10 FUNGSI INSTAGRAM DI INDONESIA

Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling populer di Indonesia. Bahkan, Indonesia menjadi negara dengan jumlah pengguna Instagram terbanyak di Dunia, setelah Jepang dan Brazil. Dibandingkan media sosial lainnya, Instagram memang punya banyak kelebihan. Misalnya, sebuah foto atau video yang diunggah memungkinkan siapapun melihatnya (kecuali akunnya private ya), dan fitur komentar menambah seru interaksi ini. Tapi, apa saja fungsi Instagram yang lazimnya di gunakan di Indonesia… Ternyata banyak loh. Mulai dari akun haters sampai akun cowok-cowok ganteng πŸ™‚

Kenapa gue membaginya dalam 10 kategori? karena dari pengamatan gue, fungsi ini yang banyak digunakan. Ini dia kategorinya :

1. UNTUK SYIAR AGAMA

Dakwah bisa di mana saja, ngga terkecuali di Instagram. Salah satu akun dakwah bagi umat muslim yang banyak diikuti adalah @Teladan.Rasul. Gue sendiri mengikuti akun ini dan merasa info yang disampaikan cukup lugas dan lengkap.

AKUN INSTAGRAM DAKWAH

Buat yang beragama katolik bisa mengikuti akun @Katolik_Indonesia, @Instakatolik atau @Ekatolik. Buat yang beragam Budha bisa mengikuti @Theravada_Buddhism, dan buat yang beragama Hindu bisa mengikuti @Hinduism_.

2. UNTUK BERJUALAN

Siapa yang suka banget mantengin Instagram dan berbelanja di ITC alias Instagram Trade Centre? #TunjukTangan #TutupMuka. Ya, diakui atau tidak, kehadiran online shop di Instagram ini memang menjadi sebuah fenomena dan menjadi ciri khas dari Instagram. Dua akun online shop yang paling banyak berjualan di Instagram tentu saja hijab dan make up.

AKUN INSTAGRAM VANILLA HIJAB Khusus Akun Vanilla Hijab ini luar biasa banget loh. Kalau mau belanja di sini harus benar-benar standby ya. Gue seringkali gagal belanja di sini karena barang yang di pasang, ngga sampai 15 menit langsung sold out.Β  AKUN INSTAGRAM ONLINE SHOP MAKE UPΒ Β Β Β  Nah, kalau Makeupuccino ini termasuk olshop make up yang lengkap dan menjual dengan harga murah. Bagaimana sih menilai sebuah online shop memang terpercaya? Jangan terlalu percaya dengan testimoni pembeli, yang oleh beberapa online shop abal-abal sengaja dibuat. Lihat online shop yang memang qualified dari bagaimana pemiliknya merespon pertanyaan atau respon setelah transfer uang. Dari pengalaman gue, Online shop terpercaya itu selalu menginformasikan kapan barang dikirim, memperlihatkan resi pengiriman dan merespon dengan cepat setiap ada pertanyaan atau setelah transfer (kecuali memang owner ols ada keadaan lain ya)

Tahu ngga sih kalau dari penelitian TNSGlobal.com, 45% pengguna menggunakan akun Instagramnya untuk melihat-lihat barang dan kemudian membelinya. Makanya ngga heran kalau belakangan banyak brand ternama beriklan di Instagram. Bahkan, Lazada Indonesia mencatatkan 3,6 juta Impresi dan meningkatkan penjualan lewat In App Purchase sebesar 6,5%.

3. UNTUK BERCANDA

Siapapun pasti setuju kalau humor adalah kebutuhan manusia yang tak terpisahkan. Nah, kalau di luar negeri ada akun 9GAG yang kocak-kocak, di Indonesia ada akun @Dagelan yang paling populer.

AKUN INSTAGRAM DAGELAN

Sebenarnya banyak banget akun humor Indonesia di Instagram, apalagi dengan adanya fenomena video humor. Tapi, yang juga lucu menurut gue dan gue ikuti adalah INI BERCANDA yang salah satu penggagasnya adalah Arie Ramadhan, manajernya Bayu Skak.

Baca : Ini Rahasia Bayu Skak Kaya Berkat Youtube

4. UNTUK AJANG EKSIS ARTIS

Kepo dengan kehidupan pribadi seleb atau artis dalam atau luar negeri? Ikuti saja akun Instagramnya. Karena ngga semua kehidupan artis atau selebriti tersebut terekspos di Media cetak, online atau bahkan Infotainment. Salah satu selebriti di Indonesia dengan pengikut terbanyak adalah Ayu Ting Ting, yang followernya sampai 12 juta!!!

