bc1

Senin, 26 Agustus 2015 menjadi salah satu momen tak terlupakan dalam hidup gue. Yeahhh… dengan perjuangan dan banyak drama akhirnya gue bisa mengikuti acara blogger camp yang digelar di Hulu Cai, Bogor, Jawa Barat.

Kenapa momen blogger camp ini begitu penting? Dan apa saja sih kegiatannya? Banyak!!! Tapi… sayangnya habis mengikuti blogger camp gue justru merasa menyesal.

Untuk mengikuti blogger camp ini sebenarnya adalah harus lulus seleksi. Gue sempat beberapa kali mengintip websitenya di www.bloggercamp.id dan ternyata belum dimulai juga. Baru pada Senin, 19 September 2015 pukul 10 pagi, pendaftarannya dimulai. Saking semangatnya mau ikutan bloggercamp ini, gue sempat salah daftar, masak iya gue mendaftarkan diri untuk menerima Blogger Award, hahahahhaaa… blogger remah-remah rempeyek kayak gue pede banget yak. Maklum lah, gue buru-buru daftar dalam keadaan nyawa belum terkumpul dan masih setengah mengantuk πŸ™‚ Gue kemudian berhasil mendapatkan undangan ini dari Mira Sahid, founder KEB.

Di Hari H, peserta bloggercamp Jakarta harus berkumpul di Hotel Harris Tebet. Baru datang, gue sudah diberikan goodie bag berisi sandal, notes dan t-shirt. Blogger kemudian diajaka Hotel tour. Saat diajak berkeliling hotel harris ini dijelaskan bahwa pionir hotel Harris di Jakarta ini akan mengubah imagenya menjadi healthy lifestyle, misalnya dengan meminimalisir kamar dengan fasilitas smoking room serta meminimalisir makanan dengan proses menggoreng.

Buat gue sih, hotel Harris yang berada dinaungan Tauzia Hotel ini memang andalan. Beberapa kali menginap di Jakarta, Lampung dan Bali, gue suka dengan cara mereka menyuguhkan minuman jamu, jajanan pasar serta art performance yang disebut dengan Harris Move.

Beres keliling hotel Harris, rombongan Blogger kemudian diajak untuk menaiki bus Big Bird yang disediakan oleh Blue Bird Group. Perjalanan selama hampir dua jam ke Hulu Cai yang menjadi lokasi acara Blogger Camp Id jadi tidak membosankan. Adalah cowok botak bernama Tommy Prabowo yang didapuk menjadi MC, yang berhasil menghidupkan suasana. Mulai dari interview bersama driver Big Bird yang menjadi ajang curhat sampai kuis-kuis yang berhadiah voucher dari Sunpride, Blue Bird sampai Tauzia Hotel…. Kuisnya KOCAK dan SERU!!!

Sampai di Hulu Cai, Blogger kemudian dibagi untuk menempati tenda yang disediakan. Gue berbagi tenda bersama Teh Ina, Sefiiin, serta Evi. Perbedaan usia, jarak, asal usul serta budaya tidak membuat kita berempat canggung. Sebaliknya, kita justru menjadi cepat akrab dan seakan telah saling lama mengenal.Bukankah ini esensi dari sebuah hubungan pertemanan blogger?

Usai makan malam, rombongan blogger kemudian berkumpul untuk acara api unggun. Tema Blogger Camp 2015 ini adalah “Meningkatkan Kredibilitas Blog” Kemudian digelar sesi sharing dari pakde Mbilung, Mba Nuniek sampai Ndoro Kakung. Kalau gue tangkap sih, tipsnya sebenarnya konsisten, jangan copy paste, sampai penggunaan tata bahasa yang benar. Hebatnya, deretan blogger senior tidak pelit ilmu dan tidak memperlihatkan senioritas mereka. Prinsip ilmu padi semakin berisi semakin menunduk sepertinya benar-benar dipegang.

Setiap sesi di acara bloggercampid ini memang benar-benar dipersiapkan dengan matang sehingga jadi pengetahuan baru bagi bloggernya. Sesi selanjutnya kemudian diisi oleh Adrian Zakhary, produser dari Net TV yang berbagi tentang Citizen Journalism. Buat gue yang juga berprofesi sebagai wartawan dan memproduseri sebuah acara TV, Citizen Journalism ini sebuah inisiatif yang bagus. bc2Foto di depan banner NET TV yang bikin rame di Path…

Untuk mewadahi inisiatif warga ini, Net TV bahkan sampai membuatkan aplikasi khusus. dan ternyataΒ  untuk merekam gambarnya ngga perlu gawai yang mahal atau bagus, cukup dengan kamera handphone,Β  asal resolusinya jelas. Ssstt… kompensasinya lumayan loh. Boleh kali ya gue coba mengirimnya πŸ™‚ Detilnya akan gue posting di artikel tersendiri ya.

Sebelum masuk sesi selanjutnya, ada Tito penyanyi pendatang baru yang menghangatkan suasana. Penyanyi yang baru merilis single Kau Sangat Berharga ini tampil dengan penuh semangat, sayang sound systemnya kurang memadai sehingga suaranya kurang jernih.

