Surabaya oh Surabaya…

Kota kenangan… Kota kenangan,

Tak kan terlupa…

#Nyanyik

Surabaya tuh kota yang selalu bikin rindu, dulu Pak Suamik pernah tugas di Surabaya selama hampir delapan bulan, jadi saya lumayan sering bolak balik Surabaya.

Walaupun banyak orang bilang kalau Surabaya itu panas, tapi saya sukaaaaa banget. Nah, biasanya nih selain melepas rindu sama Pak Suamik, yang bikin saya suka kalau ke Surabaya adalah….wisata kulinernya yang unik, murah meriah dan bikin kangen.

Nah… dari pengalaman saya ke Surabaya, ini dia lima tempat wisata kuliner yang wajib dikunjungi yaa….

Cegluk cegluk…. pertama siapin perut, tahan nafas ya, jangan sampai bikin ngiler…..Β  πŸ™‚

Oiya, lima tempat wisata kuliner di Surabaya ini berdasarkan pengalaman dan selera pribadi yaaa…. Langsung aja deh yuk disimak lima tempat wisata kuliner rekomendasi rumahmemez :

 

1. Rawon Pak Pangat

Sebenarnya saya tahu rawon Pak Pangat ini gegara acara dinas kantor. Jadi, kayak ada perjanjian tak tertulis di antara kru tivi berita merah, kalau ke Surabaya itu pas mendarat, kudu langsung makan di rawon Pak Pangat. Letaknya memang strategis banget, abis keluar dari Bandara Juanda, langsung makan di warung rawon Pak Pangat. Karena penyajiannya di piring dan dicampur nasi, saya bisa makan dua porsi hahahahaha…. abis enak banget sih πŸ™‚

Rawon Pak Pangat ini ada di empat lokasi :

  1. Lotus Regency, Jl. Ketintang Baru Sel. I No.15, Ketintang, Gayungan, Surabaya

  2. Pasar Wonokromo Gedung DTC – LDA Blok C-9, Surabaya

  3. Pasar Wisata Bandara Juanda J-21, Sidoarjo

  4. Ruko Delta Niaga Utara No 9 Waru, Sidoarjo

 

2. Nasi Campur Pojok Tambak Bayan

Sebagai orang Indonesia, yang kalau ngga makan nasi ngga afdol, saya sebenarnya sih lebih mementingkan kuliner nasi hahahahahaa…. Nah, salah satu makanan favorit saya di Surabaya adalah Nasi Campur Pojok Tambak Bayan, yang menunya banyak, porsinya besar dan dijamin kenyang. Kalau ditanya rasanya apa sih? Ya sensasi antara pedas dan manis. Enak lah… tapiΒ  menurut saya sih karena lauknya banyak, seru aja lihatnya. Meski di tempatnya bisa makan langsung, tapi saya kok lebih suka makan kalau dibungkus ya. Karena bumbunya meresap πŸ™‚

Nasi Campur Pojok Tambak Bayan

3. Sego Sambel Iwak Pe Mak Yeye

Nah, ini dia salah satu kuliner khas Surabaya yang bikin saya rela menahan lapar sampai malam. Yup, Sego sambal Iwak Pe Mak Yeye memang baru buka jam 9 malam sampai jam 4 pagi, tapi…. jangan harap datang jam 9 trus bisa langsung beli, karena antre banget…. Mendingan nunggu dari 1 jam sampai 30 menit sebelumnya. Sego sambel Iwak Pe Mak Yeye ini berdiri sejak tahun 1982 loh, sudah lama banget kan….

Sego Sambel Iwak Pe Mak Yeye ini terdiri dari nasi pulen yang hangat, potongan iwak pe atau ikan pari, sambalnya yang khas dan potongan telur dadar. Harganya pun tergolong murah, mulai dari 10-15 ribu rupiah saja. Makanya ngga heran, peminatnya banyak banget….

Sego Sambal Iwak Pe Mak Yeye

Jalan Jagir No.12, Wonokromo Wetan

sebelah utara Gedung Darmo Trade center (DTC)

 

 

4. Sate Klopo Ondomohen

Saya tuh penggemar berat kuliner dari olahan kelapa. Makanya, waktu pertama menemukan kuliner sate klopo di Surabaya, saya nyaris ngga pernah absen makan di sini. Perpaduan daging yang dibakar dan ditambahi kelapa yang diolah dan dibumbui khusus, bikin saya… ketagihan! Daging ayam atau sapi yang dibubuhi kelapa parut, kemudian dibakar dan bumbunya juga ada serundeng alias kelapa yang digongseng dan ditambah bumbu kacang. Duh…nulisnya aja bikin saya ngeces hahahahaa…

Oiya, sebenarnya yang jualan Sate Klopo di jalan Ondomohen ini banyak. Tapi, salah satu yang terkenal adalah Sate Klopo Bu Asih, yang mertuanya konon sudah berjualan sejak 1945.

 

 

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih
Jalan Walikota Mustajab Nomor 36
Surabaya

 

5. Es Krim Zangrandi

Di Surabaya yang sering banget panas cuacanya, siang siang makan es krim adalah hal yang paling nikmat yaaa… Nah, makan es krim di zangrandi adalah hal yang harus dilakukan saat berada di Surabaya. Menurut cerita, kedai es krim yang berdiri sejak tahun 1930 ini dinamakan Zangrandi, yang berasal dari nama Roberto Zangrandi yang berasal dari Italia. Tapi…. yang pertama kali membuatnya adalah istrinya. Zangrandi kemudian jadi pionir usaha es krim di Surabaya. Di Zangrandi banyak banget pilihan menu es krim. Bukan cuma es krim, ada beberapa menu makanan cemilan yang juga bisa dinikmati di sini.