INSTAGRAM AYU TING TING

Ssssstttt… tahu ngga kalau sekarang sebagian media mengambil foto, video atau angle pemberitaan berdasarkan akun Instagram seleb tersebut. Tentu saja, akun Instagram selebriti yang paling heitzzz adalah…. Syahrini!!! Inget dong bagaimana video maju mundur cantiknya yang begitu populer.

5. UNTUK AJANG BERSATUNYA HATERS

Salah satu efek samping dari eksisnya seorang selebriti di sosial media adalah munculnya akun haters. Nah, salah satu akun haters yang paling konsisten adalah hatersnya Mulan Jameela.

AKUN HATERS MULAN JAMEELA

Yang bikin gue heran adalah adminnya konsisten dan bisa saja mendapatkan materi foto atau videonya. Bahkan, video-video pernyataan Mulan Jameela yang zaman dahulu kerap diupload dan mengundang banyak komentar.

Baca di sini : Ini Cara Selebriti Hadapi Hatersnya, Siapa Yang Patut Ditiru?

6. UNTUK MELIHAT GOSIP ALIAS ISYU

Ngga puas lihat media online, cetak atau Infotainment dan masih kepo dengan kehidupan selebriti? Di Instagram banyak banget akun Instagram Gossip yang herannya update banget.

AKUN GOSIP INSTAGRAM

Followersnya banyak, materi yang dimuat bahkan kerap kali diangkat ke media mainstream. Apa saja sih akun gosip di Instagram? banyak!!! Cari aja ya sendiri πŸ™‚

7. UNTUK AJANG EKSIS SELEBGRAM

Instagram khususnya di Indonesia memunculkan fenomena baru, yaitu munculnya Selebgram. Alias orang-orang yang terkenal di Instagram. Kemunculannya bisa karena kelucuannya, atau justru keseksiannya. Salah satu selebgram yang banyak digemari dan banjir endorsment adalah… Ria Ricis. Konon harga endorsmentnya terbilang woww…

INSTAGRAM SELEBGRAM RIA RICIS

Lucu, ceriwis dan lincah adalah kesan yang gue lihat dari si Ria Ricis ini. belakangan, gue tahu kalau Ricis yang kepanjangan dari Ria cantik dan manis ini adalah adiknya Oki Setiana Dewi. Ricis kerap mengunggah video-video galau dan kocak. Selebgram lain adalah Winny Putri Lubis yang seksi banget dan followernya kebanyakan cowok.

8. UNTUK REFERENSI TEMPAT MAKAN

Siapa yang kalau mau makan melihat-lihat referensi di Instagram? #TunjukDiriSendiri. Fenomena ini kemudian memunculkan sekumpulan pengguna yang disebut Foodie, FoodGram dan sejenisnya. Mereka ini adalah pengguna yang akun Instagramnya dipenuhi foto-foto makanan dan info mengenai resto atau tempat makan yang enak bahan unik. Salah satu yang terkenal adalah Hans yang memiliki akun @EatnTreats

AKUN INSTAGRAM FOODIE EATNTREATS

Selain Hans Danial, ada juga Gilang Pratama pemilik akun @MakanSampaiKenyang. Uniknya, Gilang yang kebetulan gue kenal ini adalah lulusan kedokteran, yang juga tengah mengambil S2 di UI jurusan Hukum Bisnis dan di UPH jurusan Manajemen retail. Luar biasa hebat deh… Menurut Gilang, ngga semua foto yang diunggahnya adalah hasil dari jamuan secara gratis. Bahkan, 80% diantaranya adalah dia membayar sendiri.

9. UNTUK MELIHAT COWOK GANTENG ATAU CEWEK CANTIK

Bukan sekedar Ganteng atau cantik ya. Tapi ganteng dan cantik berdasarkan suku atau daerah atau bahkan sekolah dan kampusnya. Lihat saja akun @gantenggantengbatak atau @cantikcantikbatak ini.

INSTAGRAM GANTENG GANTENG BATAK

Hihihiiihihii… ganteng beneran ya.

