Tujuh bulan sudah, Indonesia berperang melawan Covid-19 ini. Berat? pasti. Capek? Luar biasa rasanya.

Saya yakin banget, ngga cuma saya yang merasakan berperang melawan Covid-19 ini berat banget, tapi saya juga yakin, Ibu-Ibu yang harus mendampingi anaknya sekolah daring, Pengusaha yang harus buka-tutup usahanya, sampai para pekerja yang kehilangan pekerjaannya. Para tenaga kesehatan yang berjibaku, tak kenal lelah merawat pasien (They are the real hero…

Tapi, mengeluh saja tidak cukup. Berkeluh kesah saja tidak menyelesaikan masalah…

Sebenarnya, kalau dari pengamatan saya nih ya, mudah lo terhindar dari Covid-19 ini. Apa saja yang harus dilakukan?

Pemerintah kan sering banget ya mengkampanyekan Protokol Kesehatan, yup semudah itu loh menghindari Covid-19, dengan apa saja?

  1. Gunakan Masker

Yup, sering banget kan dikampanyekan untuk pakai masker. Herannya masih banyak orang yang bandel ya. Sampai sering banget dirazia. Dan kalau dirazia, hukumannya juga bikin malu ya….

Saya pernah lihat ada yang disuruh nyanyi, membersihkan kali, sampai berdoa di kuburan korban Covid-19… hahahhaha mau kasihan, tyapi itu juga karena kebodohan mereka juga ya.

Oiya, memang sih kampanye pakai masker ini sempat membingungkan. Awalnya, masker medis diborong dan harganya gila-gilaan, kemudian diperbolehkan memakai masker kain. Eh trus bermunculan deh tuh masker kain dan masker scuba. Belakangan, pemakaian bahan scuba dilarang. Dan beredar wacana kalau Pemerintah akan mengeluarkan SNI atau Standar Nasional Indonesia. Hadeeeuuhhhh kenapa ngga dari awal aja yaaa ….

2. Cuci Tangan atau Pakai Hand Sanitizer

Sebenarnya sih, kampanye di protokol kesehatan ini sudah bukan hal baru bagi saya. Karena sejak kecil, orang tua saya sudah membiasakan untuk melakukan cuci tangan, cuci kaki bahkan ganti baju kalau dari luar rumah.

Nah, di tengah Pandemi Covid-19 ini, kemudian dikampanyekan cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Positifnya sih, banyak fasilitas washtafel dan hand sanitizer yang dipasang di tempat umum. Kusukaaaa banget deh….

3. Jaga Jarak / Social Distancing

Waaahhhh ini sih yang susah bagi pasangan kekasih hahahhahhaa… bercanda yaaa, sebenarnya sih jaga jarak yang disyaratkan sejauh minimal satu meter ini, untuk mereka yang berada di tempat umum, seperti Bank, Minimarket, Mall atau bahkan di tempat ibadah. Karena itu, sekarang kapasitas tempat-tempat tersebut dibatasi hanya 50% saja.

Buat saya, yang terbiasa memang jaga jarak atau ngga suka berdekatan sama orang lain, kampanye sosial distancing ini, menyenangkan banget. Kereta Commuter Line yang saya naiki setiap ke kantor, jadi lengang dan jauh lebih nyaman.

Di Indonesia, mungkin agak sulit mengkampanyekan protokol kesehatan, karena kesadaran masyarakatnya ampun deh bisa dibilang kurang. Bahkan, masih ada yang menyebut bahwa Covid-19 adalah konspirasi untuk mengeruk keuntungan bagi pemerintah, menurut saya anggapan itu BODOH banget.

COVID-19 itu nyata banget. Apa perlu yang meragukan ini, membantu petugas untuk memakamkan korban Covid-19 ini?perlu banget kayaknya. Biar tahu rasa…

Oiya, selama Pandemi Covid-19 ini, saya harus makin ekstra menjaga kesehatan. maklum aja, sebagai pengidap diabetes, saya memiliki komorbid atau penyakit bawaan, yang mana kalau saya sampai kena Covid ini, dikhawatirkan efeknya lebih parah.

Makanya, selain rutin mengkonsumsi vitamin, saya juga sengaja vaksin Influenza. Thanks to Halodoc, yang bikin Vaksin Jakarta ini mudah ditemukan banget. Sebelumnya, saya cari dulu nih di aplikasi Halodoc, klinik mana saja yang menyediakan vaksin, dan saya pilih yang terdekat dan daftar lewat Halodoc. Gampang banget kan….

Oiya, buat saya yang menghindari keramaian, Halodoc ini memang membantu banget ya. Terutama fitur beli obat. Sebagai penderita diabetes, saya memang rutin minum obat ya. Dan, obatnya biasanya saya beli lewat Halodoc. Maksimal sih biasanya satu jam obat yang saya pesan, sudah sampai di rumah atau di kantor.

Oiya, selain buat beli obat, Halodoc ini juga memiliki fitur Chat dengan dokter, belanja di toko kesehatann sampai membuat janji di Rumah Sakit loh…

Jadi, hindari berada di keramaian, gunakan Halodoc ya…..

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

Leave a Comment




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.