Salah satu serunya perjalanan backpacker saya dapatkan disini. Ketidakmengertian tentang bahasa Thailand, logat mereka yang aneh, dan suasana demo  antara massa kaos merah dan kaoskuning, juga Thai Girl Show alias Tiger Show bikin perjalanan ini makin menyenangkan.

Harusnya , catatan perjalanan ini saya tulis setahun lalu. Apa mau dikata, karena faktor ke(sok)sibukan baru sempat deh. Mudah-mudahan ngga lupa detailnya.

Habis dari Malaysia, perjalanan saya dan suami dilanjutkan ke Thailand. Dari stasiun KL Sentral sampai Hat Yai memakan waktu hampir 12 jam. Turun di stasiun Hat Yai, banyak calo-calo yang menawarkan bus atau mini van untuk melanjutkan perjalanan ke Krabi, Phuket atau Bangkok. Tapi, tenang aja. Calo disini ngga seganas di jatinegara atau Pulogadung yang bisa menarik-narik tangan calon penumpangnya. Dengan Tuk Tuk, saya diantar ke Travel agent,bayar Tuk Tuknya sekitar 20baht. Yah ngga terlalu jauh sih dari stasiun Hat Yai.

Di Travel Agent, Mini Van ke Bangkok itu berangkat setiap satu jam sekali. Tawar menawar pun terjadi, akhirnya untuk dua orang  dikenakan biaya 1500baht alias 450 ribu rupiah, berarti perorangnya 225ribu. Murah banget sih, menurut teman-teman yang saya tanya. Nama Travel Agentnya LOVE.

Sambil menunggu, saya makan buah-buahan potong yang jualan di depan kantor travel agent. ada nanas, semangka, melon yang rasanya suegerr banget. Harganya 10 baht per potong (dikali 300rupiah) . Jam 11an lewat dikit, akhirnya Mini van menuju bangkok diberangkatkan. Eh gw dianter sama tuk-tuk ke poolnya deh. Saya+suami menempati kursi depan. Mobilnya semacam Kia Travello yang gede banget itu, dibelakang ada kira-kira 12 penumpang deh.

Hat Yai – Bangkok itu kira-kira 12 jam perjalanan. Setiap satu jam sekali, mini van diisi gas, jadi harus turun. Setiap turun di SPBU pasti ada Seven Eleven. Jadilah setiap sejam sekali saya beli Thai Ice Tea, teh Tarik atau minuman yang unik-unik di Seven Eleven (Norak Mode On) jalan di Thailand itu mulusssss banget, makanya supirnya sempat ngantuk beberapa kali. Jam 1 pagi, kami sampai di Bangkok dan meneruskan perjalanan ke hotel dengan Taksi, menuju hotel di daerah Sukhumvit.

Daerah Sukhumvit ini memang daerah turis, jadi fasilitasnya juga bagus. Dekat ke BTS dan banyak bus kota yang lewat. Jalan kaki ke BTS lima menit, trus jalan-jalan deh ke MBK, Platinum (yang sayangnya ditutup karena ada demo massa) Thailand ini memang daerah yang pas untuk kunjungan wisata, kalau kita ngga tahu, orang-orang Thailand pasti akan dengan senang hati memberi tahu arah tujuan kita. Bahkan beberapa kali, saya dikasih kartu all day BTS, itu loh buat naik BTS. kalo sehari full kan 100 Baht. Nah ada yang ngasih tuh, lumayan kan.

Yang lucu waktu mau ke daerah Garden Palace  dari MBK naik bus bayarnya 7baht. Di depan kuil ada yang jual makanan burung, difoto-foto sambil kasih makanan burung (harga makanannya 20baht) eh sama nenek-nenek yang jual makanan burung itu, saya +suami difotoin trus dikasih bonus satu bungkus lagi.Yang belakangan saya tahu sebenarnya lady bird ini semacam scam :)))

Masuk ke Garden Palace  ini lumayan mahal, sekitar 105ribu rupiah. Pas pulang dari sana, kok di bus ngga ditagih ongkos ya? bus kota di Thailand sebenarnya jauh lebih jelek, lantainya aja kayu. Tapi mereka cukup teratur. Berhenti setiap halte aja.

