img_2451
Apa yang terlintas dalam benak anda saat mendengar kata Diskotik?

Tempat ajep-ajep?

Musik dari sound system yang menggema?

Tempat yang eksklusif?

Mahal?

Tidak salah memang. Tapi, di Manado semua hal itu terpatahkan sudah. karena ada yang namanya Diskotik tanah. Apa sih Diskotik Tanah?

Masyarakat Manado memang identik dengan pesta. setiap ada acara pesta, bisa dipastikan berlangsung hingga dinihari. Jangan diliat dari konteks negatif. Karena pesta di Manado dihadiri oleh berbagai macam usia dan kalangan, lihatlah betapa silaturahmi yang terjalin di acara pesta. Dan satu hal yang menarik dengan acara pesta di Manado adalah adanya Diskotik Tanah.

Disebut Diskotik Tanah karena tempatnya memang berlaskan tanah. Tidak menetap di sebuah tempat tapi di setiap acara pesta. Penduduk setempat membangun sebuah tempat sementara, seperti tenda dari bahan rumbi dan janur. Pembangunan tempat ini sekaligus menjadi tempat acara. Ada semangat gotong royong yang tercipta disini. karena proses pembangunannya memakan waktu hingga dua minggu.

Meski terbilang sederhana, Diskotik Tanah tetap tidak bisa dibilang diskotik seadanya. karena tata lampu dan tata suaranya tidak main-main. speaker ribuan watt dan lampu yang keren membuat Diskotik Tanah seperti diskotik sungguhan. DJ yang ada pun memainkan lagu yang sedang hits. Tak heran keberadaan diskotik Tanah ini menjadi langganan berbagai macam kalangan yang sedang mengadakan pesta di Manado, namun tetap saja didominasi masyarakat yang tinggalnya agak di pinggiran. Keberadaan Diskotik Tanah sudah diumumkan semenjak dua minggu sebelum pesta, tak heran jika Diskotik Tanah hadir di sebuah perkampungan ada pengunjung dari kota yang kerap hadir.

Meski namanya Diskotik, di Diskotik Tanah pengunjung tidak bisa mengonsumsi minuman keras sebebasnya karena kalau sampai mabuk berlebihan pasti akan diserbu orang sekampung yang tidak rela kampungnya menjadi rusuh. Karena gratis, tua muda pun tumpah di Diskotik Tanah tak perduli sudah dinihari menjelang. Penduduk sekitar pun maklum adanya dengan kehadiran Diskotik Tanah yang digelar si empunya pesta. Karena bukan tidak mungkin kelak mereka akan menggelar Diskotik Tanah. Jadi, siapa bilang mau dugem harus mahal?

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    1 Comment

  1. kelo 12/05/2011 at 12:15 am

    thanks 4 rumah memez sdh mngngkt crta ni mgkin syatu saat ini bsa jdi daya tarik trsndri bwt kota manado….,