Sebagai orang yang untuk urusan olahraga malasnya ngga ketulungan, saya sangat pilih-pilih untuk urusan olahraga. Maunya olahraga yang sekalian capek, membakar banyak kalori plus banyak berkeringat. Kemalasan ini kemudian bertambah ketika suatu hari saya mengalami cedera ringan di lutut, yang membuat saya disarankan untuk berolahraga seperti Yoga, Pilates dan sejenisnya. Memang sih selama ini saya beberapa kali berlatih Yoga di sebuah pusat kebugaran yang ada di Mall. Tapi, karena insiden Personal Trainer Pembohong, saya malas latihan lagi.

Suatu hari, saya dapat undangan untuk mencoba Bikram Yoga di Union Yoga dari Clozette Daily. Wih,…. kesempatan ini jelas ngga saya sia-siakan. Bahkan, saya sampai mengalokasikan waktu di hari libur saya untuk mendatangi Union Yoga. Karena pilihannya di Union Yoga di Kelapa Gading atau Dharmawangsa, saya memilih di Kelapa Gading, karena kebetulan hari itu aktivitas saya banyak di daerah Jakarta Utara dan sekitarnya.

Saat baru datang, resepsionis di Union Yoga bertanya apakah saya membawa handuk untuk alas mat Yoga, karena ngga bawa, saya menyewa handuk seukuran mat Yoga ini dengan harga Rp. 10 ribu aja. Setelah menyimpan barang-barang di loker room, saya kemudian naik ke lantai dua Union Yoga, untuk memulai latihan Bikram Yoga.

 photo loker room union yoga_zps1xjwlp7f.jpg

Sebelum masuk ke ruangan Bikram, terdapat etika yang harus dipatuhi. Ini dia aturannya ya….

 photo Etika di Ruang Bikram Yoga_zpsj9qjjpjz.jpg

Tepat jam tujuh malam, latihan Bikram Yoga pun dimulai. Saat itu, ada empat orang peserta termasuk saya. Dua orang diantaranya adalah Ibu dan anak yang sudah terbiasa latihan Bikram. Mereka memakai pakai olahraga yang amat minimalis dengan stok air minum yang banyak. Mereka bercerita kalau nanti keringat akan mengucur deras, jadi harus banyak minum.

Saat itu, instrukutrnya seorang perempuan berwajah oriental yang memberikan instruksi dengan bahasa Inggris yang tegas dan kencang. Saat tahu saya baru mencoba Bikram Yoga, sang Instruktur kemudian memberi tahu beberapa hal. Misalnya, kalau ternyata tidak kuat sebaiknya duduk dengan posisi khusus, jangan tidur-tiduran dengan posisi sembarangan. Dan jangan memaksakan diri kalau memang tidak kuat.

Sesi Bikram Yoga kali ini berlangsung selama 90 menit. Di 30 menit pertama, saya cenderung masih bisa mengikuti. Instrukturnya memberi tips untuk jangan terus menerus minum. Maksudnya dikasih jeda selama latihan dari gerakan pertama ke gerakan berikutnya. Di 30 menit kedua, saya mulai merasakan beberapa gerakan tidak bisa saya ikuti, hingga kemudian saya sempat berhenti sejenak. Di 30 menit terakhir, baru terasa gerakan-gerakan di Bikram Yoga ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Yoga yang biasa saya ikuti. Namun, karena gerakan ini dilakukan di ruangan dengan suhu sekitar 39 derajat celcius, baru terasa agak berat untuk saya ikuti.

Sepanjang latihan selama 90 menit ini, sang Instruktur sesekali membuka pintu agar udara di dalam studio tidak terlalu panas. Meski buat saya yang pertama kali mencoba, latihan Bikram Yoga ini cukup berat, tapi sebenarnya siapapun bisa mengikuti, karena kalau gerakannya salah atau kurang tepat, instrukturnya akan memberi contoh dan membetulkan posisi peserta. Ini yang saya suka dari latihan Yoga di sini. karena biasanya, saking banyaknya peserta, Instrukturnya kurang “aware” sama gerakan pesertanya.

Usai latihan, saya yang memakai pakaian olahraga tertutup dan jilbab, merasa sekujur tubuh saya basah kuyup karena keringat. Dan rasanya enak banget. Sebelum pulang, saya mandi di shower room yang disediakan. Shower room ini berada dalam satu lokasi dengan locker room, meski tidak luas banget, tapi bersih dan nyaman. Plus disediakan sabun, shampo sampai sisir dan hair dryer.

 photo shower at union yoga_zpsb0hy92ys.jpg
Setelah berlatih Bikram di Union Yoga, saya merasa badan saya segar. Plus, di malam hari tidur saya sampai nyenyak banget. Saat sampai rumah, saya baru sadar kalau saya ngga sempat berfoto-foto usai latihan Yoga. Karena kepincut manfaatnya, saya sampai browsing manfaat dari Bikram Yoga, diantaranya :

