Orang Pelit Kuburannya Sempit

Jadi, gue baru menyadari ada seorang teman gue yang pelit banget.

Bukan… bukan pelit soal duit ya, karena menurut gue kalau urusan soal duit itu bukan urusan gue.

Tapi… urusan soal makanan.

Jadi, kalau gue bawa makanan dia paling semangat menyambut dan mencicipinya.

Kalau dia bawa makanan, bisa loh dia makannya ngumpet-ngumpet dan diambil sedikit demi sedikit dari tasnya.

Gue dibesarkan dalam keluarga yang bisa dibilang suka bagi-bagi makanan.

Misalnya, almarhum Nyokap gue masak sesuatu. Biasanya masaknya agak banyak dan suka membagi tetangga dekat. Apalagi kalau makanannya yang berbau harum dan aromanya mengundang. Alasan almarhum nyokap adalah “Masa mereka cuma mencium wanginya aja, dosa tau kalau bikin mereka ngiler tapi ngga mencicipi,”

Ngga cuma makanan seperti lauk, kebiasaan bagi-bagi makanan ini juga terjadi misalnya kalau Nyokap bikin cemilan sore-sore, atau juga bawain oleh-oleh kalau habis pergi dari manapun.

Nah, kebiasaan berbagi makanan ini yang sepertinya mengakar banget dalam diri gue. Makanya, gue heran banget kalau sampai ada orang yang pelit. Alasan lain yang bikin gue takut kalau menjadi orang pelit adalah pepatah lama yang bilang kalau orang pelit itu kuburannya sempit. Hahahahahaa…. Entah benar atau tidak, yang pasti almarhum Nyokap mengajarkan jangan pelit, karena kalau meninggal, kita ngga mungkin bisa jalan sendiri ke kuburan, alias butuh bantuan orang lain. Makanya jadi orang jangan pelit. Syukur-syukur nanti ada yang bantuin bawain payung saat menuju peristirahatan terakhir.

Balik lagi ke teman gue ini yang ngumpet-ngumpet kalau punya makanan. Gue pun menanyakan ke teman gue yang lain, kok kelakuannya begitu ya… Eh, pertanyaan gue malah dibalik, “kemana aja loh Mez,” hahahhahaaa… karena jujur gue ngga begitu ngeh selama ini.

Teman gue yang juga merasakan betapa pelitnya orang ini kemudian mencontohkan prilaku si pelit ini :

1. Kalau bawa makanan pasti dia makan sendiri dan ngumpet-ngumpet.

2. Kalau ada yang bawa makanan, misalnya gue bawa makanan, dia akan mengambil porsinya sendiri dan kalau ada yang minta akan dilarang.

3. Kalau lagi makan ramai-ramai, dia akan membarikade makanannya dan ngga ada seorang pun yang boleh mencicipi makanannya.

Dan gue langsung elus-elus dada. Karena apa? Karena baru kali ini gue menemukan orang tipe begini.

Jujur, sampai sekarang gue belum tahu akan berbuat apa pada si Pelit ini. Membalasnya dengan berbuat pelit juga? Duh… bukan gue banget loh.

Ada yang punya saran, harus seperti apa menyadarkan si pelit ini? Ditunggu loh sarannya πŸ™‚

 

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    16 Comments

  1. Yeye 18/01/2016 at 8:41 am

    Susah dahhh.. Gw jg punya temen model begitu, tp apa daya.. Eike tak sampe hati klo hrs menyadarkan nya Mez hahhaa

    • memez 18/01/2016 at 9:32 pm

      Issshhhh Mamah yeye aja ngga sampai hati yaaa

  2. Winda Carmelita 18/01/2016 at 3:21 pm

    Mungkin dia punya pengalaman pahit di masa lalu terkait bagi-bagi makanan Mbak :’)))

    • memez 18/01/2016 at 9:33 pm

      Ooppsss… bisa jadi sih. Tapi masa harus sepelit itu???

  3. pipit 18/01/2016 at 3:48 pm

    hmm.. kalo ga terlalu deket ya cuekin aja, gak penting soalnya πŸ˜› tapi kalo temen deket dikasih tau aja sambil becanda gitu…

    • memez 18/01/2016 at 9:33 pm

      lihat momennya dulu ya berarti…

  4. Riski Fitriasari 18/01/2016 at 4:09 pm

    Kerjain aja pas ultah, pesen makanan atas nama dia.
    Di kantor lama suami ada yg kyk gitu trus dikerjain pas ultah. Dia kan nraktir temen2nya, lha temen2nya itu pada pesen menu paling mahal trus si bos malah minta ada yg dibawa pulang, pesennya banyak lagi.
    Kata suami, gokiiil dan puas banget ngelihat muka orang itu.. hehehe.

    • memez 18/01/2016 at 9:31 pm

      Jiaaahhhh justru kayaknya mustahil deh hehehehhehee… pelitnya kebangetan πŸ™‚

  5. Jade Ayu 18/01/2016 at 10:44 pm

    Yaudhlah didoain aja niar dia ga pelit lg. #edisisholehah :p

    • memez 20/01/2016 at 6:08 am

      BuYu Ibu Sholehah πŸ™‚

  6. indah nuria Savitri 21/01/2016 at 1:20 am

    hahahaa…masih ada yaaa yang kayak begitu mba. Tapi beneran deh, paling sebel yaa kalau liat kelakuan begini niiih πŸ™‚

    • memez 25/01/2016 at 10:45 am

      Ada, ada banget, ini buktinya πŸ™‚

  7. Pypy 25/01/2016 at 4:26 pm

    Kalau mantanku dulu bukan pelit mba Mez, tapi lebih ke krn dia ga mau makanan dia disentuh orang lain. Makanya kek ke acara makan bareng gitu dia jarang mau makan kecuali dia yg jadi penyendok pertama. Haha.. Kalau yg baru kenal dia pasti bilangnya pelit.. Tapi paling males emang klo yg ketemu beneran pelit. Lah, diri ini suka main comot sana sini kalo makan :p

    • memez 26/01/2016 at 5:55 am

      ihh ini sih nyebelin yaaaa…

  8. anotherorion 25/01/2016 at 11:04 pm

    semoga kita ga masuk golongan orang pelit ya mbak

    • memez 26/01/2016 at 5:50 am

      Amit-amit #ketokmeja