Es Krim Zangrandi

Jl. Yos Sudarso no 15 Surabaya

 

Menginap Di Surabaya

Banyak banget hotel di Surabaya. Jadi, ngga akan bingung mau menginap di mana. Hotel dari kelas melati sampai bintang lima tersebar di seluruh penjuru Surabaya. Nah, kalau saya ke Surabaya dan mau mencari hotel untuk mengnap, saya langsung buka aja tuh pegipegi.com. Di pegipegi, hotel murah, hotel bintang 5, hotel bintang 4, hotel bintang 3, sampai kelas hotel terbaik, akan terpampang dengan nyata πŸ™‚

Yang saya suka dari PegiPegi ini adalah banyak diskon dan tentu saja akan mendapatkan harga hotel terbaik saat pemesanan. Jadi ngga usah takut kemahalan yaaaa…. Trus, sejumlah brand hotel ternama pun bekerjasama dengan PegiPegi, jadi akan makin banyak pilihan yang membuat makin nyaman untuk memilih. Nah, yang terpenting setiap transaksi akan mendapatkan poin yang bisa dikonversikan untuk potongan harga pada transaksi selanjutnya. Asyik kan….

Nah, jadi dari kuliner Surabaya yang saya bahas tadi, kamu suka yang mana? Sharing ya di sini…….

 

 

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    14 Comments

  1. Tetty Hermawati 30/03/2019 at 12:01 am Reply

    aku dapet big point AA, suka dapet promo ke surabaya, dan gak aku ambil karena g tau mau ngapain aja di surabaya, dan aku menyesal karena ternyata kan bisa kulineran yaaa, hiks mana susah lg dpt tiket promo pke poin

    • @nurulrahma 31/03/2019 at 7:26 pm Reply

      Lhooo, ayooo main k Surabaya maaak πŸ˜€
      Kabar2in ya kalo cuss ke sini

  2. Hani S. 30/03/2019 at 2:46 am Reply

    Bangun jam 3 subuh buat pumping ASI, sambil baca postingan ini dan lihat foto2 makanannya, huaaa tersiksa perut ini lapar sangaaat, haha.

    Kelima2nya menggoda banget untuk disantap, kayaknya jadi Kuliner wajib ya kalau lagi di Surabaya. Noted banget Mba Memez, TFS yaaa :*

  3. Ade UFi 30/03/2019 at 4:59 am Reply

    Wah jadi mau coba rawon pak pangat nih. Terakhir ke Surabaya ga makan apa-apa. Diajakin makan di depan masjid agung, tapi luoa namanya. Wong dah lama banget. Jadi mau balik lagi ah kesana. Kapan ya? Tgg diskonan dr oegi2 kali ya ^_^

  4. Nurul Sufitri 30/03/2019 at 10:50 am Reply

    Duh, aku kok belom pernah nyobain makanan yang mb Memez sebut di atas hihihihihi…. Suka lucu ya kalau doto atau leuk dan sayur dicampur ke nasinya. Toss! AKu juga bisa nambah tuh kalo begitu hahaha. Kepengen satenya deh tergiur nih banyak begitu kelihatan lezat ya. Es krim Zangrandi ini pas dinikmati setelah kita kulineran menu berat hihihi.

  5. Amelia Fafu 30/03/2019 at 12:33 pm Reply

    Aku suka semuaaa Mba. Wkwk, pemakan segala. Tapi, belum nyobain, waktu ke Surabaya gak sempat jalan atau wisata kuliner dg bebas huhu. Suatu saat mau coba ah, yg di rekomen mba Memez…

  6. Hanni Handayani 30/03/2019 at 3:38 pm Reply

    Buat pecinta makanan surabaya ,kota yang wajib dikunjungi karena buanyak sekali tempat yang mesti dikunjungi. Saking enak dan murah

  7. Rach Alida Bahaweres 30/03/2019 at 6:10 pm Reply

    Aku tuh kuliner Surabaya sukaaaa banget. Pengen banget ngulang aneka makanan enak di Surabaya. Kulinernya enak enak. Tapi pengen makan ic cream zangradi malah nggak kesampaian dari dulu

  8. Lia Lathifa 30/03/2019 at 10:22 pm Reply

    Dulu aku tuh geli liat soto warnanya hitam banget, tapi begitu nyobain sesuap waaah sampe sekarang jadi ketagihan, itulah rawon

  9. Shine 30/03/2019 at 10:26 pm Reply

    Pengen nyoba sate kloponya, penasaran. Es krim nya juga. Ah semuanya deh, wkwkwk *mendadak laper busui.

  10. Dita Indrihapsari 30/03/2019 at 10:42 pm Reply

    Duuuh, aku belom pernah ke Surabaya. Noted banget, nih, mba Memez buat kuliner di Surabaya kalo nanti aku ke sana. Aku penasaran sama es krim Zangrandi yang legendaris itu. Tampilannya es krimnya cantiiiik..

  11. Leyla Hana 31/03/2019 at 1:51 am Reply

    Kuliner Surabaya tuh sambalnya mantap banget ya. Kayaknya kalo aku ke Surabaya, bakalan makan banyak nih. Soalnya kulinernya rerata cocok dengan lidahku

  12. Himawan Sant 31/03/2019 at 9:00 am Reply

    Ijin kucatat alamat kulinernya ya, kak …
    Semua kuliner sedap ini perlu di icip-icip saat ke Surabaya nanti.

    Jujur awalnya aku ngga minat nyobain gimana rasa rawon kayak apa loh, kak.
    Tapi setelah dibawain temen dari Surabaya, kuicipin ternyata .. kok enaaak ..
    Dari situ, aku suka πŸ˜€

  13. duniamasak 30/04/2019 at 11:35 am Reply

    jadi pengen rawon nih πŸ˜€

Leave a Comment




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.