QFun BloggingSabtu, 19 Desember 2015 silam, gue akhirnya bisa ikut di acara Fun Blogging, yang dimotori oleh “Trio Macan ” Haya Aliya Zaki, Shinta Ries dan Ani Berta. Tiga cewek energik yang memang sudah makan asam garam di dunia perbloggeran ini dengan sangat terbuka membagi ilmu dan pengalaman mereka.

Dan, menurut gue,Β  acara Fun Blogging ini wajib diikuti oleh blogger, mereka yang mengaku blogger atau bahkan mereka yang baru mau memulai sebagai blogger.

Nah, ini dia alasan kenapa Fun Blogging wajib diikuti :

1. Belajar Tata Bahasa

Untuk materi ini dibawakan olehΒ  Haya Aliya Zaki yang memang sudah sangat berpengalaman dalam dunia tulis menulis. Haya tak hanyaΒ  dikenal sebagai blogger, tapi juga sebagai penulis produktif. Puluhan buku sudah lahir dari tangannya, diantaranya adalah buku anak-anak terbitan Mizan. Dalam materinya Haya mencontohkan penggunaan titik, koma, dan tanda baca lainnya. Tahu ngga sih, kalau salah tanda baca atau penggunaannya kurang tepat bisa mempengaruhi makna tulisan. Misalnya nih ya :

“Aku mau makan, Ibu,” kata Adi

“Aku mau makan Ibu,” kata Adi

Nah, beda banget kan kedua kalimat tadi. Cuma gegara sebuah tanda baca koma, maknanya langsung berubah jauh banget.

HayaHaya Aliya Zaki saat memberikan materi

 

2. Belajar 5W + 1 H

Walaupun artikel di blog bukan sebuah produk jurnalisme, tetap saja harus mengandung informasi jelas dan lengkap dengan rumusan 5W 1 H.

W1 = What
W2 = Who
W3 = When
W4 = Where
W5 = Why
H = How

3. Jangan Sampai Typo

Sebuah artikel yang memuat banyak kesalahan kata akan membuat pengunjungnya malas membaca atau meneruskan bacaannya. Rugi kan…

4. No Copy Paste

Nah, ini dia menurut gue yang merupakan hal dasar dalam dunia blog atau apapun. Karena Copy Paste ngga hanya merupakan sebuah pencurian hak intelektual tapi juga menandakan attitude seseorang. Setuju kan?

5. Belajar Desain dan Lay Out Blog

Nah, materi ini dibawakan oleh Shinta Ries. Menurut Shinta, blog sebaiknya tampilannya clean, tidak perlu ada musik-musik apalagi salju-saljuan. Karena apa? karena bikin berat saat membukanya.

Ngga hanya itu, Shinta juga menganjurkan agar letak artikel ada di sebelah kiri karena kecenderungan orang Indonesia yang membaca dari kiri ke kanan.

6. Belajar Pentingnya Sosial Media

Masih dari materi yang dibawakan Shinta, gue juga baru tahu dan akhirnya peduli kalau semua akun sosial media sebaiknya namanya sama dengan blog. Dan, unggah atau publish artikel blog terbaru lewat semua akun sosial media.

7. Menjalin Network dan Dapat Teman Baru

Tahu kan prinsinp dasar silaturahmi yang akan mendapatkan banyak keuntungan? Nah, semangat ini yang dipegang teguh dengan semua member Q fun blogging yang kemudian bergabung dalam sebuah grup facebook. Dari sini gue baru tahu ternyata membernya buanyaaakk banget dan seru kalau diskusi.

8. Dapat Bocoran Rate Card

Sssttt…. ini penting banget loh. Adalah Ani Berta yang buka-bukaan tentang rate cardnya. Eitss… ngga hanya itu loh. Ani Berta juga mengajarkan bagaimana etika menjalin kerjasama dengan dua brand sejenis tanpa masing-masing merasa tersinggung. Seperti apa sih etikanya? Mendingan ikutan Q Fun Blogging selanjutnya deh…

9. Banjir Hadiah dan Goodie Bag

Memang sih untuk ikutan acara ini bayar tiketnya. Tapi, percaya deh sebanding banget dengan apa yang akan didapat. Mulai dari hadiah kuis sampai goodie bagnya yang isinya banyak banget. Ditambah snack, makan siang dan makan sore yang berlimpah. (Nasi balinya enak banget) Bahkan, menurut gue tiket acara ini murah banget. Ngga rugi deh kalau ikutan…

Salah satu sponsor acara ini adalah Sari Husada. Yang merupakan produsen beragam produk nutrisi berstandar internasional dengan harga terjangkau. Tahu ngga sih kalau cikal bakal Sari Husada ini berdiri sejak tahun 1954. Makanya ngga heran dengan pengalaman lebih dari 60 tahun ini membuat Sari Husada tak pernah berhenti berinovasi. Bahkan,ada lebih dari 400 peneliti dari Danone Research Center yang tersebar di Belanda, Singapura dan Indonesia yang selalu setia mengembangkan setiap produknya.

10. Pembelajaran Tak Pernah Berhenti

Karena tergabung dalam sebuah grup facebook yang isinya benar-benar privat. Tiga guru ini sering membagikan artikel yang isinya wajib dibaca dan dipahami sama membernya.

11. Kesempatan Job Review

Uhuyyyy…. ini dia yang ditunggu dan dinanti oleh setiap member. Tapi, Teh Ani tentu saja ngga sembarangan membagi job review. Beliau benar-benar selektif dan memberikan kesempatan kepada setiap member untuk mendapatkan job review #SodorinEmail

Saat gue live tweet, banyak banget yang bertanya bagaimana caranya ikutan Q Fun Blogging ini. Nah, mendingan langsung aja follow twitternya di @FunBloggingID Β 

Jadi, siap ikutan Fun Blogging selanjutnya? Dijamin merasa beruntung banget bisa ikutan komunitas ini.

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    8 Comments

  1. Jade Ayu 07/01/2016 at 11:34 pm

    Beruntung mez… alhamdulillah ya qta udh ikutan..

    • memez 11/01/2016 at 3:21 pm

      Alhamdulilah ya Buyu…

  2. Dede Ariyanto 08/01/2016 at 5:45 pm

    Mbak saran dari saya untuk font blognya terlalu kecil. Keren memang acaranya, walaupun terlalu murah harga tiketnya dan setara dengan nilainya saran dan harapan saya semoga ga naik he he πŸ˜€

    • memez 11/01/2016 at 3:20 pm

      hai Mas Dede terima kasih atas sarannya, saya akan perbaiki yaaa

  3. Nuno 08/01/2016 at 6:00 pm

    Di Semarang nggak ada ya? Mbok ke Semarang…hihihi

    • memez 11/01/2016 at 3:20 pm

      Kayaknya mau ke Yogya deh, ikutan aja ya Mas Nuno πŸ™‚

  4. helni 08/01/2016 at 10:32 pm

    fun blogging memang menggoda, apalagi setelah mengetahui manfaatnya… no 8 menggiurkan tuch mba.. πŸ™‚

    salam kenal ya

    • memez 11/01/2016 at 3:20 pm

      haiii salam kenal… iya yang no 8 menggiurkan yaa…