blue Bird yang satu ini ya… baru tau πŸ™‚