10. UNTUK MELIHAT SISI LAIN SEBUAH PROFESI

Nah ini yang paling menarik ya. Akun yang paling oke menurut gue (menurut gue ya) adalah akun @GantengGantengDiplomat. Followernya sih ngga banyak ya, tapi foto-foto yang ditampilkan benar-benar berkualitas. Sayang, ngga ada keterangan lebih lanjut apakah para diplomat ini masih jomblo atau ngga πŸ™‚

AKUN INSTAGRAM GANTENG GANTENG DIPLOMAT

Akun lainnya adalah @PolisiUnyu juga @Abdinegara_id

INSTAGRAM POLISI UNYU

INSTAGRAM ABDI NEGARA

Kenapa sih Instagram begitu beken di Indonesia? Banyak alasannya. Menurut hasil survei TNS yang gue kutip dari techinasia.com, ada beberapa fakta tentang pengguna Instagram di Indonesia, misalnya nih :

– 97 %penggunanya selalu menuliskan komentar dan menandai teman-teman mereka di dalam komentar.

– 97 % menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi yang lebih detail.

– 89 % pengguna Instagram di tanah air berada dalam rentang umur 18 – 34 tahun. 63 persen di antaranya merupakan perempuan.

-85 persen pengguna Instagram di Indonesia juga membagikan posting mereka ke media sosial lain.

Baca : Steller, Sosial Media Yang Lebih Seru Dari Instagram

Jadi, kalau kamu termasuk menggunakan Instagram untuk apa? Akun apa saja sih yang kamu ikuti? Share di sini dong πŸ™‚

Written by memez
Diary about my daily life, inspiring story, entrepreneur and the latest trend

    17 Comments

  1. nur rochma 18/04/2016 at 12:49 pm

    Aku baru2 aja main di instagram. Tujuannya buat belajar jepret. Upload foto yang baik aja.

    • memez 18/04/2016 at 3:34 pm

      Aku pun baru main IG.

  2. rani yulianty 18/04/2016 at 3:30 pm

    hihihi…banyak fungsinya juga yaa instagram, belum terlalu ngulik IG tapi kayaknya seru, deh

    • memez 18/04/2016 at 3:33 pm

      Ayo belajar, IG seru. tapi sekarang yang bakalan hits adalah Steller πŸ™‚

  3. Herva Yulyanti 18/04/2016 at 4:59 pm

    Kalau saya emang punya IG biar upload foto selfie hahaha abiz kalau upload di FB takut banyak yg nyinyir keseringan upload, upload di Path kayaknya ndelep sam status cengeng untunglah ada IG biarkan foto yang berbicara xixixi

    • memez 19/04/2016 at 10:04 pm

      Yesss…. IG memang lebih foto yang berbicara

  4. opipolla 19/04/2016 at 11:18 am

    wah ternyata ada akun @polisiunyu langsung cuss follow ke tkp

    emang seneng deh sama IG, terutama buat belanja dan update gosip2 terkini.. hihihi

    tfs mbaaak :))

    • memez 19/04/2016 at 10:01 pm

      Hihihihihi suka juga sama Polisi Unyu yaaa

  5. Beautyasti1 19/04/2016 at 6:28 pm

    Instagram buat share foto terbaru postingan blog aku sih, or daily aja.. G k ada satupun yang ku follow di postingan ini hehehehe.. Aku follow yang tutorial makeup kebanyakan, malah baru tau ada akun polisiunyu segala dll gini

    • memez 19/04/2016 at 10:04 pm

      Akupun juga follow make up tutorial di Instagram. sayangnya pendek videonya…

  6. dunia remaja 20/04/2016 at 6:49 pm

    kalau saya termasuk semuanya kadang buat eksis kadang buat syiar agama, kadang buat jualan hee

    • memez 22/04/2016 at 9:54 pm

      Iya, Instagram memang multifungsi ya

  7. efi 25/04/2016 at 8:44 pm

    Beberapa selebgram aku ikutin juga di ig, mak. Paling suka sama si princess centil Syahrini. Percaya dirinya luar biasa dan ga nyinyir segitu banyak hatersnya. Yang meme-meme, akun foodies dan blogger aku follow juga. Tapi paling males liat aku ig yang banyak jembrengin cowok ganteng hahaha…. Bukan ga doyan sama cowok (halah) abis narsisnya akut. πŸ™‚

    • memez 27/04/2016 at 8:59 am

      Hahahhahaa memang sih cowok cowok itu narsisnya lebay ya πŸ™‚

  8. cetak foto kanvas 30/09/2016 at 5:00 pm

    hahaha banyak juga fungsi istagram selain sebagai haters, tempat objek wisata hiburan dan lain lain

    • memez 03/10/2016 at 1:06 pm

      Yup, dan fenomena ini hanya ditemui di Instagram, tidak di sosmed lainnya.

  9. kirim mobil 18/10/2016 at 10:25 am

    bener banget tuh mba