unicef_violence_is_thereBekerja di media, membuat gue bisa melihat gambar atau foto peristiwa terkini sebelum dipublikasikan ke masyarakat. Hari ini, gue menangis, marah dan kecewa, saat hendak mengedit berita tentang Marvel, bocah lucu berusia dua tahun tujuh bulan yang meninggal karena dianiaya kekasih ayahnya. Mirisnya, kepala Marvel dibenturkan ke tembok berkali-kali, hanya karena Marvel muntah di atas sprei yang baru diganti Rianti. Seremeh itu? Serius? Cuma gegara kesal anak kecil muntah langsung dibunuh???

Iya, ternyata hal sepele kayak gitu bikin Rianti kesal sampai membenturkan kepala Marvel ke tembok. Akibatnya, bocah lucu ini kejang-kejang dan ngga sadarkan diri. Sebelum meninggal pada 9 Februari silam, Marvel sempat koma selama delapan hari saat dirawat di Rumah sakit Eka Hospital BSD.

Waktu ditanya sama Ray, ayah Marvel, Rianti berkilah bahwa Marvel jatuh dari tempat tidur hingga kejang-kejang dan tak sadarkan diri.  Yenny, Ibunda Marvel yang telah bercerai dengan Ray, kemudian mengadukan kasus ini ke pihak kepolisian.

Pada 22 Februari 2016, Polisi kemudian melakukan autopsi dan menemukan sejumlah luka pada bagian kepala, lengan serta betis. Yang menyedihkan, tengkorak kepala Marvel sebagian hancur karena pukulan benda tajam dan otak kanannya mengalami pendarahan. Duh… kebayang kan betapa kencangnya Rianti membenturkan kepala Marvel ke tembok.

Peristiwa ini jadi bukti bahwa, kadang-kadang kekerasan terhadap anak bisa dilakukan oleh orang dekatnya sendiri. Dalam kasus ini dilakukan oleh kekasih Ayahnya yang sudah tinggal bersama dan selama ini mengasuh Marvel.

Tahu ngga sih kalau menurut  data tahun 2012 yang dikeluarkan  Komisi Nasional Perlindungan Anak, umlah kekerasan yang dialami anak di tahun 2012 meningkat hingga 2.637 kasus (sebelumnya 2.509 kasus) di mana 31,06 % atau 819 anak menjadi korban kekerasan fisik. Dengan rincian  sebagai berikut :

  • Kekerasan fisik yang dilakukan ayah tiri sebanyak 91 kasus
  • kekerasan seksual 129 kasus
  • kekerasan psikis 6 kasus
  • kekerasan fisik yang dilakukan ayah kandung 86 kasus
  • kekerasan seksual yang dilakukan ayah kandung atau incest sebanyak 17 kasus
  • kekerasan psikis yang dilakukan ayah kandung ada 20 kasus
  • kekerasan fisik yang dilakukan ibu kandung ada 32 kasus

Serem? Iya banget. Hal ini juga yang menjadi kekhawatiran mertua gue ketika melepas adik ipar gue menikah untuk kedua kalinya. Takut pasangannya nanti ngga sayang sama kedua anaknya, takut jahat atau galak sama kedua anaknya. dan menurut gue ketakutan-ketakutan seperti itu bisa dipahami lah.

Menjalani hubungan atau menikah dengan pasangan yang sudah punya anak ibaratnya paket Combo. harus diterima keduanya dalam satu paket. Iya, memang butuh kesabaran dan usaha yang luar biasa. tapi, bukankah hidup adalah pilihan. Kalau elo sudah memilih pilihan itu, ya dinikmati saja.

Berbeda sama mertua gue, beberapa teman gue ada yang baru saja melepas masa jandanya. Sebut saja Marwa, yang menikah dengan teman smpnya, pria yang masih berstatus lajang. Sejak awal, Marwa menegaskan kalau hendak menikahinya, berarti juga harus menerima anak laki-lakinya yang kini berusia enam tahun. Waktu kemudian membuktikan bahwa suaminya kini sosok laki-laki yang sayang banget sama anaknya. Tentu saja pendekatannya dengan mainan 🙂 Bahkan, menurut Marwa, anaknya justru sangat dekat dengan ayah tirinya ini. Maklum saja, perceraiannya dengan mantan suaminya membuat anaknya seperti kehilangan sosok ayahnya.

Kisah kedekatan anak-anak selebriti dengan orang tua tiri juga banyak ya contohnya. Lihat saja kedekatan Aurel dan azriel yang kelihatan lebih nyaman dengan Ashanty. Atau lihat deh kedekatan anak-anaknya Reza Artamevia – alm Adjie Massaid dengan Angelina Sondakh. Kalau kamu punya cerita tentang kedekatan anak-anak dengan orang tua tiri? Sharing ceritanya di sini dong…

 

 

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    15 Comments

  1. @danirachmat 28/02/2016 at 10:05 am

    ya ampuuun….. sedih banget nasibnya Marvel… :'(

    • memez 29/02/2016 at 8:37 am

      Iyaa tega banget yaaa

  2. Ratna Dewi 29/02/2016 at 1:00 pm

    Ini yang bunuh yg cewek cantik itu kan mbak? Duuhh, kejam banget ternyata. Nggak nyangka bakal sesadis itu. Buat aku yg belum punya anak, suka baper kalo liat berita-berita yg kayak begini. Anak kecilnya malah disia-siain.

    • memez 07/03/2016 at 8:26 pm

      Iyaa sementara kita mau punya anak harus sangat bersusah payah yaaa

  3. astin 29/02/2016 at 1:55 pm

    Sedih bgt dan kaget, gak kebayang bagaimana sakitnya Marvel.

  4. Indah Juli 29/02/2016 at 3:43 pm

    Waktu kerja di indosiar, daku juga sering termewek-mewek karena berita penganiayaan anak 🙁
    Aku punya teman, janda dengan 4 anak trus nikah dengan laki-laki yang lebih muda darinya. Tuh cowok benar2 ikhlas terima temanku dan anak-anaknya. Malah anak2nya lebih dekat ke daddynya dibanding papa kandungnya, yang nggak mau tahu keadaan anaknya.

    • memez 07/03/2016 at 8:26 pm

      Beruntung banget yaaa

  5. Hani S. 29/02/2016 at 4:09 pm

    Waktu nonton beritanya, pas lagi lagi ngumpul sama Alfath dan Papanya. Langsung melukin Alfath yang umurnya gak beda jauh sama Marvel.

    Hanya bisa turut hantarkan do’a untuk Baby Marvel, insha Allah skr udah gak kesakitan lagi “disana”. Amiin.

    • memez 29/02/2016 at 8:39 pm

      Aku juga sedih banget waktu ngedit beritanya…hiks hiksss

    • memez 07/03/2016 at 8:25 pm

      Hiksss sedih banget taauuu

  6. winda puspita 01/03/2016 at 9:41 am

    merinding…
    jadi cerita ibu tiri benar adanyaaa ya kak..

    • memez 07/03/2016 at 8:24 pm

      Aku ibu tiri bagimu hahahhahaa

  7. Dyah Prameswarie 01/03/2016 at 10:24 am

    Ya Allah, ngeri gitu Mbak 🙁

    • memez 07/03/2016 at 8:24 pm

      Ngerinya kebangetan

  8. Ilmy 23/03/2016 at 2:16 pm

    Miris bacanya