peserta-all-1

Seru banget kaann….Abaikan muka ngantuk gue. Foto dok Indoblognet

Semenjak “kecebur” di program “Jadi Pengusaha” yang gue produksi sepanjang tahun 2015, gue sebenarnya menjadi sangat amat “haus” untuk belajar dan memulai usaha. Maka, ketika program ini dimatikan, tidak demikian dengan semangat gue. Gue masih sangat bersemangat, berapi-api, atau apapun sebutannya, untuk menggali ilmu soal usaha.

Maka, beruntunglah gue, ketika pada rabu, 23 Maret silam, menjadi salah satu blogger yang diundang acara Forum Berbagi Ilmu  yang digelar Gerakan AMPUH, Anak Muda Punya Usaha. Kantuk yang gue rasakan karena bekerja sejak pukul empat pagi tak lagi terasa, ketika mendengar penjelasan sejumlah narasumber.  Apalagi ketika mendengar bagian bahwa pelaku wirausaha bisa mendapatkan pembiayaan dari Kemenkop dan UKM. Ngga tanggung-tanggung, pembiayaannya sampai 20 juta rupiah.  Wowww… bagaimana caranya ya???

Karena mesti meeting proyeksi untuk pekerjaan besok, gue datang ke Bakoel Koffie Cikini berbarengan ketika acara dimulai. Gue sengaja memilih kursi dengan posisi terbaik agar bisa mendengarkan penjelasan Dimas Oky Nugroho, Mirwan Suwarso hingga Braman Setyo, ketiga narasumber dalam acara ini. Melihat antusiasme blogger yang hadir, gue sessungguhnya merasa senang. Karena yang diundang yang memang benar-benar membutuhkan informasi, bukan yang sekedar basa basi dan bikin berisik. Salut buat Indoblognet yang mengorganisir acara ini.

Acara dimulai dengan perkenalan dari Dimas Oky Nugroho. Dan sejujurnya gue sangat terkejut. What??? ini bukannya calon walikota Depok, yang namanya gue coblos dalam surat suara waktu Pilkada 9 Desember 2015 lalu. Gue sampai memastikannya dengan mencari beritanya di internet. Dan ternyata benar saudara-saudara. Satu hal yang perlu digaris bawahi adalah Dimas Oky Nugroho berinisiatif mendirikan gerakan AMPUH karena  passionnya memang demikian.

Sebagai  Direktur Eksekutif ARSC. Aktivis Sukarelawan Indonesia untuk Perubahan (SIPerubahan), Dimas sejak beberapa tahun lalu berkeliling sejumlah negara untuk melihat usaha yang didirikan anak muda. Pengalaman ini  membuat pria kelahiran 7 Februari 1978 ini merasa bangga melihat potensi anak muda di Indonesia. “Kita punya banyak anak muda yang benar-benar kreatif dan potensial. Sayang, kebanyakan dari mereka belum tahu bagaimana menjalankan usaha serta membuat strategi usaha,” jelas Dimas saat gue tanya alasannya memulai gerakan AMPUH.

Keprihatinan ini kemudian membuat Dimas berinisiatif membuat gerakan Anak Muda Punya Usaha atau yang biasa disingkat AMPUH. Gerakan ini bertujuan melakukan pendampingan bagi anak muda yang mau atau sudah memiliki usaha, untuk menjalankan usaha, membuat strategi pengembangan usaha, sampai mempertemukan dengan pembeli dan investor.

Niat mulia Dimas ini ternyata didasarkan pada pengalamannya berkeliling ke sejumlah negara untuk melakukan studi banding terhadap usaha yang dimiliki anak muda. “Kalau saya melihat, usaha anak muda di Amerika, Eropa, serta negara-negara maju lainnya mempunyai ciri khusus, yaitu mereka selalu mengedepankan rasa nasionalisme, rasa cinta terhadap negerinya sendiri. Misalnya dengan mengedepankan penggunaan produk lokal, konten lokal, hingga tenaga kerja lokal,” kisah Dimas.

Gerakan Anak Muda Punya Usaha yang dimotori Dimas Oky Nugroho ini mendorong anak muda untuk berwirausaha. Menurut pria lulusan S3 Universitas New South Wales, Australia ini, dengan berwirausaha nasionalisme anak-anak muda akan berwujud. Untuk memudahkan sosialisasi gerakan AMPUH, Dimas pun mengundang bagi anak-anak muda Indonesia untuk bergabung dan berdiskusi di berbagai akun sosial media AMPUH, mulai di Youtube, Facebook,  hingga Instagram.

Dimas merasa sangat perlu mengajak anak muda berwirausaha lantaran melihat tantangan globalisasi yang kian kompetitif. Apalagi ketika dihadapkan pada MEA. “Saya setuju dengan Presiden Jokowi bahwa kita harus optimis karena MEA adalah peluang. Namun untuk menjadi peluang pemerintah harus serius mempersiapkan dan menggerakkan negara dan bangsa ini untuk menjadi pemenang, ” terang Dimas.

Anak Muda Punya Usaha

Untuk merealisasikan tujuan meningkatkan jumlah anak muda berwirausaha, Gerakan AMPUH kemudian menggandeng orang-orang yang berpengalaman untuk menjadi tutornya. Salah satunya adalah Mirwan Suwarso. Publik mungkin mengenalnya hanya sebagai sutradara. Tapi, siapa sangka, Mirwan Suwarso punya pengalaman yang luar biasa dan sangat inspiratif. Pria ini adalah sosok penting dibalik suksesnya situs Super Soccer, sebuah website yang menyajikan informasi dan segala hal tentang sepakbola.

