Love Your Haters They Are Your Biggest Fans

Konon, menjadi selebriti atau orang terkenal saat ini ujiannya kian banyak. Selain dituntut untuk “punya” karya, selebriti saat ini juga harus siap menghadapi caci maki dari haters di sosial media. Sikap selebriti mengadapi serangan haters pun berbeda-beda. Seperti apa sikapnya? Dan selebriti yang mana yang patut ditiru?

Dinamika dunia hiburan baik di Indonesia ataupun Dunia selalu berkembang seiring zaman. Kalau dulu, mengomentari suka atau tidak suka dengan kelakuan selebriti, paling hanya bisa dilakukan saat ngobrol bersama rekan atau kerabat. Sekarang? suka ataupun ngga suka sama selebriti bisa langsung dituliskan di akun sosial media selebriti tersebut.

Alhasil, belakangan banyak akun sosial media selebriti yang panen hujatan dan sedihnya malah sedikit pujian, hingga muncul sekumpulan orang yang biasa disebut HATERS. Biasanya, haters ini mengungkapkan ketidaksukaannya di sosial media Instagram. Pertimbangannya, tentu karena komentar di Instagram bisa dilihat satu persatu, beda dengan twitter yang harus memention, dan kalau tidak di retweet atau dibalas sang seleb, baru akan terlihat. Pertimbangan lainnya adalah karakter di Instagram jauh lebih banyak ketimbang Twitter. Bagaimana para selebriti menjawab aksi hatersnya? Ini dia hasil pengamatan gue :

1. MULAN JAMEELA

Mohon dikoreksi kalau gue salah. Tapi, menurut pengamatan gue di Instagram, akun hatersnya Mulan Jameela tergolong paling banyak,  ada puluhan akun. Tapi, akun @MulanJameelaQueen yang update dan konsisten banget menyuarakan ketidaksukaannya pada Mulan Jameela. Bahkan, followernya sampai  239ribuan.  Apa saja isinya? Kebanyakan sih potongan video atau wawancara Mulan di berbagai di media yang kontradiktif.  Akun ini juga menjadi inisiator agar Mulan Jameela dan Ahmad Dhani diboikot, lewat petisi di situs change.org

Haters Mulan Jameela

Lantas apa sikap Mulan Jameela? Saat diwawancara di program Dear Haters Liputan6.Com, Mulan mengaku memilih diam dan meminta haters untuk tidak mengusik atau membully anak-anaknya. Tapi, dalam pemberitaan akhir maret lalu, Mulan sempat melaporkan Haters, yang hingga kini belum jelas kelanjutannya.

2. BELLA SHOFIE

Selain Mulan Jameela, Bella Shofie adalah selebriti yang akun hatersnya menjamur.  Ngga cuma mengkritik kelakuan Bella Shofie, hatersnya juga kerap mengomentari Tata Liem, manajernya, hingga Icha Calista, adiknya. Bahkan, saat Bella menikah dengan Suryono, akun hatersnya mengemukakan fakta-fakta yang mencengangkan, hingga ngga heran menjadi data dan rujukan sebagian pewarta hiburan.

Haters Bella Shofie

Sempat lama diam dan tak bersikap apapun. Beberapa waktu lalu, Bella Shofie melaporkan Alvin Matondang seorang selebgram yang merasa tersinggung dengan ucapan Bella.

“Saya pribadi sebagai orang Batak saya kecewa dengan pernyataan yang dia bilang pakai bahasa Batak itu bikin sakit kepala. Yang kedua dia di luar merasa ilfil menggunakan bahasa Batak. Menurut kami khususnya saya sebagai warga Batak merasa kecewa,” ungkap Alvin

Alvin Matondang sendiri tak merasa sebagai haters Bella Shofie. Akibat laporan Bella Shofie, Alvin berstatus tersangka yang membuatnya wajib lapor  seminggu sekali, setiap hari kamis. Lalu apakah dengan dilaporkannya Alvin, haters Bella Shofie berkurang? Sepertinya tidak. Belakangan, akun hatersnya malah bertambah. Bahkan, ada haters yang menjadi inisiator petisi untuk menghentikan penampilan Bella Shofie di berbagai media.

3. DEDDY CORBUZIER

Ibarat permainan catur, Deddy Corbuzier yang mempunyai akun instagram @matercorbuzier langsung menskak mat hatersnya. Suatu waktu, berdasarkan penelusuran timnya, Deddy Corbuzier menemukan hatersnya adalah seorang remaja pengguna narkoba. Haters yang mengungkapkan kata-kata tak senonoh ini kemudian datang menemui Deddy Corbuzier dengan ditemani Ibunya. sambil bersimpuh kepada Ibunya, Haters ini kemudian meminta maaf kepada Deddy Corbuzier.

