Photobucket

Lihat kaleng-kaleng teh di atas. Imut, lucu dan menggemaskan ya? Melihat merk Infussions, Gevalia, Harry and David, pasti mengira produk teh ini dari luar. Iya memang benar, merk-merk di atas dijual di Amerika, Jerman dan Eropa. Tapi, ternyata semua diproduksi di Indonesia, di Citeureup, Jawa Barat, tepatnya. Adalah PT Sedap Wangi yang memproduksi ini semua. Dari pabriknya di Citeureup, PT Sedap Wangi menaklukan dunia lewat teh yang mereka produksi.

Deretan kaleng yang eyecatching ini menjadi kemasan dari teh Harry and David, Gevalia dan Infussions, yang merupakan produk dari luar negeri. Tapi, menurut Ricky de Poere, factory manager Sedap Wangi,Β  tehnya sendiri diproduksi di Indonesia, kemudian dikemas di kaleng-kaleng yang menarik ini dan dijual ke luar negeri, dengan merek-merk tersebut. Miris? Iya. karena nama Indonesia hanya disebut dalam “Product of Indonesia” tidak dijelaskan contentnya secara lebih besar.

Kalengnya sendiri diimpor dari Cina, karena menurut para pelaku Industri teh, hingga saat ini di Indonesia belum ada yang bisa memproduksi kaleng dengan kualitas kaleng sebagus dan serapih ini. Jadi, alur produksinya adalah, teh diproduksi di Indonesia, kaleng diimpor dari Cina, kemudian pengemasan dilakukan di Indonesia, setelah jadi kemasan dikirim ke negara tujuan.

Miris memang kenapa teh kualitas terbaik dengan kemasan terbaik begini dijual ke luar negeri? karena konsumen di Indonesia belum menghargai benar budaya minum teh. Kebanyakan masih meminum teh yang justru kualitasnya rendah. Ya memang tidak bisa disalahkan sih, karena edukasinya juga belum menyeluruh. Bergabung di komunitas pecinta teh membuat saya lebih menghargai teh dan proses dibalik produksi teh itu sendiri. Ada filosofi dan kearifan budaya lokal di dalamnya.

Sebagai pecinta teh dan kolektor kaleng teh, saya sempat “merayu” Pak Ricky untuk menjual kaleng-kaleng teh ini. Sayang, rayuan dari saya dan beberapa anggota komunitas pecinta teh lainnya gagal. Pak Ricky hanya menjanjikan akan menjual kaleng teh+produk teh tersebut jika ada kelebihan order. Jadi, sambil menunggu kapan waktu tersebut datang, saya hanya berharap segera datang order besar dari pemilik merk-merk teh tersebut, sehingga keinginan saya dan teman-teman untuk mengoleksi kaleng+teh tersebut bisa segera terwujud. Ibarat pemadam kebakaran, semboyan kami adalah Pantang Pulang Sebelum Kaleng Teh di Tangan.

 

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    3 Comments

  1. elpissolo 22/10/2012 at 4:15 pm

    Jangan lupa dikabar2in di komunitas kalo ada kelebihan stok.biar bisa dicicipin kalengnya pas gathering.eh maksudnya isi kalengnya … :p …

  2. elpissolo 22/10/2012 at 4:24 pm

    Jangan lupa dikabar2in di komunitas kalo ada kelebihan stok.biar bisa dicicipin kalengnya pas gathering.eh maksudnya isi kalengnya … :p …

    *salam 2 jari dibibir …

    • memez 28/10/2012 at 1:18 pm

      ohohohohooooo pastinya… salam dua jari di bibir