Sesi selanjutnya diisi oleh pak Teguh, public relation dari Blue Bird Grup. Selain bercerita soal sejarah blue bird, pak Teguh juga bercerita soal maraknya ojek online dan pengaruhnya terhadap Blue Bird. Ada pengaruhnya? NGGAK. Karena menurut Pak Teguh pangsa pasarnya berbeda. Selain itu ada juga sharing pengalaman dari pak Suhartono, ketua serikat pekerja yang sudah 14 tahun mengabdi di Blue Bird. Selain membawahi pengemudia di 73 pool, pak Hartono bercerita bahwa bekerja di perusahaan ini membuatnya bisa menyekolahkan anak-anaknya hingga perguruan tinggi -salah satunya lulusan UI- kemudian mempunyai rumah, motor, ibadah umroh, hingga Insha Allah tahun depan akan menunaikan ibadah haji.

Sesi terakhir diisi oleh Uteesme, sejujurnya ini yang gue suka banget. Karena apa? karena idenya beda dan ngga mainstream. Jadi Uteesme adalah campaign via tshirt. Kalau selama ini campaign via sosial media di twitter, facebook dan sebagainya, Uteesme ini campaignnya via tshirt. Harga per pcs kaosnya sekitar 140ribuan yangΒ  bisa didesain sesuai selera kita. Untuk kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi, karena bahannya Combed 20S dan printingnya setara dengan t shirt brand Internasional. Punya desain sendiri dan mau dimonetisasi? Bisa banget loh. Unggah saja desain kamu, dan setiap desain kamu yang dipakai, akan dibayar 1,1 USD. Wow… Luar Biasa yaa….

Habis sesi sharing ini kemudian blogger dipersilahkan untuk beristirahat. Gue sih memilih langsung tidur di tenda. maklum jompo, kudu banyak istirahat… Β  Trus acaranya seru? SERU BGT. Trus kenapa menyesal? Yah menyesal lah… karena selama ini ngeblog masih belum diseriusi banget. Padahal, dari ngeblog itu akan banyak pengalaman dan penghasilan. Makanya… mengikuti bloggercamp 2015 ini menjadi salah satu momen berharga dalam hidup gue…

Tapi, gue masih penasaran dengan hestek #LoveKonten yang digaungkan selama acara ini. Ternyata, ini merupakan Campaign dari Indosat Love yang merupakan jaringan terbaru Indosat Super 4G LTE yang memiliki kecepatan download dan upload tiga kali lebih cepat dibanding generasi sebelumnya. Dengan Indosat 4g LTE ini ngeblog dijamin tambah menyenangkan karena koneksi internetnya yang lancar. Ngga hanya itu loh… nonton berita dan streaming video ngga akan terputus-putus, memainkan multiplayer game jadi menyenangkan, dan konektivitas antar device tidak terhambat.

 

Selasa, 27 Oktober 2015

bc3MC dan pembicara yang luar biasaa….

Puncak acara dari Blogger Camp 2015 sesungguhnya digelar hari ini, yang juga bertepatan dengan hari Blogger Nasional. Usai sarapan, blogger kemudian berkumpul di ruangan untuk mendengarkan sharing session dari pembicara seperti Mas Iman Brotoseno (sutradara dan blogger), Maulana atau @Justmaul dari twitter serta Mas Nirwan dewanto seorang budayawan. Tema membangun kredibiltas blog memang menjadi perbincangan utama. Setelah sesi ini, ada bagi-bagi voucher juga dari Blue Bird. Yeaaayyy gue dapat empat voucher. Lumayan buat naik taksi ke kantor ya πŸ™‚

voucherSesi sharing terakhir diisi oleh mas Muhammad Imran, seorang Data Analyst. Wow, pengalamannya di World Bank dan UN membuatnya sangat mumpuni. Artikel dari sesi sharing akan gue tulis terpisah ya…

Kesuksesan acara Blogger Camp 2015 ini tentu tak akan terselenggara tanpa kerja keras dari panitia, aku padamu deh mbak-mbak dan mas-mas panitia… Terima kasih sudah meluangkan waktu dan bekerja keras tanpa bosan demi kami πŸ™‚ bc4Panitia… Kalian luar biasaa….

Jadi…. sampai bertemu di Blogger Camp 2016…Β  πŸ™‚

 

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    4 Comments

  1. @danirachmat 27/10/2015 at 2:49 pm

    Huaaaaaa. Mupeng sangattt dan ngiriiii. Huhuhu. Acaranya keren banget ya kayaknya. Btw ditunggu postingan buat jurnalisme untuk NetTVnya ya Mbak Memez…

    • memez 28/10/2015 at 7:02 am

      Acaranya seruuuu…. siap, nanti CJnya Net TV ditulis dulu ya materinya πŸ™‚

  2. Tanti Amelia 28/10/2015 at 11:30 am

    alhamdulillaaah bisa bareng Memez di HarBlogNas – ketawa ngerumpi en ngegayem bareng -.. luv u Meeezzz

    • memez 29/10/2015 at 6:17 am

      Mak Tanti aku padamu….