quote healthDisclaimer : ini tulisan yang didasarkan pada pengalaman sendiri. Bukan bermasuk berdakwah, karena ilmu agama gue masih sekedar cetek banget, masih sekedar Syahadat.

Beberapa waktu lalu, ada tiga orang teman dekat gue yang sakit. Yang pertama adalah Mayor. Dia adalah teman SMP, SMA dan juga rumahnya terbilang dekat sama rumah gue. Gue dan beberapa teman SMP kemudian berinisiatif untuk menengoknya, walau sebenarnya gue agak lelah, karena gue masuk kerja dari jam lima pagi.

Gue, Lita dan Sri (yang ngga ketemu sejak lulus smp) janjian di Rumah sakit Islam Cempaka Putih pas jam besuk. Mayor ini didiagnosa mengalami kekentalan darah, bahkan sempat koma.

Sebelum menjenguk, gue dan teman-teman selalu update kabar Mayor di grup whatsapp. Kita sempat sama-sama tegang waktu Fina, istrinya Mayor mengabarkan kalau Mayor sempat koma. Kita sama-sama berdoa dengan penuh seluruh dan memantau kondisi kesehatan Mayor tiap jamnya.

Diam-diam gue merasa terharu dan sempat menahan air mata yang berlinang. Karena apa? karena gue melihat arti persahabatan sesungguhnya. Bukankah doa adalah pemberian setulus-tulusnya, seikhlas-ikhlasnya.

menengok orang sakit mayorPas kita jenguk, syukur Alhamdulillah keadaan Mayor mulai membaik. Fina, istrinya Mayor bercerita bahwa banyak banget yang mendoakan, sehingga dokter sampai heran karena seperti ada “keajaiban” yang diterima mereka. Mayor perlahan mulai sembuh dan sepertinya hari ini sudah meneruskan perawatan di rumah, yang membuatnya merasa lebih nyaman.

Sahabat dekat kedua yang gue jenguk adalah Bang Fery Juan. Sebenarnya sih ngga sengaja menjenguk. Jadi, gue kan kebetulan kontrol ke dokter Caroline Tirtajasa di Rumah sakit Omni Pulomas. Trus gue check in, pasang status Facebook kalau gue adaΒ  di Rumah Sakit Omni. Eh… ngga lama beliau menelepon gue dan mengabarkan kalau dirawat gegara diare.

menengok orang sakit bang fery juanAlhasil, gue dan Miswa lantas naik ke ruang perawatan. Ngobrol ngalor ngidul sama bang Fery dan kemudian dibawain nasi Padang Sederhana sama supir dan asistennya. Hahahahahhaaa… ini namanya rezeki banget kan πŸ™‚

Sahabat ketiga yang juga tengah jatuh sakit adalah Ali, rekan satu tim gue. Waktu gue jenguk, Ali masih ada di kostannya dan kemudian dibawa ke rumah sakit sama kakaknya.

menengok orang sakit aliWaktu menjenguk Ali, Navis teman gue mengajak untuk sama-sama mendoakan Ali. Subhanallah, bikin hati ini luar biasa bergetar deh. Dan senangnya, Ali yang tengah dirawat di rumah sakit kini mulai membaik.

Dari pengalaman gue menengok tiga sahabat yang tengah sakit ini gue merasakan banyak hal, misalnya :

1. Bersyukur akan kesehatan. Iyalah bersyukur banget. Selama ini gue kalau sakit meriang atau kecapekan cukup dipijat pakai alat pijat atau panggil Bude tukang pijat.

2. Memberikan optimisme atau semangat agar si sakit segera sembuh. Termasuk memotivasinya ya…

3. Mengetahui apa yang dibutuhkan si sakit. Misalnya nih, waktu ke Ali kita ngga bawa apa-apa, ternyata Ali iseng pengen ngemil hehehhehehe… Ali maafkan teman-temamu yang lupa ini ya…

4. Mengambil pelajaran dan hikmah dari yang dialami orang sakit, termasuk lebih peduli sama kesehatan.

5. Silaturahmi. Saat mengunjungi orang sakit akan bertemu si sakit, keluarganya, atau bahkan teman-temannya, yang akan menambah dan mempertebal tali silaturahmi. dari pengalaman gue waktu menjenguk Mayor, gue akhirnya bisa ketemu Sri yang sudah 19 tahun ngga ketemu, dan juga ketemu Lita yang mungkin sudah 3-4 tahun ngga ketemu.

Dari hasil baca-baca dan mencari di internet, gue juga baru tahu kalau dalam agama Islam, Rasulullah SAW sangat menganjurkan untuk menjenguk orang sakit. Sebagaimana diriwayatkan dalam hadits sahih Muttafaq ‘alaih dari Abu Hurairah r.a. bahwa Nabi SAW bersabda : “Hak orang muslim atas orang muslim lainnya ada lima, yaitu; menjawab salam, menjenguk yang sakit, mengantarkan jenazahnya, mendatangi undangannya, dan mendoakannya ketika bersin.”