Malamnya, saya+suami mau ke daerah patpong. Dari dekat BTS Sukhumvit naik taksi sekitar 45ribu. Penasaran mau nonton yng namanya Thai Girl Show. Ituloh pertunjukkan perempuan yang bisa melakukan sesuatu with her “V” langsung eneg deh melihatnya. Dengan lampu temaram, mereka meliukkan tubuhnya yang sebenarnya ngga seksi. Mukanya juga STD banget (sorry, ini bukan pembelaan ya) tapi kok bisa ya mereka kruk krek ihhh… Ngeri Mode On.

Agak BT juga disini karena sempat ditipu. Sebelumnya dibilang cuma bayar 45ribu per orang eh ngga taunya habis sekitar 250ribu. belum lagi mereka meminta-minta tips minimal 100bath. Cuma 10 menit di Thai Girl Show. Cluenya adalah kalau mau nonton Thai girl Show, tanya aja dan mereka akan menunjukkan dimana tempatnya.

Yang heran adalah, karena saat itu Bangkok sedang digempur dengan demo massa kaos merah dan kaos kuning. Militer sampai turun di daerah patpong ini dan mengamankannya. Dan melihat peralatan mereka, bikin minder deh… di daerah Patpong saya sempat juga beli durian montong asli, harganya 15ribu.  Asli enak banget.

Besoknya, sebelum meninggakan Bangkok, mampir dlu ke Khaosan road, daerahnya backpackeran. Trus naik Mini Van ke Bandara, bayarnya 45ribu rupiah per orang. Perjalanan dilanjutkan ke Phuket.

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    36 Comments

  1. Christine 21/07/2011 at 5:23 pm

    Salam Kenal,

    Mbak, boleh tau nggak, hotel di sukhumvit yang di booking dari agoda namanya apa, trus rate nya berapa?
    Makasih sebelumnya.

  2. Erza 26/07/2011 at 9:22 am

    Infonya bagus banget mbak.. Top!! Kalo dari KL ada gak bus yg langsung ke Hat Yai? Ato harus pergi ke penang ato ipoh? Oiya, brp ya ongkosnya? Hehehe.. Makasi..

    • memez 27/07/2011 at 9:02 am

      Maaf ya aku ngga tahu. Mungkin bisa dicek atau ikutan di milis indobackpacker@yahoogroups.com, kalau aku senagaja ilih kereta karena ada tempat tidurnya dan perjalanannya cukup panjuang.
      Anyway, thanks for blogwalking.

  3. Herni 27/07/2011 at 11:08 am

    Mba Memez, salam kenal.
    Thanks sudah submit pengalaman perjalanan ke Thailand.
    Tolong tanya mba, dari Bkk ke Phuket naik apa ya? dan berapa lama?
    Apakah Phuket bagus? Dibandingkan dengan Phi Phi Island, mana yang lebih baik?
    Thanks

    • memez 27/07/2011 at 10:45 pm

      Sebagai hunter tiket murah meriah, aku waktu itu naik air asia, klu ngga salah sekitar 400rban. Naik bus bisa sih sama kok hargany. Tpi kurang lebih 12jam. Phuket lebih bagus dan lebih variatif ketimbang phi phi island. Kalau di phi phi hanya sekedar snorkling, kalau di Phuket kan banyak pilihan.

  4. ricodecoro 14/08/2011 at 2:26 pm

    kak… abis lebaran gw mo k bangkok… gw blum pernah kesana… mo tanya… kalo dari bandara ke kota nya jauh gak? naik taksi klo ke hotel yang kayak kk bilang itu berapaan?

