Belakangan, gue tuh lagi suka banget susu almond. Alias Raw Almond Milk. Kenapa mesti raw alias mentah? Biar banyak manfaatnya yang bisa dirasakan. Karena gue lagi diet dairy free alias meniadakan makanan dan minuman yang berasal dari sapi dan turunannya, maka gue kemudian menjadi sering-sering bikin raw almond milk alias susu almond mentah ini. Dan ternyata, cara bikinnya juga gampang banget loh….

Pertama-tama yang harus disiapkan adalah tentu saja raw almondnya. Gue sendiri memilih Organic Raw Almond. Kenapa? Karena almondnya tidak akan melewati proses pemasakan atau dipanasi dalam bentuk apapun, ya harus pakai yang organic, atau minimal yang natural ya. Gue biasa beli di Organik Klub, Beranda Organik atau di Club Sehat store. Harganya rata-rata sekitar 140-150 ribu per 500 gram. Mahal? Agak mahal sih, tapi sebanding dengan rasanya kok.

Selanjutnya, almond ini dicuci dan direndam dengan air matang. Ingat ya pakai air matang, tentunya dengan alasan kesehatan tadi. Merendamnya sekitar delapan jam minimal, atau bisa juga semalaman. Simpan saja dalam sebuah wadah atau toples dan dimasukkan ke dalam kulkas, tapi bukan di bagian freezernya ya.

Selanjutnya, almond ditiriskan terlebih dahulu ya. Kemudian dicampurkan dengan air matang lagi. Harusnya sih perbandingannya 1 : 2, kalau almondnya 500 gram berarti airnya 1000 cc. tapi, gue pernah bikin dan terlalu kental. Jadinya, gue campur air sampai 1300 cc dan hasilnya ngga terlalu kental.

Bikin susu almond ini bisa dengan dua cara. Bisa dengan blender atau dengan slow juicer. Sebenarnya blender paling enak untuk membuat almond milk itu yang merknya Vitamix, tapi… alamak harganya 9jutaan πŸ™‚ Jadi, gue bikin pakai slow juicer merk Kuche yang gue beli seharga 2 juta, itu juga karena promo.

Nah, masukin air dan almond pakai sendok sayur. Masukin perlahan-lahan sampai keluar susu almondnya. Karena pakai slow juicer, jadinya ngga repot perlu memeras, ngga kayak pakai blender yang kemudian harus diperas dengan nut bag.

Biasanya, gue bikin susu almond ini dicampur dengan raw honey dan bubuk green tea organic. Biar ada variasi rasa aja. Tapi, menurut teman gue yang rasanya original itu tambah enak kalau dikasih sedikit sea salt. Gue sih biasanya bikin susu almond ini dua hari sekali, dan dari 500 gram almond biasanya bisa jadi empat botol yang gue simpan di kulkas.

Oiya, almond ini banyak banget manfaatnya loh…diantaranya adalah :

1. Pengontrol Diabetes

2. Mencegah osteoporosis tulang

3. Menciptakan jantung sehat

4. Mengontrol kolesterol jahat

5. Mencegah kecacatan bayi

6. Meningkatkan kinerja otak

7. Mengobati maag

8. Meningkatkan sistem imun tubuh

Jadi… yuk langsung bikin susu almond πŸ™‚

 

 

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    6 Comments

  1. Winda Carmelita 31/01/2016 at 9:03 am

    Almond mahal sih ya, tapi aku beberapa kali minum susu almond dan suka bangeet, apalgi yg plain

    • memez 02/02/2016 at 9:45 pm

      Susu Almond memang bikin nagih yaaa πŸ™‚

  2. Jade Ayu 31/01/2016 at 8:43 pm

    Susu almond itu enakkkk.. mahal sih tp insya Allah bermanfaat..

    • memez 02/02/2016 at 9:32 pm

      Enak bangetttt….

  3. Ivendra Firdanis 13/03/2017 at 8:03 am

    4 botol itu masing2 brapa ML ya?

    • memez 16/03/2017 at 10:18 pm

      500 ml per botol.