Kesuksesan website Super Soccer ini kemudian membuatnya banyak dilirik oleh sejumlah investor. Dana miliaran rupiah dikucurkan investor dari Timur Tengah untuk mengembangkan website ini. Mirwan pun tak ingin menikmati kesuksesannya sendirian. Belakangan, Mirwan mengundang anak-anak muda yang mempunyai usaha untuk memasarkan hasil usahanya di marketplace yang menjadi bagian dari situs Super Soccer. Beberapa kali, Mirwan bahkan mengucurkan modal untuk mendanai sejumlah usaha anak-anak muda ini.

Tak hanya menggandeng orang-orang yang telah sukses dan berpengalaman, kelebihan Gerakan AMPUH ini dengan komunitas sejenis adalah mempertemukan anak-anakmuda yang berwirausaha dengan pihak pemerintah. Salah satunya adalah Kementerian Koperasi dan UKM, yang saat acara ini diwakili oleh Braman Setyo, Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Dalam presentasinya, pak Braman Setyo memperlihatkan kondisi usaha saat ini dan program pembiayaan usaha kecil dan menengah.

PowerPoint Presentation

Sebagai perwakilan pihak Pemerintah, Braman Setyo menjamin banget bahwa pemerintah membuka kesempatan berwirausaha bagi siapapun, tak terkecuali bagi anak muda. Apalagi, dari data Kemenkop & UKM, Braman Setyo menjelaskan bahwa pasar online shopping di Indonesia pada 2016 mencapai 325 triliun rupiah, dari 104 triliun pada tahun 2013. Pertumbuhannya luar biasa banget kan???

Mengapa pemerintah merasa harus meningkatkan jumlah wirausaha? Karena sesuai dengan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015 – 2019, pemerintah menargetkan jumlah wirausaha bertambah minimal satu juta wirausaha. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan memberi kemudahan bagi pelaku wirausaha. Mulai dari kemudahan dengan memangkas sejumlah peraturan yang dianggap menghambat hingga mengucurkan bantuan pembiayaan. Di awal 2017, pemerintah akan mulai mengucurkan bantuan hingga 20 juta rupiah untuk pelaku wirausaha, yang persyaratannya bisa dilihat di E Proposal yang akan diluncurkan pada pertengahan 2016.

Setelah mendengarkan penjelasan dari ketiga narasumber ini, gue merasa menyesal. Iya menyesal banget. Kenapa ngga dari dulu gue tahu hal-hal begini sehingga bisa lebih awal memulai usaha. Tapi, setidaknya gue memiliki kesempatan untuk tahu bahwa kalau mengalami kesulitan memulai usaha, bisa sharing pada komunitas yang memiliki kepedulian seperti ini. Jadi, ada yang berminat memulai usaha? Usaha apa sih??? sharing dong di sini….

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    13 Comments

  1. Yulia Rahmawati 01/04/2016 at 8:27 am

    ternyata anak muda Indonesia memiliki banyak potensi kreatif ya Mbak, memang butuh manajemen dan mengarahkan pada bisnis 🙂

    • memez 04/04/2016 at 5:45 pm

      terima kasih undangannya yaa… asli ngga rugi banget deh.

  2. Dani 04/04/2016 at 4:49 pm

    Hiksssss. Kalo ditanya mulai usaha apa masih galauw karena gak bisa jawab dan hiksss lagi gak bisa dateng ke acaranya kemaren… 😢😢😢😢

    • memez 04/04/2016 at 5:44 pm

      Iya!!! rugi banget ngga datang loh…

  3. Febriyan 04/04/2016 at 4:50 pm

    Saya malah baru tahu kalau Pak Dimas calonin diri. Hahaha. Acaranya emang asik yak mbak. Trs kapan nih traktiran vouchernya. Hahaha

    • memez 04/04/2016 at 5:44 pm

      Hihihiii voucher 100ribu ajaaa… nantilah gue traktir maksi 🙂

  4. Nia Nastiti 04/04/2016 at 8:47 pm

    Seru banget nih kayaknya ya Mba, salam kenal aku nia baru pertama kali mampir ke blog Mba Memez. Semoga birokrasi buat yg wirasuha semakin baik, jd yg mau pada bikin usaha dimudahkan 🙂

    • memez 04/04/2016 at 9:17 pm

      Terima kasih sudah mampir 🙂
      Iya doa aku juga sama. Birokrasi dimudahkan yaaa

  5. evi 10/04/2016 at 9:18 am

    Anak muda punya usaha, gerakan yang keren banget ini. Sudah tiba saatnya anak-anak muda gak perlu ngirim lamaran kerja tapi menerima kerja. Yahud banget kan 🙂

    • memez 11/04/2016 at 8:57 am

      Gerakan seperti ini memang harus didukung ya Mba 🙂

  6. indonesia banking school 02/08/2016 at 11:37 am

    Semoga anak anak muda indonesia semakin kreatif dan inovatif . Amin

    • memez 04/08/2016 at 3:38 pm

      Aminnn semoga yaaa

  7. Komunitas Bisnis Online 12/08/2016 at 3:48 pm

    Terima kasih atas infonya, sebagai anak muda saya juga termotivasi untuk mewujudkan apa yang menjadi mimpi saya