Sudah dua bulan belakangan ini, saya benar-benar mengubah gaya hidup. Yang tadinya kalau makan menggila -alias apa aja di makan- dan ngga pernah olahraga -sure, saya pikir muterin mal tetap olahraga kan- Tapi, berhubung di kantor ada kontes The Biggest Loser yang mana hadiahnya 10 Juta Rupiah, saya pun ngiler luar biasa dan memutuskan untuk ikut.

Tapi, ternyata tak semudah itu saudara-saudara. Memulainya sih susah luar biasa dan butuh niat yang kukuh. Beruntunglah saya blogwalking ke blognya Ira yang membuat saya benar-benar termotivasi. Di pertengahan Juli, jelang bulan puasa saya baru benar-benar memulainya. Yang saya lakukan adalah :

1. Food Combining

Sebelumnya saya mempelajari dari timelinenya @erikarlebang. Kuncinya adalah karbohidrat jangan dicampur daging,ayam, ikan atau protein hewanilah. Kalau Makan karbohidrat sama sayuran. Dan sejujurnya, makannya juga lebih teratur dan ngerem. Kebayangkan kalau makan nasi bakalan tergoda untuk nambah dan nambah lagi, apalagi ketika pulang kampung…dooohhh bahaya ini. Dan saya sih merasakan, kalau makan nasi tuh rasanya perut jadi kembung banget dan ujung-ujungnya ngantuk. Bangun pagi sih tetap dengan air hangat campur Jeniper alias jeruk nipis peras dan sarapan tiga macam buah.

2. Minum Jus Sayuran

Jus Sayuran? iya. Bayam, pok coy atau sawi putih yang biasanya dimasak jadi sayur berkuah, sekarang saya jus. Rasanya? sure, enak banget. Bikinnya juga gampang banget, tinggal cuci dan kupas dan diblender deh. Tentunya saat meminumnya sambil dikunyah-kunyah. Untuk ini saya mengikuti timeline dan instagramnya Sophie Navita, Nadya Hutagalung dan sejumlah nama lain seperti @AlterJiwo. Sehari berapa kali? Saya sih 2-3 kali. Di kantor ngga ribet ngejuss begini? Ngga sih, karena saya punya kenalan Ibu kantin, jadilah saya rutin ngejuss di dapurnya setiap sore.
 photo jus6_zps0b97560d.jpg photo jus5_zps37f246f8.jpg photo jus4_zpsb959d0fb.jpg photo JUS3_zps656a2f26.jpg photo jus2_zpsfc11056e.jpg photo jus1_zps8aebf0c9.jpg

3. Rutin Olahraga

Yesss, mau sehat dan langsing tanpa olahraga itu sama aja pingin ke bulan dengan jalan kaki. Dari blognya Ira juga, saya mencoba #30dayssquatchallenge yang bisa dipelajari disiniΒ  Β  trus dari YeyeΒ  saya belajar tentang jumping jack. Hasilnya, yah walapun baru 4,5 kg yang hilang selama dua bulan belakangan, tapi setidaknya sudah menampakkan hasil.Dan setidaknya masih harus 25kg lagi yang harus dihilangkan. Weitss banyak banget? Iya memang. Tapi, kalau ngga dimulai sekarang kapan lagi? Saya kangen waktu 11-12 tahun lalu berat badan saya cuma 48kg πŸ™‚

Saya juga mencoba lari kapanpun waktunya. Kadang siang, sore atau pagi. Minggu lalu, sambil nemenin Miswa syuting, saya lari dari Monas ke Bundaran HI bolak balik dua kali, alias sejauh lima kilometer. Lumayan bakar 650an kcal. Saya juga pernah lari dari rumah ke supermarket Giant dekat rumah. Jadi ceritanya Mamah ngajakin belanja bulanan,yaudah saya bilang Mamah dan adik saya untuk bawa mobil, saya lari aja.