Haters Deddy Corbuzier

Ngga cuma itu, Deddy Corbuzier juga pernah “menangkap” seorang haters yang mengatai Chika Jessica sebagai PSK dan membawa agama untuk mengungkapkan kebenciannya. Identitas haters yang belakangan diketahui bernama Antho ini kemudian diketahui berkat bantuan polisi, tim IT dan follower lainnya. Deddy Corbuzier juga sempat membuat sayembara dengan hadiah sepuluh juta rupiah bagi followernya yang bisa memberikan info soal Antho ini. Setelah diketahui identitasnya, Antho kemudian dibawa ke Jakarta. Saat dipertemukan, Antho meminta maaf dan mengungkapkan penyesalannya.

Haters Deddy Corbuzier Antho

Diantara semua selebriti, Deddy Corbuzier memang terlihat sangat serius memberantas pelaku haters. Lantaran dia ingin sosial media tidak disalahgunakan untuk ajang caci maki dan hal bersifat negatif begini.

4. AYU TING TING

Di Indonesia, akun Instagram Ayu Ting Ting punya follower paling banyak. Saat artikel ini diposting, followernya mencapai 11, 8 juta. Luar biasa ya…. Sebenarnya, tidak terlalu banyak hatersnya mengungkapkan kebenciannya secara khusus. Namun, belakangan sebuah akun haters di Instagram menyuarakan ketidaksukaannya secara jelas lantaran sikap Ayu Ting Ting yang dinilai terlalu “dekat” dengan Raffi Ahmad. Bahkan, ada sebuah petisi kepada Komisi Penyiaran Indonesia untuk memboikot acara televisi yang menampilkan Ayu Ting Ting dan Raffi Ahmad.

Ayu Ting Ting sendiri hingga kini belum bersikap apapun dan masih memilih diam. Dalam salah satu postingan di Instagramnya, Ayu Ting Ting berpendapat bahwa akun haters sengaja dibuat untuk mengumpulkan followers, yang kemudian diubah menjadi akun online shop.

Ayu Ting Ting Jawab Haters

Benarkah akan seperti ini? kita tunggu saja.

5. RIANA RARA KALSUM

Sejujurnya, gue ngga tahu mbak ini siapa. Setelah sempat follow akun Instagramnya, gue baru tahu ternyata Mba Riana ini mengaku pernah punya hubungan dengan Zulfikar, anak bungsunya Deddy Mizwar.  Beberapa waktu kemudian,  Mba Riana ini menuntut tanggung jawab Zulfikar, salah satu usahanya adalah mengadu ke atasan Zulfikar. Kenapa ke atasan? karena Zulfikar adalah seorang tentara. Berbeda dengan akun haters lainnya, akun hatersnya Riana Rara Kalsum ini terbuka banget, tidak menggembok akunnya, dan cenderung memparodikan Riana Rara Kalsum.

Haters Rara Kalsum

Riana Rara kalsum sendiri hingga saat ini masih membiarkan prilaku hatersnya ini. Terakhir kali, Riana hanya memention akun twitter Divisi Humas Mbaes Polri untuk mengusut akun-akun yang disebutnya mencemarkan nama baiknya.

Riana Rara kalsum jawab haters

Sebenarnya sih, suka atau ngga suka sama selebriti wajar-wajar saja ya. Tapi, kalau kebenciannya sudah mendarah daging sampai merasa semua hal yang dilakukan selebriti tersebut adalah buruk, kayaknya kudu bertanya sama diri sendiri. Apa sih yang dilakukan selebriti tersebut sampai segitu bencinya. Dan lagi, berhati-hatilah mengungkapkan kebencian terhadap sosok selebriti di media sosial.

Dikutip dari situs hukum online,  menurut UU No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik,  tindakan menunjukkan penghinaan terhadap orang lain dengan maksud diketahui oleh umum tercermin bisa dijerat dengan  Pasal 27 ayat (3) UU ITE yang berbunyi:

Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.”

Ngga main-main loh, ancaman hukumannya adalah pidana penjara paling lama enam tahun dan/atau denda paling banyak satu Miliar rupiah.

Namun, menurut  Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 50/PUU-VI/2008 mengenai konstitusionalitas Pasal 27 ayat (3) UU ITE  menegaskan bahwa pasal tersebut merupakan delik aduan. Jadi, perkara ini dapat diproses hukum kalau selebriti tersebut merasa tercemar nama baiknya dan mengadukan hal ini ke pihak kepolisian.

Karena sifatnya subyektif, untuk memperkuat keterangan Selebriti yang merasa terhina itu, mungkin diperlukan pendapat ahli, seperti ahli bahasa, ahli psikologi, dan ahli komunikasi.