  5. DanielMartogi 25/08/2011 at 8:03 pm

    Wah apa benar dari hatyai menuju bangkok 12 jam sist?? Saya bulan depan mau ke KL rencananya kami mau ke bangkok,, jadi dari KL menuju bangkok kalau dihitung2 berapa jam? Thanks sist

    • memez 25/08/2011 at 11:11 pm

      Waktu itu perjalana gue 12 jam karenatiap jam supir travelnya berhenti. Mungkin kalau ngga berhenti sejam sekali bisa lebih cepat ya. Total dari KL ke Bangkok itu sehari semalam. Dengan catatan dari Malaysia gue naik kereta bukan naik bus dari Puduraya. Selamat mencoba…

  6. hany 27/03/2012 at 8:25 am

    mbak, mo nanya2 ni….. kalo mo nginap di daerah yg strategis untuk jalan2 n makan ….lebih oke di Sukhumvit ato Khaosan road ya?

    • memez 27/03/2012 at 11:34 am

      Kalau aku sih prefer Sukhumvit ya, sama BTS tuh dekat bgt. cuma 5 menit jalan kaki.

    • Jeanette 12/04/2012 at 5:33 pm

      Halo… kebetulan saya uda tinggal setaun di sini… menurut saya mendingan di daerah sukhumvit yah… kalo bisa milihnya yang deket2 ama siam karena di situ lah pusat perbelanjaan… hohohoho… bisa dicek aja di agoda buat semua info lengkapnya. kalo daerah khaosan lebih jauh buat ke mana2 dan itu cuman daerah tempat tinggal turis bule2… buat backpacking cocok deh di situ. hope this helps ya!

      • memez 13/04/2012 at 12:37 am

        Wahhh terima kasih atas tambahan infonya 🙂

      • linda 23/06/2012 at 7:04 pm

        kalo dari hatyai ke bangkok naik kereta api atau bus mn lbh cepat? n harganya brpaan sih? bulan 8 nanti gw mau kesana, dr penang ke hatyai trus ke bangkok, tq infonya

        • memez 25/06/2012 at 1:43 am

          kalau kereta kan jadwalnya fix, kalau naik bus atau travel kan lebih banyak pilihan. Sepertinya lebih cepat naik kereta. kalau saya waktu itu naik mini bus kena 224 ribu per orang (750 bath) kalau mau naik bus atau travel tawar dlu ya, kalau tiket kereta kan harganya fix. Have fun yaa

      • lely 27/07/2012 at 11:20 am

        Hello salam kenal mb…makasih infonya..
        Orang tua saya kebetulan kami kasih hadiah untuk jalan ke bangkok, selama 8 hari besok tgl 1 berangkat, kami dah kumpulkan info, tapi mbak Jeanette, bisa minta info kl beli number lokal di bangkok dimana ya?maklum bahasa inggrisnya gak begitu lancar..

      • Erni Siregar 04/09/2012 at 6:10 pm

        jeanet, saya dan rombongan bln desember mau ke bangkoko selama 3 hari, bisa bantu rute jalan2nya dan belanjanya. Hotel yng terjangkau dimana ? makasih ya, salam kenal……….

        • Vaksin 14/11/2012 at 8:15 pm

          Hi gue tgl 19 dec ’12 jga mau ke bangkok n pattaya. Rencana mau nginep arnoma hotel. Utk lokasi strategis sih mgkn novitel siam ya hrganya 600 an per malam. Utk guide lbh lengkap coba aja ke javamilk.com atau bangkok travel guide at wiki.

          • memez 15/11/2012 at 1:01 am

            terima kasih infonya

  7. Budhi 25/07/2012 at 9:11 pm

    Kemarin aku juga abis dari Bangkok mbak, tapi sayangnya gak sempet mampir ke Phuket. Mampir ke blog aku ya mbak -> http://tbudhisantoso.blogspot.com/2012/06/nrd2bkk.html

    • memez 26/07/2012 at 10:50 pm

      Sudah mampir tapi kok ngga bisa balas komentar ya???