4. Doktrin Diri Sendiri

Jujur saja, kadang saya juga putus asa dan berpikir buat apa sih capek-capek olahraga dan mengatur pola makan. Ini bukan buat mendapatkan 10 juta, tapi demi sehat ya. Pengalaman Mamah dapat hadiahΒ  membuat saya benar-benar harus jaga kesehatan dan jaga makanan. Saya harus belajar dari pengalaman ya. So far, untuk mendoktrin diri sendiri, saya sengaja banget olahraga di depan tv sambil menonton Sex And The City atau yang parah lagi sambil nonton fashion tv… hehehehhe itu sih berlaku banget buat saya.

Trus saya juga kadang-kadang nih ya -kebiasaan lama- malam-malam pingin banget makan Pizza, secara PHD itu ditelpon lima menit juga datang, tapi saya tetap makan tapi cuma seujung kecil, beneran seujung kecil. Karena kadang kita makan bukan karena laar, tapi cuma karena ingin. Nah, makanya untuk menghilangkan penasaran bener-bener seujung aja. Apalagi Miswa langsung komentar bahwa Pizza tuh kalorinya bla bla bla, lemaknya bla bla bla…. *iya Miswa ngomong begini sambil ngunyah pizza yang kejunya melted banget

5. Hitung-Hitungan Makanan

Karena saya ngga mau olahraga sia-sia, kalau mau makan sesuatu saya mengira-ngira berapa kalorinya. Suatu hari saya pernah ngidam banget sama Bakso A Fung, tapi pas inget kalau lari 1 kilometer cuma membakar 135 kcal, berarti berapa kilometer saya harus berlari untuk bakar lemak dari bakso A Fung ini? Ya sudahlah saya urungkan benar niat itu.

Memang sih apa yang saya tuliskan disini tidak mudah untuk menjalankannya. Tapi, benar ya semua itu cuma butuh NIAT dan KEMAUAN. Kalau masalah sempitnya waktu bisa diatasi dengan mencari waktu yang kosong. Mengingat perjalanan saya masih panjang, jadi mohon doanya ya……

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    12 Comments

  1. irrasistible 03/09/2013 at 11:09 am

    Waah di-mention di sini. Jadi GR πŸ˜€

    Seneng deh kalo nambah satu lagi “korban” healthier lifestyle gini. Jadi banyak temennya untuk saling menyemangati kan πŸ™‚

    Semangat Mes!

    • memez 03/09/2013 at 11:37 am

      Thanksss banget Ira atas motivasi serta Inspirasi. Semoga jalan gue menuju 25kg lebih langsing semakin dimudahkan πŸ™‚

  2. noni 03/09/2013 at 3:28 pm

    hebat ihh si Memez larinya. aku tetep gak kuat lari Mez, baru 200 meter aja udah setengah matiiiiiiii. cuman aku usahain sih tetp olahraga walo yg ringan2 hehehe. makan kalau bisa jgua yang bener kecuali wiken karena biasanya kami jajan diluar (payah yaa)

    • memez 03/09/2013 at 9:34 pm

      Gue juga ngga kuat awalnya, tapi kan alah bisa karena biasa bukan? πŸ™‚

  3. Mira 04/09/2013 at 1:34 am

    Semangat yaa! Semoga bisa menang jadi the biggest loser-nya πŸ˜€
    Hati2 jangan sampai sakit mbak πŸ™‚

    Salam,
    Mira.

    • memez 06/09/2013 at 8:24 pm

      hehehehe… utamain sih sehatnya, kalau sampai menang kayaknya jauh bgt. Secara sudah ada yg turun 16kg πŸ™‚

  4. keke naima 06/09/2013 at 11:16 am

    sy juga food combining. Lumayan berasa efeknya. Tp kl jus sayuran blm berani πŸ˜€

    • memez 06/09/2013 at 8:24 pm

      Ayo dicoba, rasanya ngga jauh beda kok πŸ™‚

  5. Bebe 13/09/2013 at 4:58 pm

    Waaa.. semangat terus Mes.. Hebat loh 2 bulan udah turun 4Β½ kg.

    • memez 20/09/2013 at 6:27 pm

      Perjalanan masih panjang πŸ™‚

  6. lindaleenk 17/09/2013 at 12:55 pm

    Waaaa…. aku juga mau diet
    Eh food combining aja deh
    *belajar*

    • memez 20/09/2013 at 6:27 pm

      Yuk dicoba deh…. πŸ™‚