jpDalam catatan gue… bulan ini menjadi penanda setahun sudah gue didapuk memegang dan bertanggung jawab atas semua proses produksi program “Jadi Pengusaha”

Kalau ditanya, suka dukanya… gue merasa sukanya tuh 99,9% dukanya dikittt banget, sampai gue ngga merasa 🙂

Ini dia sekelumit pengalaman gue setelah satu tahun menjadi penjaga gawang program ini.

Oiya… buat yang belum tahu, program “Jadi Pengusaha” adalah program yang mengulas usaha yang sedang berkembang atau justru sudah sukses yang tayang di tvone setiap hari minggu pukul 08.30 WIB.

Harapannya sih membuat penonton terinspirasi dan membuat usaha juga. Makanya kepada narasumber, gue selalu meminta mereka buka-bukaan berapa omsetnya, modalnya, kesulitannya, suka dukanya…. Selama ini sih mereka terbuka ya 🙂

Didapuk untuk menjadi penjaga gawang program ini, membuat gue bisa dibilang less stress. Ngga harus terpacu waktu (kecuali kalau menunggui editing) dan ngga dikejar peristiwa terkini. Bahkan… waktu lebaran kemarin gue bisa cuti dan mudik, Alhamdulillah banget kan….

Gue juga bisa menghadiri beberapa acara blogger sebelum ke kantor dan yang terpenting bisa bertemu dengan para pengusaha dengan pengalaman yang sangat menginsipirasi. Dari semua narasumber, gue suka semuanya. Tapi… tentu saja gue paling berkesan dengan Ibu Elida pemilik Elzatta. Luar biasa energinya.

Dari beliau gue belajar, bahwa kita harus berani keluar dari zona nyaman untuk kemajuan diri sendiri. Bu Elida ini dahulu direktur sebuah bisnis baju muslim terkemuka juga. 23 Tahun bekerja di perusahaan itu, Bu Elida akhirnya memutuskan untuk keluar dan membuka usaha sendiri. Yang gue suka adalah, beliau sangat sangat sangat amat humble dan baik. Energinya seakan tak pernah habis.

jp2 Selain itu, Bu Elida ini juga orang yang ingin kesuksesannya juga dirasakan banyak orang. Waktu syuting, beliau memperkenalkan gue dengan seorang vendornya. Ternyata, vendornya ini dahulu adalah seorang office boy kantornya yang lama. Dengan kesempatan yang diberikan, vendornya juga berkembang menjadi pengusaha dan… maju!!!!

Narasumber lainnya adalah Nilam Sari, salah satu pendiri Baba Rafi. Nanti ya… gue akan tulis satu postingan khusus untuk Nilam ini. Karena beliau juga sangat luar biasa.

Trus, setiap syuting gue ngga hanya sekedar syuting, gue mendengarkan keluh kesahnya, hambatannya dan segala macam persoalan yang mereka temui. Syukur-syukur sih gue bisa membantu atau menghubungkan mereka dengan seseorang yang bisa membantu mereka.

Nah… narasumber yang pernah gue kasih saran adalah Pak Erzani, seorang peternak ayam kalkun di Yogya. Kepada Pak Erzani, gue menyarankan untuk mengubah websitenya dengan nama yang lebih familiar, mencantumkan nomor teleponnya dengan jelas. Alhamdulillah…. beberapa kali beliau menghubungi gue dan menyebut ordernya semakin banyak.

jp3Pak Erzani dengan Suchi Mentari tengah memotong-motong daun untuk pakan ayam kalkun

Hal-hal yang kayak begini bikin gue makin suka sama pekerjaan dan aktivitas yang gue jalani, ngga perlu lah suami gue beliin gue tas hobo… ucapan terima kasih dari narasumber sudah cukup membuat hati gue senang :))

Kalau kamu, apa sih yang bikin kamu suka dari pekerjaan yang kamu lakukan? Cerita dong :)))

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    13 Comments

  1. @danirachmat 30/10/2015 at 7:30 am

    Keren emang kerjaannya Mbak Memez. Bisa ketemu banyak orang sukses gitu… Pasti tak ternilai belajar langsung ilmu kewirausahaan sama pelakunya.

    • memez 31/10/2015 at 11:14 am

      Memang luar biasa dan menyenangkan banget yaaa

  2. winda puspita 30/10/2015 at 12:26 pm

    asik bangettt mba memez kerjaannya..
    pengen euy kaya gituuu
    ketemu banyak orang dengan energi positivenya.. banyak cerita pengalaman yg gurih. asik banget..

    • memez 31/10/2015 at 11:14 am

      Iyooo energi positifnya itu yang luar biasa banget dehhh

  3. sinta 30/10/2015 at 2:06 pm

    wah.. klo spt itu pekerjaannya, saja juga mau Maaak

    • memez 31/10/2015 at 11:13 am

      Hihihihihih kerjaannya seruu bgt

  4. cputriarty 30/10/2015 at 3:31 pm

    wah jadi kepo profesinya..pengin kayak mbak Memez 😀

  5. Ratna Dewi 30/10/2015 at 3:32 pm

    Waahh mas adhin emang jadi campers dedicated di Jadi Pengusaha ya mba? Dulu pengen banget ke program ini pas mas tury bilang ada program baru, hihi

    • memez 31/10/2015 at 11:13 am

      Campersnya gantian. Duhh kenapa ngga bilang ke Mas Tury sih? Biar aku ada bantuan 🙂

  6. Istiadzah 30/10/2015 at 6:37 pm

    Hoalaaah dirimu itu di tvone yaa. Aku ada temen di situ, namanya Lurinjani. Bagian apa ya aku lupa hahaha. Ih kok jd lodpokus gini sik.

    Enak ya kerja di tv, bebas. Tapi ya yg kalo dpt programnya asik juga sih ya. Klo kerja di tv tp dpt program berita, yg mana kudu ngejar2 narasumber demi ngedapetin berita yg aktual, kayaknya capek juga.

    Kapan2 tampilin juga emak2 keb yg ounya usaha, tuh. Ada banyak kan yg jd desainer di keb, atau pengusaha furniture. ^___^

    • memez 31/10/2015 at 11:13 am

      Iya aku kenal Uli 🙂

      Aku juga berencana membahas usaha tiap emak-emak 🙂

  7. HM Zwan 31/10/2015 at 2:35 pm

    suka lihat aku mbak,inspiratif acaranya…seru ya kerjaannya,banyak banget pengalaman dan pelajaran pastinya,keteu ornag2 baru yang menginspirasi^^

  8. titantitin 04/11/2015 at 3:22 pm

    waah, kereen ^^

    kebayang, pasti inspiratif sekali bertemu sama mereka.