Jadi… ada teman atau saudara kamu yang sakit? Yuk ah buruan jenguk. Eh.. tapi sharing dong biasanya kalau ada yang sakit apa sih yang kamu bawakan? Cerita dong πŸ™‚

 

 

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    20 Comments

  1. ndu.t.yke 13/01/2016 at 9:21 am

    eh itu Fery Juan sama anaknya dgn Zarima ya? *maapkan lost focus* Ehmm aku klo menjenguk orang sakit, bawaian apa ya? Bawain apa aja sih, krn klopun yg sakit gak bs makan, kan bs dimakan sama yg nemenin jaga πŸ˜€

    • @danirachmat 13/01/2016 at 9:31 am

      Jadi lost focus juga Memy. :’D maafkan.
      Emang sih menjenguk orang dakit memang bisa mengingatkan kita akan kondisi kalo lagi sehat ya Mbak Memez. Dan bener deh, doa yang tulus itu sebaik-baiknya pemberian. Makasih udah diingetin Mbak Memez.

      • memez 17/01/2016 at 10:35 pm

        Hihihihiii gpp lost focusnya dimaklumi πŸ™‚

    • memez 17/01/2016 at 10:37 pm

      Hahahhaha MemTyk betul sekali. Kan anaknya dalam pengasuhan FJ sampai saat ini…

  2. Desi 13/01/2016 at 10:31 am

    paling standar bawain buah2an aja..atau roti2 / kue2 kecil buat orang yang jagainnya.. πŸ˜‰

    • memez 17/01/2016 at 10:35 pm

      Iya banget, karena yang menjaga orang sakit juga perlu diperhatikan kondisinya ya.

  3. Yeye 13/01/2016 at 7:14 pm

    Setuju Mez.. Gw sebisa mgkn jenguk temen ato kerabat yg skt. Krn mereka pasti happy berat klo kita nengok, otomatis, krn perasaan mereka happy, mereka akan cpt sembuh. Amin2..

    Klo sakitnya parah, minimal bs nyemangatin dia pastinya πŸ™‚

    • memez 17/01/2016 at 10:33 pm

      Betullll….setuju banget deh

  4. Jade Ayu 13/01/2016 at 9:55 pm

    Bener banget Mez. Makanya klo denger ada yang sakit sebisa mungkin dijenguk. Selain manfaat yang udh lo sebutin, manfaat lainnya adalah inget mati. Hehe.. biasanya slain bw buah yg krn paling netral u si sakit, kadang gw bawa roti atau kue2 untuk yg nungguin.

    • memez 17/01/2016 at 10:32 pm

      Iya betul BuYu…. makanya sempetin banget untuk menjenguk ya kalau ada yang sakit

  5. fanny fristhika nila 13/01/2016 at 10:26 pm

    wahhh, kamu berobat ama dokter caroline juga ya?? Aku sekali doang diperiksa ama dokter itu :).. Wktu itu samasekali ga tau kalo dia dokter sub spesialis utk pasangan yg susah hamil. lah aku milih doketr caroline cuma krn pgn ngecek doang aku positif beneran ato ga, hahahaha ;p.. tp tetp aja dia baik bgtttt… cuma setelah tau sub spesialisnya, lgs pindah dokter deh ;D .. mahal bok sekali konsultasi ama dia ;p

    • memez 17/01/2016 at 10:32 pm

      Hehehehhee… memang lumayan mahal biaya konsultasinya.

  6. arman 14/01/2016 at 12:37 pm

    kekuatan doa itu emang dahsyat ya πŸ™‚

    • memez 17/01/2016 at 10:31 pm

      Dahsyat luar biasa πŸ™‚

  7. Windah 14/01/2016 at 2:13 pm

    wah kalo aku sih biasanya bawa buah atau roti kalo jenguk. alhamdulillah barokah bisa sehat

    • memez 17/01/2016 at 10:30 pm

      Aku juga… Iya Alhamdulillah memang sudah pulih.

  8. pipit 18/01/2016 at 3:51 pm

    kalo yang sakit dewasa sih suka bawain buah atau roti, paling nggak buat yang jagain kan kalo yang sakit ada yang disuruh diet tertentu ama RS-nya..

    kalo yang sakit anaknya temen, ya bawa mainan.. πŸ™‚

    • memez 18/01/2016 at 9:31 pm

      Noted. Mainan buat anak yang sakit yaaa

  9. indah nuria Savitri 21/01/2016 at 1:21 am

    memang banyak sekali manfaatnya..yang pasti bersyukur karena diberi sehat :). Thanks fro the reminder ya Mes πŸ™‚

    • memez 25/01/2016 at 10:43 am

      Iya Mak Insav, kiss kiss dari jakarta