  1. Detoksifikasi. Keringat yang dikeluarkan akan lebih banyak ketimbang Yoga biasa, jadi proses detoksifikasi akan berlangsung lebih efektif.
  2. Mengurangi stress dan kecemasan. Dalam beberapa posisi, akan membuat denyut jantung meningkat dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Ini juga yang membuat tidur lebih nyenyak setelahnya.
  3. Membantu menurunkan berat badan. Ini sih bonus ya, bukan tujuan utama
  4. Meningkatkan kekuatan otot. Di studio Bikram, di mana suhunya lebih panas ketimbang udara luar, otot-otot akan lebih fleksibel sehingga meningkatkan kemampuan gerakan..
  5. Meningkatkan stamina. Tapi, untuk orang dengan penyakit tertentu sebaiknya berkonsultasi sebelum melakukan Bikram Yoga.

Dari pengalaman usai mencoba Bikram di Union Yoga, ini dia tips berlatih Bikram Yoga :

  1. Jika ingin makan, sebaiknya maksimal dua jam sebelum berlatih. Kalau kurang dari itu, saat berlatih akan berasa sedikit mual. Dan ini saya alami, saya makan satu jam sebelum latihan, dan beberapa kali saya nyaris muntah πŸ™
  2. Kemukakan kondisi anda pada instrukturnya. Misalnya ada riwayat pernyakit atau kondisi kesehatan tertentu, Jadi, ketika ada gerakan tertentu yang beresiko, Instruktur akan memperingati anda.
  3. Jangan maksa. Latihan Yoga bukan sebuah kompetisi, jadi kenali batas maksimal tubuh anda. Kalau ngga kuat atau ngga nyaman, sebaiknya beristirahat sejenak.
  4. Dengarkan instruksi dengan benar agar terhindar dari cedera.
  5. Β Nikmati dari setiap gerakan agar terasa manfaatnya

Pengalaman saya mencoba Bikram di Union Yoga benar-benar berkesan. Saya sih pingin banget daftar. Apalagi harganya terjangkau banget, mulai dari 195ribu untuk sekali latihan, dan kalau ambil paket lebih murah lagi. Nah, itu cerita saya usai mencoba Bikram di Union Yoga. Kalau kamu, olahraga apa sih yang kamu sukai? Alasannya kenapa? Cerita dong di sini…..

 

 

 

UNION YOGA

UNION YOGA KELAPA GADING
Rukan Orchard Square Blok GOS/D19, Summarecon Kelapa Gading
JL. Raya Kelapa Hybrida.
No Telpon 021 2961 6460
UNION YOGA DHARMAWANGSA
JL. Wijaya II/No.73 Kebayoran Baru
No Telpon 021 722 0146
IG : @UnionYoga

Web : http://unionyoga.id/

 

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    12 Comments

  1. echaimutenan 13/10/2016 at 4:34 am

    namasteeee
    kalau emang bikin kurus abis lahiran melipir mari :v

    • memez 13/10/2016 at 4:54 am

      Yuk ah cuzzz abis lahiran…

  2. Jade Ayu 13/10/2016 at 9:51 am

    Penasarannn.. blm pnah aku yg bikram ini.

    • memez 14/10/2016 at 8:50 am

      Yuk ah cusss dicoba abis dede Arsel gedean dikit πŸ™‚

  3. Roswitha Jassin 14/10/2016 at 10:58 pm

    mezzz ikottt!!!

    • memez 17/10/2016 at 7:08 am

      Yuk ah kita latihan bareng πŸ™‚

  4. fanny fristhika nila 23/10/2016 at 12:51 am

    uwaaaahhh, jd kita yoga dlm ruangan 39 derajat??? aku ga kebayang panasnya :D.. kliyengan langsung… tapi kalo memang udh biasa, mungkin udh ga jd masalah ya mba

    • memez 26/10/2016 at 11:02 pm

      Memang agak mual sih pertamanya, tapi sesudahnya enak banget πŸ™‚

  5. yulia rahmawati 24/10/2016 at 11:26 pm

    Saya pernah ikut Yoga, tp cuma tahan tiga minggu karena lumayan jauh tempatnya. Sebetulnya sih masih pengen kalau deket sama ada temennya mah πŸ™‚

    • memez 26/10/2016 at 10:58 pm

      Hihihihihih memang kalau olahraga ngga ada temannya kurang asyik ya πŸ™‚

  6. Ratna Dewi 26/10/2016 at 8:49 pm

    Dulu pas masih tinggal di Kemayoran pengen bikram yoga di Gading tapi mahal ya ternyata buat sekali pertemuan. Akhirnya pilih fitness dan ambil kelas yoga di Earth Living Rawamangun yang lebih murah.

    • memez 26/10/2016 at 10:57 pm

      Memang sih agak mahal ya… ini karena coba gratis aja πŸ™‚