Tapi, hati-hati juga, jika ada seorang penggemar tidak terima idolanya dicaci maki oleh haters, penggemarnya juga bisa melaporkan situs-situs/tautan bermasalah (jika penghinaan tersebut dibuat dalam suatu situs/tautan) melalui Kontak Pengaduan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

 Trus trus masih pingin komentarin Seleb secara langsung dan dijawab langsung oleh selebnya? jangan sedih.  Fenomena haters yang menjamur ini membuat Iwan Setyawan, seorang penulis danIwan Triono, Wakil Pemimpin Redaksi Liputan6.Com membuat program “Dear Haters”.  Program yang disiarkan secara live streaming setiap Kamis pukul lima sore ini,  mengundang selebriti untuk menjawab langsung komentar atau pertanyaan dari haters maupun penggemarnya.

Menurut Telni Rusmintantri, redaktur pelaksana Liputan6.Com, selama program ini mengudara belum ada selebriti yang termakan emosi saat menjawab komentar hatersnya. “Bahkan, sampai komentar terpedas pun mereka jawab tanpa emosi. Sepertinya sudah cuek abis,” jelasnya.

Selama program ini mengudara, sejumlah selebriti sudah diundang. Mulai dari Bella Shofie, Farhat Abbas, Regina mantan istrinya, Nikita Mirzani, Ahmad Dhani, hingga yang teranyar Mulan Jameela.

Jadi, menurut kamu seleb yang patut ditiru saat menghadapi haters siapa sih? Dan hatersnya seleb mana yang paling unik? Sharing dong di sini…

 

 

 

 

 

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    13 Comments

  1. Yeye 12/04/2016 at 7:30 am

    Klo gw, Ga ada yg perlu ditiru sih dr seleb diatas hahahaha. Yahh yg namanya seleb, emg kudu siap mental klo ada yg nyinyir, krn ga semua org suka sm tuh seleb. Apalagiiiii yg seleb nya betingkah, beuh… Hahaahhaaha #ikutannyinyir

    Klo akun haters yg paling unik, uhm.. Kynya semua akun haters itu unik semua yah. Tau semua cacat2 nya seleb yg di nyinyirin plus mereka ngmg jg sekalian ada fotonya juga. Unik semua lah bahahahaha #NgakakSetan

    • Desi 12/04/2016 at 1:59 pm

      hahahahahahhaha ngakak gue baca komen lo Yeee… 😀

      Etapi emang bener sih ya..kaga ada yang perlu di tiru dr seleb2 ntu..

      atuh mah kaga usah punya medson aja kalo ga mau dinyinyirin..terutama jamilah tuh.. mendingan apus semua medsos deh daripada terus tertekan karna haters.. karna jujur aja emang haters akan selalu jadi haters paan…

      • memez 12/04/2016 at 3:06 pm

        Hahahahahhaa… tapi jujur ya, kadang tingkah haters jadi hiburan juga sih #ehhh

    • memez 12/04/2016 at 3:08 pm

      Hahahahahaaa….. #NgakakSetan

  2. Oline 12/04/2016 at 12:56 pm

    Wahh sampe segitunya ya Deddy, sampai membawa hatersnya ke ranah hukum. Mau2an gitu lho dianya. Kirain artis gak mikirin hatersnya mau blg apa. Tapi aku bkn salah satu haters deddy sih. Aku malah heran dia banyak hatersnya.

    • memez 12/04/2016 at 3:08 pm

      hatersnya sih cenderung iri menurutku…

  3. MeriskaPW 12/04/2016 at 1:09 pm

    Panutanku Riana Rara Kalsum, haha,

    • memez 12/04/2016 at 3:07 pm

      Huahahahahhaa ini sih yang paling tebal muka keknyaaa

  4. Maya 12/04/2016 at 1:12 pm

    Emang bahasa haters itu kadang bikin yang baca gerah sih mba. Cenderung vulgar dan gak sopan, bikin pengen ngomong “emang situ hiudpnya udah bener, udah suci, udah bebas dari dosa, gak pernah buat dosa ya?” 😀
    Attitude haters itu negatif banget, paling bagus ngadepinnya dengan jangan memberi panggung. Jangan ladenin. Kalo kesel jangan di baca. Anggap mereka ga ada atau gak eksis.
    Sebenernya mereka itu gak lebih dari pencari sensasi lewat publisitas buruk. Kalo kayak Deddy C, agak kayak buang garam ke laut ya. Mau sampe kapan begitu? Kalo udah terasa mengganggu banget ya blok aja 🙂

    • memez 12/04/2016 at 3:07 pm

      paling simple… block!!!

  5. Langit Amaravati 12/04/2016 at 1:59 pm

    Aku pribadi sih suka dengan sikap Deddy Cobuzier (dih susah kali sih namanya dieja). Pelajaran aja untuk para haters supaya jangan asal nyablak di medsos. Seleb lain mah kebanyakan deramah. 😀

    • memez 12/04/2016 at 3:06 pm

      Serem sih kak… tapi memang kudu ada shock therapy yaaa