  8. apriliana 27/07/2012 at 1:23 pm

    salam kenal, makasih infonya
    mb saya mau tanya kalo mau cari nomer local bagaimana caranya?
    thx.

    • memez 29/07/2012 at 3:59 am

      Biasanya di 7 Eleven bisa kok. Saya waktu itu ngga beli nomor lokal. Pakai Simpa*i dan XPl*r

  9. Alex 29/07/2012 at 7:49 pm

    sekedar shar,yaa,.maaf saya tidak lebih berpengalaman dengan M’bak memez,salam kenal,2009 pengalaman saya dari jakarta langsung ke Bangkok dengan harga tiket promo kami berempat ,tinggal di guesthouse 200 ribu bersih bangat,ada air panas,sePUTaRan Bangloompho dekat Khao san Road titik temu Bule Bule, disini saya mau shar, dari bangkok naik kereta api yang ber AC dan lumayan bersih malam bangkunya di lebarin untuk tidur , 300 ribu rupiah ,Bangkok-Butterwood Malaysia perjalanan 23 jam tapi asyik banget,dari boterwood nyebrang dng ferry ke pulau Penang hanya 1-2 RM (lupa) dari penang naik bus ke genting -KL- JOHOR, KEMbali ke jakarta ,4 person dengan bugget yang sangat murah,sorry saya SD ga tamat tidak pintar nyusun kata kata, dan maaf kalau dana tidak memadai !”BANGKOK ! tidak salah lagi, murah ,makanan murah sehari sy habisi 5-6 gelas thai tea, trim;s kawan kawan.

    • memez 31/07/2012 at 12:23 am

      Makasiiiii sharingnya 🙂
      setuju banget, Thailand itu murah+asyik.

  10. sienny 17/10/2012 at 9:14 am

    hiii… bagi yang mau ke Thailand butuh sewa mobil atau cari paket tour Bangkok, Pattaya dan sekitarnya
    silahkan buka link http://www.facebook.com/SewaMobilTourDiBangkok.
    atau s1317ny.blogspot.com untuk informasi tempat wisata.

    • memez 22/10/2012 at 1:02 pm

      Terima kasih infonya.

  11. Retno patongloan 08/12/2014 at 11:04 pm

    Halloo mba.. Nanya donkz…
    Ada nggak kereta dari Hat Yai ke Bangkok..?? Makasih

  12. gamal 08/01/2015 at 10:52 pm

    mbak mw nanyak ni. saya 2 hri lagi mw ke bangkok dr penang. rencana mw naik bus atw kereta api tp masi bingung cepatan mana !!! menurut mbak mana yg lebih cepat ??? thank u mbak

    • memez 11/01/2015 at 8:36 pm

      menurut saya sih bus ya…kereta kelamaan berhentinya…

  13. deby 20/01/2015 at 10:20 pm

    Terimakasih mbak atas review nya.. minggu depan saya mau ke bangkok dr penang, kira2 kendaraan dari penang sampai ke bangkok habis biaya brp yaa? ada travel agent yg menyediakan paket ke bangkok? Terimakasih 😀

  14. Gayahidupku.com 26/05/2016 at 4:44 pm

    Wah asyik ya traveling ke Bangkok 😀

  15. Angel 08/03/2017 at 11:58 am

    Haii mbak boleh nnyk gk ya.
    Dr hatyai kmren naik apa ya ke bkk ?

  16. Angel 08/03/2017 at 11:59 am

    Haii mbak boleh nnyk gk ya.
    Dr hatyai kmren naik apa ya ke bkk ?
    Klo naik kreta api masi ada gk ya ?

    • memez 16/03/2017 at 10:19 pm

      sepertinya masih ada